Tempat Mancing Ikan Bandeng Gratis Di Marunda Jakarta Utara

Tempat Mancing Ikan Bandeng Gratis Di Marunda Jakarta Utara
Tambak Bandeng Liar Di Pantai Marunda (Dok. Pribadi)

Tempat Mancing Ikan Bandeng Gratis Di Marunda Jakarta Utara. Halo Mancing Mania...! Apakah anda sudah pernah merasakan sensasi mancing Ikan Bandeng? Atau sedang mencari tempat mancing Ikan Bandeng? Gratis pula...!! Nah, jika iya.. Anda bisa mengikuti jejak saya atau rekan-rekan anglers lainnya yang sudah duluan menjajaki tempat mancing ikan bandeng gratis di daerah Marunda Jakarta Utara.


Baca Juga : Sensasi Mancing Malam Di Dermaga Ancol

Sebelumnya, saya kurang begitu tertarik untuk menjelajahi area sekitar Banjir Kanal Timur (BKT), Marunda dan sekitarnya. Biasanya saya hanya menghabiskan waktu luang di Danau Sunter atau juga di Dermaga Ancol. Jadi belum pernah secara sengaja berniat memancing di daerah Marunda dan sekitarnya, padahal lokasinya juga tidak begitu jauh, hanya memerlukan waktu sekira 20 menit dari rumah. Sampai akhirnya, malam tahun baru kemarin 31 Desember 2017, kami mencoba peruntungan memancing di BKT dan sekitarnya bersama kolega dan rekan sejawat serta sepermainan... 😂


Tempat Mancing Ikan Bandeng Gratis Di Marunda Jakarta Utara
Ikan Keting atau Lundu Hasil Mancing di BKT (Dok. Pribadi)

Berhubung persiapan dadakan dan berangkat menjelang sore, kami hanya menjangkau satu lokasi saja di dekat pintu air BKT. Tempat ini merupakan salah satu favorit para anglers di Jakrata, Bekasi dan sekitarnya. Banyak sekali pemancing anglers yang datang dan menempati "lapak" masing-masing dengan target utama Ikan Kakap Putih atau Barramundi. Beberapa anglers memang seringkali mendapatkan ikan tersebut dengan ukuran berkisar 5-10 kg. Karena kami hanya membawa umpan berupa cacing tanah, ikan yang didapat hanya 10 ekor Ikan Keting atau disebut juga Lundu. Ukurannya lumayan dan bagi sebagian orang ikan ini tidak menarik untuk dipancing dan seringkali dianggap sebagi pengganggu ketika mereka menargetkan untuk dapat ikan besar seperti kakap atau baronang.


Baca Juga: Tempat Mancing Asyik Di Tenajar Kertasemaya Indramayu

Tempat Mancing Ikan Bandeng Gratis

Seminggu kemudian, ketika ada waktu luang kami berangkat menuju beberapa spot di sekitar Marunda. Target kami sebenarnya di area di belakang Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) karena di sekitar sungainya masih banyak terdapat pohon bakau. Sayangnya tidak ada akses menuju ke arah spot karena terhalang oleh gedung pabrik dan bangunan STIP. Jika anda menyusuri sepanjang jalan menuju ke STIP maka anda akan sampai ke Pantai Marunda.



Tempat Mancing Ikan Bandeng Gratis Di Marunda Jakarta Utara
Kampus STIP Marunda (http://info.sipencatar.com)
Awalnya kami hanya mengikuti motor di depan yang terlihat membawa peralatan pancing, sampai akhirnya masuk ke Pantai Pitung. Melihat laut dan mencoba peruntungan sebentar dengan memasang joran dan melempar ikan di pantai ini. Hasilnya nihil, karena tidak menyiapkan umpan untuk memancing di laut. Ada spot lumayan bagus di sini, di dekat kapal tongkang persis di sebelah tembok pembatas antara Pantai Pitung dengan STIP. Oh ya, sekedar informasi, masuk area ini anda diwajibkan untuk membayar uang parkir sebesar Rp3.000,-.


loading...
Pantai Pitung Marunda (Tirto.id)
Keluar dari area ini, saya mendapati beberapa anglers yang sedang berburu ikan bandeng. Rupanya, kolam pemancingan yang tepat berada di pintu masuk Pantai Marunda ini adalah kolam liar. Kami sempat menanyakannya ke beberapa pengunjung. Jika anda membawa motor maka akan dikenakan kembali untuk uang parkirnya sebesar Rp5.000,- per motor. Di sini ada beberapa opsi untuk memancing. Anda bisa memancing Ikan Bandeng, Nila atau lainnya di spot yang ada di Pantai Marunda. Waktu itu kami tertarik untuk mencoba memancing Ikan Bandeng, karena melihat beberapa anglers terlihat sangat menikmati ketika umpannya disambar oleh Ikan Bandeng yang memang terkenal sangat ulet dan memiliki kecepatan renang yang sangat tinggi.



Tempat Mancing Ikan Bandeng Gratis Di Marunda Jakarta Utara
Beberapa Spot Mancing Ikan Bandeng & Nila Gratis Di Sekitar Pantai Marunda (Google Map)

Sayangnya, kami tidak juga membawa bekal umpan berupa pelet khusus Ikan Bandeng. Hanya berbekal cacing tanah, Ikan Keting atau Lundu lagi yang kami dapatkan. Sedangkan beberapa anglers selain mendapatkan Ikan Bandeng, juga berhasil mengangkat Ikan Nila berukuran sedang. Semuanya gratis ya guys, tidak perlu takut akan diminta untuk bayar berapapun hasil tangkapan anda. Saya justru tertarik dengan banyaknya ikan-ikan kecil sejenis Guppy di pinggir kolam. Hanya bermodal pelet dan korang / jaring tempat menyimpan ikan, ikan-ikan kecil ini begitu mudah ditangkap dengan jumlah yang banyak. Anda bisa memakainya untuk umpan hidup di BKT dengan target Ikan Kakap Putih ya, guys. Next time, saya akan bawa perangkap ikan buatan sendiri untuk mendapatkan ikan-ikan kecil ini dan bisa juga dipelihara di akuarium rumah.. hehehe..

Nah demikian ya guys, hasil eksplorasi tempat mancing Ikan Bandeng gratis di sekitar Pantai Marunda Jakarta Utara. Next time, akan diupdate kembali jika menemukan spot baru di daerah ini.

Updated:
Setelah dapat saran dari seseorang, saya mencoba menyelidiki, hasilnya beberapa kolam memang gratis karena berisi ikan liar seperti nila, baung atau keting. Sedangkan untuk ikan bandeng harus bayar per kilo Rp40rb.


Salam Mancing Mania,


~Aliem Surya~

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tempat Mancing Ikan Bandeng Gratis Di Marunda Jakarta Utara"

Posting Komentar

Spam dan Sejenisnya Adalah Penyakit Berbahaya, Jadi Jangan Ditularkan Di Blog Ini Ya Bray