Cara Kerja Minyak Essen Untuk Campuran Umpan Pelet

Cara Kerja Minyak Essen Untuk Campuran Umpan Pelet
Variasi Jenis Essen Yang Beredar Di Pasaran (www.aquaticessence.com)


Cara Kerja Minyak Essen Untuk Campuran Umpan Pelet. Selain menggunakan umpan hidup (live bait), anglers juga menggunakan umpan tiruan (lures) atau menggunakan media umpan lain seperti pelet ikan dan beberapa campuran bahan yang digabung menjadi satu. Adakalanya, anglers menambahkan minyak essen pada saat membuat umpan racikannya. Sebenarnya apa itu minyak essen atau essential oil? Bagaimana cara kerja minyak essen tersebut dalam hal merangsang ikan untuk memakan umpan? 

Baca Juga: Tips Memilih Joran Pancing Terbaik

Minyak essen biasa juga disebut minyak atsiri, atau dikenal juga sebagai minyak eterik (aetheric oil), minyak terbang (volatile oil), serta minyak aromatik (aromatic oil), adalah kelompok besar minyak nabati yang berwujud cairan kental pada suhu ruang namun mudah menguap sehingga memberikan aroma yang khas. Minyak atsiri merupakan bahan dasar dari wangi-wangian atau minyak gosok (untuk pengobatan) alami. Di dalam perdagangan, hasil sulingan (destilasi) minyak atsiri dikenal sebagai bibit minyak wangi. Dan fungsi lain dari minyak essen ini secara umum biasanya digunakan untuk aroma terapi dan untuk obat herbal bagi manusia.

Minyak essen biasanya diproduksi melalui proses penyulingan. Bahannya berasal dari kelopak bunga, kulit kayu, akar, biji atau kulit buah. Porses penyulingan akan dilakukan dengan sangat ekstra sehingga menjamin kemurnian hasil ekstrak minyak essen tersebut. Semakin hasilnya bagus, ekstrak yang dihasilkan biasanya akan semakin sedikit dan tentu saja harganya akan lebih mahal. Minyak essen juga hadir dalam berbagai varian aroma. 

Cara Kerja Minyak Essen Untuk Campuran Umpan Pelet
Contoh Minyak Essen Produk Luar Negeri (www.nutrabaits.net)

Dalam dunia mancing, ternyata essen ini juga dimanfaatkan sebagai minyak tetes untuk campuran dalam membuat umpan racikan. Bahan-bahan umpan racikan seperti pelet ikan, roti, kroto, cacing, mentega, susu, telur dan bahan-bahan lainnya dipercaya akan semakin digemari oleh ikan (biasanya kelompok ikan yang dikolam seperti ikan mas, nila, lele atau bawal) jika ditetesi dengan menggunakan minyak essen. Aroma dari essen yang dicampur dengan umpan dipercaya membuat ikan menjadi memiliki selera makan yang lebih dari biasanya sehingga potensi untuk disambar oleh ikan menjadi lebih tinggi.

Baca Juga: Tips Memilih Tali Pancing / Senar Terbaik

Berbagai variasi aroma essen tersedia di pasaran dengan campuran bahan lainnya. Essen yang dominan beraroma amis biasanya diperoleh dari ekstrak ikan tenggiri dan campuran bahan rahasia lainnya. Ikan Mas yang diburu lewat perlombaan galatama, konon lebih menyukai aroma essen dengan dominasi aroma amis. Sementara jenis ikan bawal lebih cenderung menyukai aroma yang dominan manis atau wangi. Biasanya terbuat dari ekstrak buah-buahan, susu, vanili, pandan dan campuran bahan lainnya.

Memancing adalah seni. Seni dari mulai merangkai peralatan dan perlengkapan, seni meracik dan menentukan umpan serta seni agar ikan target benar-benar bisa didapatkan. Tidak ada istilah paten bahwa suatu umpan adalah pasti akan sukses mendapatkan target sesuai dengan yang diharapkan. Untuk itu seorang anglers harus kreatif dan tidak terpaku hanya menggunakan satu jenis umpan saja. Campuran pelet dengan berbagai macam bahan lain (yang kadangkala terasa aneh) bagi sebagian anglers terbukti memberikan hasil yang bagus terutama jika dipakai dalam acara perlombaan seperti galatama.

Baca Juga: Tips Memilih Gulungan Pancing / Reel Terbaik

Untuk itu, tidak ada salahnya anda yang belum mencoba menggunakan ramuan umpan berbahan pelet dan lainnya untuk menggunakan essen sebagai bahan tambahan pada umpan anda. Cara kerja essen sebagai bahan dengan karakter aroma yang kuat, essen dipercaya bisa mendatangkan kemungkinan lebih tinggi agar umpan anda mendapat sambaran. Essen juga tersedia dalam jumlah banyak di toko-toko pancing baik offline maupun online. 

Selamat mencoba dan salam mancing mania..


~Aliemsurya~

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Kerja Minyak Essen Untuk Campuran Umpan Pelet"

Posting Komentar

Spam dan Sejenisnya Adalah Penyakit Berbahaya, Jadi Jangan Ditularkan Di Blog Ini Ya Bray