Tips Mancing, Cara Memilih Tali atau Senar Pancing Yang Baik

Cara Memilih Tali atau Senar Pancing Yang Baik
Tali / Senar Pancing - Fishing Line (http://www.fishingnortheast.net)


Tips Mancing, Cara Memilih Tali atau Senar Pancing Yang Baik. Halo guys..!! Bukan memancing namanya jika tidak memakai tali atau senar pancing. Tali pancing atau dalam bahasa universalnya disebut fishing line adalah salah satu piranti yang termasuk peralatan pancing utama selain joran (rod) dan gulungan (reel) serta tentu saja kail (hook). Lalu bagaimana cara memilih tali pancing yang bagus dan cocok untuk anda gunakan memancing?

Baca Juga: Istilah-istilah Memancing Yang Perlu Diketahui Mancing Mania

Tali pancing / fishing line pada umumnya dibagi menjadi dua, yaitu monofilamen dan multifilamen atau bisa juga disebut braid fishing line atau dalam istilah Indonesia disebut sebagai senar PE. Monofilamen biasanya terbuat dari satu lembar benang nilon yang panjang. Sedangkan multifilamen (braid fishing line atau senar PE) terdiri dari beberapa fiber yang sangat tipis dan kuat. Material fibers ini serupa dengan bahan yang digunakan untuk membuat kevlar (rompi anti peluru). Serat-serat tersebut terjalin (terkepang) satu dengan lainnya membentuk garis yang biasanya bulat melintang sehingga menghasilkan satu tali kesatuan tali yang sangat kuat.

Lalu di antara kedua tipe tali pancing tersebut, mana yang terbaik?

Jawabannya, tergantung! Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Tergantung selera dari para anglers yang tentunya berbeda antara satu dengan yang lainnya. Juga, tergantung tempat di mana anda akan memancing dan ikan target apa yang akan anda dapatkan. Misalnya, anda akan memancing jenis-jenis ikan kecil dan menengah, anda tidak perlu memakai tali pancing yang kuat.

Baca Juga: Cara Membuat Rangkaian Cabang Pancing Glosor atau Dasaran

Sebelum menentukan pilihan tali pancing mana yang akan anda pakai, berikut ini kelebihan dan kekurangan masing-masing tipe senar pancing yang bisa anda gunakan sebagai referensi sebelum anda membeli senar pancing.

Senar Pancing Monofilamen



Cara Memilih Tali atau Senar Pancing Yang Baik
Contoh Produk Tali/Senar Pancing Monofilamen (walmart.com)


Keuntungan: Monofilamen adalah jenis tali pancing yang paling populer dan tersedia dalam berbagai macam kekuatan serta variasi warna. Dari segi harga, monfilamen lebih murah dari pada jenis multifilamen. Dengan posisi melintang secara seragam, monofilamen terjaga agar lebih tetap rapi di spul reel, menghindari potensi cepat kusut. Monofilamen juga mudah untuk membuat simpul/ikatan atau knot. Monofilamen hadir dalam beberapa warna, warna putih/cerah/bening dan biru sangat populer karena karakter dari warna ini bisa  menghilang di bawah air dan sangat sulit dilihat ikan.


Baca Juga: Cara Membuat Simpul / Ikatan Pancing Untuk Pemula

Kekurangan: Monofilamen tidak sekuat multifilamen karena hanya terdiri dari satu filamen. Jika dibandingkan dengan ukuran diameter yang sama dengan mulitfilamen, monofilamen akan membutuhkan lebih banyak ruang pada spul reel dibandingkan dengan multifilamen. Bahan monofilamen yang berupa nilon juga akan  rusak seiring berjalannya waktu saat terkena sinar matahari. Jadi penting untuk mengganti semua senar di dalam spul reel anda, setahun sekali agar tetap kuat.


