Rumah Makan Teh Haji Citalang, Tempat Kuliner dan Tempat Mancing Di Purwakarta

Selain menyediakan restauran pengunjung juga bisa memancing di rumah makan teh haji citalang purwakarta
Kolam Pemancingan di Rumah Makan Teh Haji Citalang Purwakarta (Dok. Pribadi)

Halo guys, long weekend minggu lalu, kami kembali berkunjung ke Purwakarta Jawa Barat. Sambil silaturahmi dengan saudara, kami mampir untuk makan siang di Rumah Makan Teh Haji di daerah Citalang Purwakarta. Tidak lupa, kami memang sudah menyiapkan peralatan memancing karena di daerah Purwakarta ini terutama yang ke arah Pasawahan, banyak resto dan tempat kuliner yang dilengkapi dengan tempat untuk memancing. Jadi, bisa makan sambil mancing dan sebaliknya, bisa mancing sambil makan ya, guys.. hehe....


Baca Juga: Pasawahan Purwakarta, Menikmati Kuliner Sambil Menyalurkan Hobi Mancing

Berbeda dengan edisi sebelumnya di daerah Pasawahan, kali ini kami agak sedikit di dekat kota Purwakarta. Rumah Makan Teh Haji Citalang ini alamat lengkapnya ada di Jalan Kolonel Rahmat, Babakan Johar, Citalang, Purwakarta, Jawa Barat 41181. Jalan ini adalah jalan yang menghubungkan anda dari arah Purwkarta menuju ke daerah Pasawahan, Ciater dan sekitarnya. Jadi, bagi anda yang hendak ke Ciater atau ke Lembang melalui rute Pasawahan, tidak ada salahnya untuk mampir di sini ya, guys..! 

Nah, untuk peta lengkapnya, simak peta dari Mang Google berikut ya, guys..




Oke guys, berhubung kami sempat mengunjungi tempat makan yang lumayan terkenal di sekitar Purwakarta ini, berikut akan kami uraikan beberapa kelebihan dan juga kekurangan yang di RM Teh Haji Citalang Purwakarta.

Kelebihan

Lokasi Strategis Dengan Tempat Parkir Yang Cukup Luas
RM Teh Haji Citalang memiliki lokasi yang strategis, karena berada di sisi jalan penghubung Purwakarta ke arah Pasawahan, Ciater, Subang, Lembang. Biasanya, pengguna jalan dari Jakarta ke arah Ciater sebagian akan memilih rute ini karena lebih cepat sampai. Tempat parkir yang disediakan oleh pemilik rumah makan ini juga cukup luas.


Baca Juga: Berburu Babon Patin Di Danau Sunter Jakarta Utara

Dilengkapi Saung Untuk Makan
Seperti di Saung Desa Pebayuran, RM Teh Haji Citalang juga dilengkapi dengan saung-saung untuk tempat makan yang berada di sisi-sisi kolam pemancingan. Air mancur yang ada di tengah-tengah kolam membuat segar suasana di sekitar saung. Anda bisa menikmati makan lesehan dengan menu makan khas Sunda, guys.


Duo Centil Berfose Di Dalam Saung RM Teh Haji Citalang Purwakarta
Duo Centil Berfose Di Dalam Saung RM Teh Haji Citalang Purwakarta (Dok. Pribadi)

Pesanan Cepat Dilayani
Satu kelebihan RM Teh Haji Citalang adalah jumlah karyawannya yang cukup banyak. Jika dibandingkan dengan pengalaman sebelumnya di Pasawahan, pesanan makan kami sangat cepat selesai dan diantar ke kami. Mungkin hanya memakan waktu sekitar 15 menit saja. Di Saung Kurnia Pasawahan, kami memancing dulu sekitar satu jam, baru pesanan datang. Di RM Teh Haji, anda harus makan dulu guys, baru kemudian memancing. 😂😂 


Ikan Nila terpancing di kolam rumah makan teh haji citalang purwakarta
Ikan Nila Bunting Yang Berhasil Terjerat Kail (Dok. Pribadi)


Baca Juga: Mantapnya Memancing Di Kolam Tenajar Kidul Kertasemaya Indramayu

Menu Makan Khas Sunda Bervariasi dan Harga Terjangkau
Selayaknya rumah makan yang berada di tataran Sunda, RM Teh Haji menyajikan menu khas Sunda seperti nasi liwet ayam bakar atau nasi liwet sate maranggi, dengan ikan asin, tahu, tempe, karedok, sambal, dengan berbagai lalapan seperti timun, terong, pete bakar (favorit nih...hehehe...). Anda juga bisa pesan berbagai menu ikan baik dibakar, goreng atau bumbu. Untuk harga, relatif terjangkau dan bervariasi ya, guys, tinggal cocokkan  saja selera makan anda dengan budget dikantong. 


