Tips Mancing, Cara Membuat Rangkaian Pancing Dasaran Atau Glosor

Cara Membuat Rangkaian Pancing Dasaran Atau Glosor
Contoh Rangkaian Dasar (Glosor) 


Halo, Sobat Aliems' Journey! Kali ini saya akan berbagi tips memancing yaitu cara membuat rangkaian pancing dasaran. Bahasa yang biasa tenar adalah pancing glosor. Istilah ini dipakai untuk cara memancing yang umpannya langsung ke dasar perairan dengan menggunakan timah pemberat atau juga bisa dikatakan rangkaian pancing yang dibuat tanpa menggunakan bantuan pelampung.


Baca Juga: Cara Membuat Ikatan Simpul Pancing Bagi Pemula
Rangkaian pancing glosor atau dasaran ini sangat cocok untuk memancing di laut, kolam dalam, danau, sungai dengan arus mengalir atau sering dipakai untuk mancing galatama. Kebanyakan dari pemula akan kesulitan untuk membuat rangkaian pancing dasar ini jika mata kail yang digunakan lebih dari satu. Bisa dua, tiga, empat dan seterusnya tergantung selera masing-masing pemancing. Anda bisa mempelajari cara membuat rangkaian pancing cabang di tulisan berikut.

Sebelum ke teknik, terlebih dulu anda harus menentukan target ikan apa yang akan anda pancing. Tujuannya adalah untuk menentukan jenis senar utama (leader). Jika hanya ikan seperti Nila, Lele, atau Ikan Mas, anda cukup menggunakan senar leader biasa. Berbeda halnya jika anda akan memancing bawal, anda harus menggunakan senar nickelin (kawat baja kecil) karena bawal memiliki gigi yang tajam yang bisa memutus senar leader anda.

Membuat rangkaian pancing dasar juga memerlukan pemberat. Biasanya menggunakan timah. Ukuran timah juga tergantung  dari jenis perairan tempat anda memancing. Semakin dalam atau semakin deras arus, anda membutuhkan jenis pemberat yang ukurannya lebih besar. Ukuran timah pemberat juga ikut menentukan jarak lemparan tali pancing anda. Semakin berat jarak lempar anda akan semakin jauh.

Untuk rangkaian pancing dasar ini, nantinya pemberat akan ada di posisi paling bawah. Di atasnya nanti mata kail yang akan anda rangkai. Gambar-gambar berikut bisa anda perhatikan dan langsung anda praktekkan untuk membuat rangkaian pancing dasar atau glosoran.


Cara Membuat Rangkaian Pancing Dasaran Atau Glosor
Cara Membuat Rangkaian Cabang Untuk Pancing Glosor atau Dasaran


Awalnya mungkin sedikit ribet ya guys, namun jika anda telaten dan mengikuti langkah digambar dengan benar, akan tampak mudah, lho. Atau jika anda ingin simpel tanpa membuat simpul-simpul yang bikin anda ribet, anda bisa menggunakan swivel atau kili-kili cabang tiga (three ways swivel). Berikut contoh rangkaiannya.


Cara Membuat Rangkaian Pancing Dasaran Atau Glosor
Rangkaian Pancing Dasar Cabang Menggunakan Swivel Cabang Tiga (Potenzifishing) 


Atau anda bisa menggunakan variasi rangkaian pancing glosor berikut ini.


Contoh Rangkaian Pancing Dasaran
Contoh Rangkaian Pancing Dasaran


Nah, demikian cara membuat rangkaian pancing dasaran atau glosor. Silahkan dicoba kedua cara tersebut dan let's fishing!!


Baca tips dan triks memancing lainnya.


Salam Mancing Mania,


Aliemsurya


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Mancing, Cara Membuat Rangkaian Pancing Dasaran Atau Glosor"

Posting Komentar

Spam dan Sejenisnya Adalah Penyakit Berbahaya, Jadi Jangan Ditularkan Di Blog Ini Ya Bray