Hobi Makan Alpukat? Stop Membeli, Begini Cara Menanam Apukat Di Dalam Pot

Hobi Makan Alpukat? Stop Membeli, Begini Cara Menanam Apukat Di Dalam Pot. Hallo sobat blogger! Siapa yang tidak kenal dengan buah Alpukat. Buah Alpukat, baik dijus atau dibuat bersama dengan bahan lainnya untuk membuat es teller atau es campur memiliki banyak penggemar. Nah, jika anda salah satu yang menggemari buah alpukat yang bernama latin Persea americana dan selama ini kerap membelinya di tokoh buah atau swalayan, mulailah berpikir untuk membudidayakan salah satu tanaman kaya manfaat ini di halaman rumah sendiri. Anda tidak perlu risau memikirkan halaman rumah anda yang sempit, karena tanaman alpukat ternyata bisa tumbuh dan berbuah jika ditanam di dalam pot bunga. Jadi, anda tidak perlu repot belanja buah ini atau bahkan saatnya anda yang berjualan buah ini buat tetangga di sekitar rumah anda.


Cara Menanam Alpukat Di Dalam Pot


Oke guys, untuk memulai cara menanam Alpukat di dalam pot, anda harus memulai menyiapkan segala sesuatunya dari mulai mengolah biji. Berikut langkah-langkahnya

1. Menyiapkan Biji Untuk Benih Alpukat

Pilih buah alpukat yang matang maksimal, lalu anda keluarkan biji alpukat yang besar dari dalam buah tanpa memotongnya. Ingat, hanya keluarkan seperti saat anda akan mengkonsumsi buah alpukat seperti biasanya. Biji alpukat dilapisi dengan kulit luar berwarna coklat. Bersihkan semua sisa buah yang masih melekat pada kulit biji dengan cara merendam dan menggosoknya perlahan, tanpa membuang kulit biji yang berwarna coklat tersebut.


Biji Alpukat Untuk Benih
Biji Alpukat Untuk Benih

2. Langkah selanjutnya anda akan merendam sebagian dari biji tersebut di dalam gelas berisi air. Anda harus memastikan bahwa bagian biji yang terendam tersebut adalah bagian yang akan tumbuh akar dengan cara melihat bentuk ujung biji. Bagian yang lebih runcing kelak akan tumbuh batang dan daun, sedangkan bagian yang lebih datar adalah bagian atas yang kelak akan tumbuh akar. Nah guys, bagian bawah inilah yang harus anda rendam di dalam gelas berisi air.


Cara Menanam Apukat Di Dalam Pot
Cara Menanam Apukat Di Dalam Pot

3. Agar semua bagian dari biji alpukat tidak terendam anda perlu menyanggahnya dengan menggunakan tusuk gigi di empat titik yang berbeda. Tusuk gigi tersebut nantinya akan menopang bagian atas biji alpokat agar tidak terendam dalam air. Perhatikan gambar di atas

4. Untuk menjaga air agar tidak terkontaminasi oleh jamur dan bakteri lain yang mengganggu proses pembenihan, ganti air dalam gelas setiap 5 hari atau satu minggu sekali, sampai akar dan kecambah keluar dari biji.

5. Pindahkan biji yang sudah tumbuh akar, batang dan daun setelah ketinggian batang mencapai 15 cm ke dalam pot berisi media untuk tumbuh (tanah dan kompos).




Baca Juga: Ini Dia Obat Pengganti Albothyl Yang Dilarang, Alami Dan Mujarab

Tips Merawat Daun Dan Cara Agar Alpukat Cepat Berbuah

Cara agar daun alpukat yang sudah anda pindahkan ke dalam pot tetap sehat dan cepat bertambah banyak, lakukan langkah berikut ini.

  • Berikan asupan air yang cukup, tidak kurang, tidak juga berlebih. Perhatikan agar media di dalam pot selalu lembab, tidak terlalu becek ataupun tidak dalam kondisi mengeras.
  • Potong ujung daun bagian atas ketika ketinggian benih di dalam pot memiliki ukuran 30 cm. Dan, setiap bertambah 15 cm panjang ukurannya, lakukan hal yang sama agar dau cepat tumbuh dan lebat.
  • Pohon alpukat yang dibiakkan dari biji pada umumnya akan mulai berbuah pada umur 3 tahun setelah ditanam. Untuk itu, cara terbaik menanam alpukat adalah ketika sedang musim hujan, untuk mempercepat proses pertumbuhan tanaman tersebut sampai berbuah
Minyak Mimba Untuk Membasmi Hama Kutu Daun Pada Tanaman Alpukat
Minyak Mimba Untuk Membasmi Hama Kutu Daun Pada Tanaman Alpukat
  • Biasanya, bagian daun alpukat akan mudah terserang kutu daun. Lakukan penyemprotan dengan menggunakan antihama kutu daun, lalu bilas dengan menyemprotkan air yang dicampur dengan sabun cuci piring yang ditambahkan satu sendok minyak mimba (neem oil). Lakukan pemeriksaan terhadap daun ini setiap 4-5 hari dan bersihkan kembali dengan cara yang sama jika kutu daun kembali datang.
Nah, guys.... Demikian cara menaman alpukat dari biji di dalam pot. Cara menanam alpukat yang terbilang sangat sederhana seperti diuraikan tersebut di atas, bisa anda praktekkan di rumah. Selamat mencoba, dan anda tinggal menunggu sampai alpukat anda berbuah, setelah itu, tidak perlu lagi repot membelinya di toko buah, karena anda bisa memetiknya sendiri di halaman rumah anda.

Salam blogger,


~aliemsurya~





Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hobi Makan Alpukat? Stop Membeli, Begini Cara Menanam Apukat Di Dalam Pot"

Posting Komentar

Spam dan Sejenisnya Adalah Penyakit Berbahaya, Jadi Jangan Ditularkan Di Blog Ini Ya Bray