Perbedaan Mancing Galatama, Kilo Gebrus Dan Kilo Angkat

Apa itu Mancing Galatama? Apa itu mancing kilo gebrus? Dan, apa itu mancing kilo angkat? Lalu apa perbedaan antara mancing galatama, mancing kilo gebrus serta mancing kilo angkat? Sobat mancing mania terutama yang baru berkecimpung dalam dunia mancing mungkin masih bingung dengan istilah mancing tersebut. Mungkin, selama ini terbiasa mancing di alam liar baik di danau, sungai, rawa, sawah, laut dan tempat lainnya. Beberapa anglers juga mungkin tidak menyukai mancing berbayar di kolam dan lebih tertarik untuk memancing di alam lepas dengan tantangan yang lebih tinggi dibandingkan dengan memacing di kolam.


Perbedaan Mancing Galatama, Kilo Gebrus Dan Kilo Angkat

Namun, anglers yang domisili di kota-kota besar atau daerah yang jarang atau jauh dari  sungai, danau, waduk atau laut pasti akan mencari kolam-kolam terdekat untuk menyalurkan hobi mancing atau hanya sekedar membuat penat. Nah, kolam-kolam terbaik dengan pelayanan mumpuni dari pihak pengelola pasti akan ramai dikunjungi anglers baik untuk mancing galatama, maupun untuk mancing kiloan.


Baca Juga: Berburu Babon Patin Di Danau Sunter
Mancing Galatama

Lalu, seperti apa sih mancing galatama itu? Anda yang tahu sejarah kompetisi sepakbola era 80-90-an pernah mendengar kompetisi galatama? Inilah mungkin yang mendasari adanya istilah mancing galatama. Dikatakan mungkin, karena tidak ada informasi yang pasti kapan istilah mancing galatama ini mulai dikenal. Yang jelas, mancing galatama makin populer akhir-akhir ini terutama di wilayah Jawa dan sekitarnya. Tujuan utama mancing galatama adalah menjadi juara dari sekian banyak peserta yang mengikuti lomba pancing. Jika anda berhasil mendaratkan ikan dengan berat paling besar atau paling banyak maka anda akan dapat hadiah yang disediakan oleh panitia. Pun, jika anda berhasil memancing ikan dengan kriteria tertentu, biasa disebut ikan maskot, maka anda juga akan mendapat hadiah.


Baca Juga: Refreshing Tenang Sambil Mancing Di Cipaku Garden Hotel Bandung
Jadi, intinya dalam mancing galatama, anda benar-benar dituntut untuk lihai dalam menjerat ikan dan menjadi paling baik di antara para anglers lain yang mengikuti kompetisi galatama. Nah, beberapa hal yang khas dari mancing galatama ini perlu anda ketahui sebelum ikut menjadi perserta.
  • Mancing galatama tidak membawa pulang ikan. Ikan yang anda dapat harus diserahkan kembali ke panitia setelah ditimbang dan dilihat apakah termasuk ikan maskot atau bukan.
  • Anda, tentu saja harus membayar biaya peserta untuk ikut berkompetisi yang besarnya ditentukan oleh panitia.
  • Hadiah dan kriteria pemenang sudah ditentukan panitia, anda harus mengikuti semua peraturan mengenai alat pancing sampai dengan umpan yang sudah ditetapkan, jadi sebaiknya anda harus membaca dengan detil semua aturan galatama di kolam tempat anda mancing agar menghindari diskualifikasi karena melanggar aturan.
  • Waktu memancing juga ditentukan atau dibatasi sehingga anda harus benar-benar mahir, lihai jika ingin menjadi pemenang.
Nah, guys... jelas ya, mancing galatama itu kompetisi mancing murni mengandalkan skil memancing, menggunakan peralatan mancing sampai dengan mahir mengolah umpan untuk menjadi terbaik dan mendapatkan hadiah atau piala yang merupakan suatu kebanggaan bahwa anda bisa menjadi terbaik di antara anglers lainnya tanpa mengharap ikan hasil memancing anda dibawa pulang untuk dimasak istri di rumah.. 😂
Baca Juga: Beberapa Resep Jitu Umpan Mancing Galatama Ini, Layak Anda Coba!
Pada awalnya, mancing galatama ini khusus untuk perlombaan ikan mas (tombro), seiring waktu banyak kolam pemacingan galatama juga menyediakan lomba untuk ikan lele, ikan bawal, patin bahkan di kolam Saung Desa Pebayuran Bekasi, anda bisa menikmati sensasi tarikan ikan-ikan monster berukuran raksasa dan mendapatkan hadiah jika hasil pancingan anda mendapatkan ikan jenis tertentu yang telah ditetapkan oleh panitia.

Mancing Kiloan

Di atas sudah diuraikan apa itu mancing galatama. Lanjut ke kolam mancing kiloan ya, guys. Dari namanya sudah jelas bahwa ikan yang akan kita pancing nantinya kita timbang (berapa kilogram). Makanya, namanya mancing kiloan. Kolam mancingnya namanya kolam pancing kiloan. Jadi, mancing kiloan ini anda datang, baik dengan peralatan pancing maupun tanpa peralatan, karena sebagian kolam jenis ini menyediakan peralatan pancing dan umpan untuk disewakan. Anda tinggal bawa badan doang lalu mancing dan hasil pancing anda akan ditimbang lalu anda bayar sesuai dengan harga yang sudah ditentukan.


