Dermaga Ancol Malam Hari
Mancing Malam Dermaga Ancol Jakarta Utara (Dok. Pribadi)
Sensasi Mancing Malam Di Dermaga Ancol. Di tulisan sebelumnya saya telah posting tentang pengalaman memancing di Danau Sunter dan Kolam Pemancingan di The Cipaku Garden Hotel Bandung untuk kategori mancing air tawar. Kali ini akan saya berikan ulasan tentang pengalaman mancing di pinggir pantai, tepatnya di Dermaga Pantai Ancol.

Baca Juga: Berburu Barramundi Di Spot Mancing Liar Banjir Kanal Timur (BKT)

Kami berlima memutuskan untuk mencoba sensasi mancing malam di laut. Tempat yang kami tuju adalah salah satu objek wisata populer di kawasan Jakarta Utara. Salah satu alasan kami memilih Ancol karena lokasinya yang tidak terlalu jauh dari rumah. Selain itu spot mancing di Dermaga Ancol ini menurut saya sangat oke. Tempat yang cukup luas dengan alas semen atau beton, bersih dan sangat nyaman untuk mancing pada saat malam hari.

Sabtu, 11 November 2016 sekira jam 11 malam kami meluncur menggunakan mobil menuju Dermaga Ancol untuk menikmati sensasi mancing malam. Umpan yang kami siapkan untuk mancing di spot mancing popular di Jakarta ini adalah  udang hidup serta potongan udang mati. Kami melalui pintu masuk dari area Kemayoran untuk memasuki area Ancol karena pintu masuk dari area Caravan ditutup. Mungkin karena sudah malam. Masing-masing dari kami berlima harus membayar 25 ribu rupiah. Harga yang sama dikenakan untuk mobil yang kami gunakan. Jangan lupa tiket tanda terima disimpan baik-baik ya, guys! Anda akan kerepotan untuk keluar dari wilayah ini jika tiket ini hilang.

Baca Juga: Spot Mancing Laut Di Dam Tanjung Priok Jakarta Utara

Dermaga Ancol letaknya paling ujung. Hanya dengan mengikuti arah jalan yang terpasang di sepanjang jalan kami akhirnya sampai ke tempat yang dituju. Tempat parkir yang luas dan karena hari sudah larut malam,  membuat kami leluasa untuk memarkirkan kendaraan. Tidak perlu menunggu lama, dari tempat parkir langsung menuju spot mancing. Tepat di dermaga di mana suasana sudah tidak terlalu ramai oleh pengunjung, kami segera merakit peralatan mancing. Tidak lupa memasang starlet pada ujung joran kami, untuk efek glowing in the dark, sehingga memudahkan deteksi ketika ada sambaran ikan.

Sensasi Mancing Malam Di Dermaga Ancol
Ikan kecil yang Tersangkut Mata Pancing (Dok.Pribadi)

Setengah jam menunggu sambaran akhirnya terjadi juga. Sayangnya hanya ikan kecil. Target kami adalah ikan kakap putih atau Barramundi, Ikan Sembilang, Kerapu dan ikan konsumsi lainnya. Sampai menjelang keesokan harinya, belum ada satupun ikan berukuran besar yang kami dapatkan.

Dermaga Ancol Saat Fajar (Dok. Pribadi)

Baca Juga: Spot Mancing Liar Di Cirebon Dan Sekitarnya

Menjelang pagi ikan jenis yang sama yang kami dapatkan. Sampai ketika matahari mulai terasa hangat, ikan jenis lain akhirnya bisa terangkat dari spot mancing Dermaga Ancol. Walaupun ukurannya masih tergolong kecil. Ikan ini biasa disebut dengan nama ikan Helikopter. Mungkin karena bentuknya yang mirip helikopter.. 😂😂

Sensasi Mancing Malam Di Dermaga Ancol
Ikan-ikan Kecil yang Tercyduk, Termasuk Ikan Helikopter (Dok. Pribadi)

Kami memutuskan mengakhiri acara memancing di Dermaga Ancol karena matahari sudah semakin menyengat kulit. Selain itu pengunjung yang memadati area dermaga ini semakin banyak ditambah lalu lalang perahu yang mengangkut pengunjung mengelilingi Pantai Ancol.

Baca Juga: Tips Penting Saat Mancing Malam Di Laut

Demikian ya guys... Kami belum beruntung, namun saya pribadi masih ingin kembali memancing di sini karena memang tempat ini asyik. Ikan tidak dapat, tapi segarnya udara di sini ditambah panorama yang indah di malam hari memberikan kesan tersendiri.

Salam Mancing Mania,

~aliemsurya~

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sensasi Mancing Malam Di Dermaga Ancol"