Menu Makanan Nasi Liwet Sate Maranggi RM Teh Haji Citalang Purwakarta
Menu Makanan Nasi Liwet Sate Maranggi RM Teh Haji Citalang Purwakarta (Dok. Pribadi)

Toilet & Muhsola Yang Bersih
Anda kebelet ketika memasuki area RM Teh Haji? Jangan khawatir guys, toilet di sini cukup bersih dengan jumlah yang lebih dari satu. Jadi, tidak perlu takut antri panjang. Dan bagi anda yang sekalian ingin melakukan ibadah Sholat juga, di tempat ini disediakan mushola ya guys.. mantap!

Kolam Pemancingan Cukup Luas
Untuk ukuran kolam mancing di tempat makan, RM Teh Haji memiliki satu kolam utama untuk pemancingan yang cukup luas dilengkapi dengan satu air mancur di tengah-tengah. Jumlah ikan juga cukup banyak dengan dominasi ikan Mas dan ikan Nila. Sebagai informasi, ikan di sini terbiasa memakan sisa makanan dari pengunjung yang menempati saung sehingga lebih mudah dipancing menggunakan umpan seperti tahu dan tempe. Biasanya, kami menggunakan umpan pelet dicampur dengan roti untuk memancing, tapi di kolam ini, ikan tidak menghiraukan umpan. Dari ikan yang kami dapatkan, semuanya dipancing menggunakan umpan berupa tahu. 

Oh ya, sebagai informasi, jika anda ingin membawa pulang ikan hasil pancingan di kolam ini, harga ikan Nila dibanderol Rp.28rb per kilogram sementara ikan Mas Rp.30rb per kilogram.


Air Mancur Di Tengah Kolam Pemancinga RM Teh Haji Purwakarta
Air Mancur Di Tengah Kolam Pemancinga RM Teh Haji Purwakarta (Dok Pribadi)


Baca Juga: Menginap dan Memancing Di Cipaku Garden Hotel Bandung

Ikan Mas yang terjerat pancing di kolam mancing rumah makan teh haji citalang purwakarta
Salah Satu Ikan Mas Yang Tejerat Kail Pancing RM Teh Haji Citalang Purwakarta (Dok. Pribadi)

Arena Bermain Anak
Arena bermain anak seperti ayunan dan perosotan juga disediakan untuk anda yang membawa anak-anak. Sambil menunggu pesanan datang, atau ketika ayahnya asyik memegang joran, bunda bisa membawa anaknya ke arena bermain yang bersebelahan dengan kolam kecil berisi ikan Lele berukuran jumbo dan juga ikan aligator.

Itulah beberapa kelebihan menurut kami yang ditemui di RM Teh Haji Citalang Purwakarta. Nah, tentu saja selain kelebihan ada juga minusnya, harapannya pihak pengelola RM Teh Haji bisa memperbaiki agar pengunjung semakin dimanjakan oleh fasilitas yang disediakan.

Kekurangan

  • Warna air kolam terlalu hijau cenderung pekat, kemungkinan sirkulasi air kurang baik dan terlalu banyak plankton dan ganggang hijau yang menyebabkan warna air kolam terlalu pekat.
  • Kolam pemancingan mungkin jarang dikuras sehingga banyak endapan lumpur. Ketika mencoba memakai teknik pancing dasaran atau glosor, timah pemberat menancap di lumpur terlalu dalam akibatnya sedikit kesulitan ketika ditarik. Ikan yang tertangkap juga warnanya gelap, bisa jadi akibat terlalu banyaknya lumpur di dalam kolam.
  • Beberapa ikan terlihat bergerak lamban dan berkerumun di atas permukaan air. Bisa saja akibat kondisi air kolam yang kurang baik sehingga berpengaruh dengan kesehatan ikan di dalam kolam.
Baca Juga: Menelusuri Tempat Mancing Di Saung Desa Pebayuran Bekasi
  • Daerah dekat toilet dan mushola ada kolam yang sepertinya kurang terawat karena air hanya sedikit meskipun ada ikan di dalamnya, jika kolam itu diperbaiki, area sekitarnya bisa semakin terliaht asri.
  • Air mancur perlu di tambah di kedua sisi kolam pemancingan, karena jika udara dalam kondisi panas, akan sangat terasa ke dalam saung, ventilasi udara dari luar mungkin banyak terhalang saung atau bangunan lain sehingga hembusan udara luar kurang terasa.



Demikian ya guys, ulasan mengenai Rumah Makan Teh Haji Citalang, tempat makan sekaligus tempat mancing yang bisa anda coba ketika melintas di daerah ini. Sampai ketemu di ulasan tempat mancing dan kuliner berikutnya.


Salam mancing mania,


~Aliemsurya~

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rumah Makan Teh Haji Citalang, Tempat Kuliner dan Tempat Mancing Di Purwakarta"

Posting Komentar

Spam dan Sejenisnya Adalah Penyakit Berbahaya, Jadi Jangan Ditularkan Di Blog Ini Ya Bray