Senar Pancing Multifilamen (Braid Fishing Line/Senar PE)


Cara Memilih Tali atau Senar Pancing Yang Baik
Contoh Produk Senar Multifilamen/Braid Fishing Line/Senar PE (www.dickssportinggoods.com)


Keuntungan: Braid Fishing Line sangat kuat, umumnya dengan diameter yang sama, tali ini dua kali lebih kuat dari monofilamen.  Artinya, anda bisa mengemas lebih banyak tali pancing pada spul reel sehingga tali yang ada di spul reel anda bisa jauh lebih panjang dibandingkan dengan yang mono. Braid Line juga lebih cepat tenggelam di dalam air, meluncur lebih jauh. Braid Line tidak mudah rusak di bawah sinar matahari, jadi anda bisa menyimpannya di spun reel lebih lama. Satu kelebihan lagi dari tipe senar pancing ini adalah sama sekali tidak meregang sehingga anda bisa merasakan setiap tarikan dan sensasi strike yang lebih dibandingkan dengan jenis mono.

Kekurangan: Braid Fishing Line sangat licin sehingga anda harus menggunakan simpul/knot yang baik dan bisa menahan gesekan. Karena senar ini sangat kuat sehingga sulit dipotong. Anda harus membawa gunting kuku atau gunting yang sangat tajam untuk bisa memotongnya. Tipe senar braid, meskipun juga tersedia dalam beberapa warna, tetapi memiliki kekurangan tidak bisa sesamar seperti mono. Jadi, penampakannya masih terlihat di dalam air meskipun menggunakan warna yang cerah. Kelemahan terakhir kepang tidak memiliki bentangan (stretch), yang berarti indikasi pada saat seekor ikan memakan umpan lebih sulit. Anda harus menggunakan sedikit tarikan untuk mendeteksi adanya sambaran pada umpan dan perlu  sedikit lebih kemahiran saat menyetel kail, akan membantu mengatasi masalah ini.


Baca Juga: Mengenal Kili-Kili/Swivel & Snap/Peniti Serta Fungsinya

Jenis Tali Pancing Lain

Fluorocarbon: Fluorocarbon sering digunakan untuk senar leader karena karakternya yang benar-benar tak terlihat di bawah air dan tahan abrasi. Dan akhir-akhir ini sudah ada beberapa merek senar fluorocarbon yang dijual sebagai senar utama selain digunakan sebagai leader.


Cara Memilih Tali atau Senar Pancing Yang Baik
Contoh Produk Flourocarbon Fishing Line / Senar Flourocarbon (www.academy.com)


Wire (Kawat): Senar berbentuk kawat adalah bahan lain yang digunakan sebagai senar leader. Bahan ini umumnya digunakan saat memancing ikan bersayap seperti ikan tenggiri dan tuna, atau untuk ikan dengan gigi yang tajam serta memiliki tenaga tarikan yang ekstra seperti ikan bawal. Senar kawat bisa berbentuk untaian tunggal atau juga yang terpilin dari beberapa untaian tunggal. 


Cara Memilih Tali atau Senar Pancing Yang Baik
Contoh Produk Wire Fishing Line / Senar Pancing Kawat (Amazon.com)

Nah, demikian ulasan tentang jenis tali atau senar pancing (fishing line) dan cara memilih jenis mana yang terbaik bisa anda gunakan referensi di atas atau tergantung selera serta tentu saja budget anda. 

Sekedar tips untuk penggemar pancing zaman now, semakin banyaknya e-commerce yang bisa anda akses dari gadget, anda bisa memiliki kesempatan lebih banyak untuk membandingkan berbagai jenis barang. Tidak ketinggalan, segala jenis peralatan dan perlengkapan memancing juga tersedia dalam berbagai merek dan harga yang beraneka ragam. Ada beberapa e-commerce seperti Lazada atau Shopie yang juga bisa mendatangkan barangnya dari luar negeri dengan harga yang sangat miring tetapi memiliki kualitas mumpuni. 

So, silahkan dicoba ya, guys...berselancar di dunia e-commerce untuk berburu peralatan dan perlengkapan pancing yang anda inginkan.


Salam mancing mania,

~Aliemsurya~



*Referensi Bacaan: www.takemefishing.org

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Mancing, Cara Memilih Tali atau Senar Pancing Yang Baik"

Posting Komentar

Spam dan Sejenisnya Adalah Penyakit Berbahaya, Jadi Jangan Ditularkan Di Blog Ini Ya Bray