Perbedaan Mancing Galatama, Kilo Gebrus Dan Kilo Angkat


Baca Juga: Cari Kolam Pemancingan Kiloan Di Purwakarta? Di Sini Tempatnya!
Lalu, apa perbedaan antara kolam kilo gebrus dengan kilo angkat? Gampangnya begini, anda mancing, berapa jumlah ikan yang anda dapat ditimbang dan anda bayar lalu bawa pulang. Itu namanya mancing kilo angkat. Berapapun ikan yang anda dapatkan, anda bayar setelah ditimbang. Nah, kalau kilo gebrus, biasanya, anda harus datang bersama rombongan dan atau gabung dengan pemancing lainnya yang akan memancing di kolam yang sama. Harga per kilogram ikan sudah ditentukan. Misalnya, satu kilo ikan dihargai dengan Rp35.000. Jika ada 15 orang dan masing-masing bayar untuk satu kilo, maka pemilik kolam akan menentukan kapan 15 kg ikan tersebut dimasukkan ke dalam kolam, lalu anda dan anglersi lainnya mulai memancing. Jika anda lihai, anda hanya bayar Rp35.000 untuk mengumpulkan ikan dengan total berat 5kg atau lebih.

Sebaliknya, jika anda apes alias kurang beruntung, anda tidak dapat satu ekor-pun ikan. Artinya, anda hanya sedekah Rp35.000 kepada anglers lainnya, karena merekalah yang dapat ikan, yang seharusnya ikan itu bisa anda dapatkan. Jadi, mancing kilo gebrus ini juga memiliki tantangan tersendiri bagi anda. Tentu saja, anda akan penasaran kenapa umpan racikan yang anda buat tidak satupun disambar oleh ikan target. Oh iya, ikan target yang sering dipakai untuk kolam kilo gebrus ini pada umumnya adalah ikan mas. Jenis kolam kilo gebrus ini juga bisa mendatangkan pendapatan tambahan bagi anda yang mahir. Bayangkan, hanya dengan membayar Rp35.000 anda bisa mendapatkan ikan dengan total bobot 5-10kg. Selain untuk dikonsumsi, anda bisa menjual ikan hasil pancingan ini ke orang lain atau drop ke pasar.
Baca Juga: Tarikan Bawal Di Kolam Pemancingan Kab Indramayu Ini, Sangat Mantap!!

Tips Mancing Ikan Kolam Kilo Gebrus


Untuk pemancing pemula apalagi yang tidak pernah membuat umpan racikan atau tidak paham seluk beluk kolam pemancingan kiloan saya sarankan agar jangan ikut mencoba ya, guys! Mending anda latihan dulu di kolam kilo angkat. Jika sudah lihai dan tahu persis medan kolam pancingan dan anda survey jenis umpan serta tempat yang paling sering strike anda bisa mencoba ikut nimbrung di kolam kilo gebrus. Anda akan melongo terheran-heran ketika kanan-kiri dan depan anda anglers lainnya bertarung strike dengan ikan target, anda hanya diam termangu karena umpan racikan anda tidak ada satupun yang dilirik ikan. Mungkin dilirik sih iya, tapi ikan cuek melenggang dan umpan anda hanya dianggap akesoris semata.. hahahaa...
Baca Juga: Kuliner Sambil Menyalurkan Hobi Mancing Di Rumah Makan Teh Haji Purwakarta
Lalu, tidak jarang para anglers harus mampu melakukan trik memancing agar ikan yang sudah digebruskan bisa diangkat maksimal, sebanyak-banyaknya. Trik yang paling utama tentu saja mengolah umpan. Umpan yang paling jitu itulah yang paling berpotensi mendapatkan sambaran. Lalu, spot juga sangat berpengaruh. Ikan paling banyak diangkat misalnya dari pinggir sebelah kanan kolam, maka biasanya anglersi akan berebut lapak spot di tempat tersebut.

Yang paling fair adalah tempat atau spot yang biasanya sudah diberi garis atau tali untuk masing-masing anglers dikocok atau diundi, dan selang beberapa waktu dilakukan pengocokan ulang sehingga hasil yang didapatkan akan adil buat semua peserta mancing yang ada di kolam tersebut. Jika pemilik kolam tidak melakukan rotasi atau pengundian lapak mancing, anda lebih baik tidak usah ikutan mancing di kolam tersebut, guys daripada boncos alias tidak dapat apa-apa.

Jadi, ikuti tips mancing ikan kolam kilo gebrus buat anda yang baru mencobanya.
  • Tanyakan harga per kilo, jangan sampai anda datang dan tiba-tiba ikut bergabung tanpa bertanya dulu
  • Pastikan apakah lapak bisa dikocok atau rotasi, jika tidak anda lebih baik mencari kolam lainnya
  • Bawa variasi umpan. Jika beberapa waktu umpan anda tidak disambar sama sekali, segera racik ulang dan tidak ada salahnya anda ikuti beberapa resep jitu yang sudah dibagikan para blogger yang hobi mancing
  • Menggunakan minyak esen biasanya tidak diperbolehkan. Jadi anda bisa tanyakan terlebih dulu. Atau jika pemilik kolam tidak bawel dan peserta lain tidak protes, pakai aja ya, guys..hehee
Demikian ya, guys cara membedakan mancing galatama, kilo gebrus dan kilo angkat. Apapun model mancingnya dimanapun tempatnya yang penting anda semua pada sehat boss ....Nek ora sehat, ora iso mancing.... *yo opo seeehhh!?


Salam mancing mania,



~aliemsurya~

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Perbedaan Mancing Galatama, Kilo Gebrus Dan Kilo Angkat"

Posting Komentar

Spam dan Sejenisnya Adalah Penyakit Berbahaya, Jadi Jangan Ditularkan Di Blog Ini Ya Bray