Cara Membuat Tali Pancing Menjadi Kuat, Lentur Dan Mudah Tenggelam

Cara membuat tali atau senar pancing menjadi kuat, lentur,  dan mudah tenggelam. Mungkin sobat mancing mania yang newbie atau masih hijau dalam dunia mancing, bertanya-tanya, kok senar pancing bisa mudah putus? Jawabannya sangat bisa, guys. Tergantung dari bahan pancingnya apakah bahan pancing biasa atau biasa disebut monofilamen atau bahan pancing nilon yang dikepang atau biasa dikenal dengan senar PE yang dalam bahasa Inggris disebut braided fishing line.


Cara Membuat Tali Pancing Menjadi Kuat, Lentur Dan Mudah Tenggelam
Tali Pancing Jenis Monofilamen Dibuat Kuat Dengan Trik Tertentu

Jika anda sudah menggunakan senar PE tidak perlu lagi anda cemas dalam hal kekuatannya. Anda hanya perlu membuat trik ini untuk yang menggunakan senar monofilamen. Senar ini memiliki karakteristik yang kaku. Seperti yang pernah diuraikan di tulisan saya mengenai cara memilih senar pancing terbaik, kelemahan dari senar monofilamen tidak sekuat multifilamen karena hanya terdiri dari satu filamen. Jika dibandingkan dengan ukuran diameter yang sama dengan mulitfilamen, monofilamen akan membutuhkan lebih banyak ruang pada spool reel dibandingkan dengan multifilamen. Bahan monofilamen yang berupa nilon juga akan rusak seiring berjalannya waktu saat terkena sinar matahari. Jadi penting untuk mengganti semua senar di dalam spool reel anda, setahun sekali agar tetap kuat.
Baca Juga: Cara Membuat Rangkaian Pancing Glosor
Trik membuat tali pancing monofilamen menjadi kuat adalah suatu cara yang lazimnya dilakukan oleh para anglers dengan menggunakan media air mendidih yang ditambahkan dengan serbuk teh (teh tubruk). Jika ditanya apakah tujuannya merendam tali pancing ke dalam air yang mendidih dan ditambahkan serbuk teh, mungkin sebagian besar anglers akan menjawab hanya mengikuti rekannya atau saudaranya yang sudah terlebih dulu menggunakan rebusan air teh untuk membuat tali pancing menjadi lebih kuat.

Jadi, merebus tali pancing dicampur dengan serbuk teh diumpamakan rahasia umum yang turun temurun dari mulut ke mulut tanpa ada yang tahu pasti apa sebenarnya efek yang terjadi pada senar ketika direbus dalam air mendidih dan apa fungsi serbuk teh itu sendiri? Saya mencoba mencari referensi dalam bahasa Inggris dan menemukan sebuah tulisan di suatu blog, para anglers menggunakan teh berdasarkan pengalaman dari pemancing senior dan tujuannya untuk membuang minyak pada jenis senar monofilamen. Sedangkan air panas fungsinya bisa meluruskan dan memuaikan serat monofilamen agar tidak mudah kusut dan cenderung lebih lentur.
Baca Juga: Cara Membuat Rangkaian Senar Leader
Referensi lainnya yang saya dapat, memasukkan tali pancing jenis monofilamen bisa berfungsi untuk merefresh tali pancing tersebut sehingga lebih kuat, tahan lama dan tidak mudah putus. Apapun itu, intinya anda ingin membuat tali pancing jenis monofilamen ini menjadi tidak mengecewakan anda ketika dipakai memancing. Adakalanya, tali pancing putus ketika posisi strike dan fish on atau yang lebih menyedihkan ketika membuat simpul ke ujung peniti atau kili-kili/swivel, tali tersebut terlihat sangat getas atau mudah putus padahal baru saja anda beli.


Cara Membuat Tali Pancing Menjadi Kuat, Lentur Dan Mudah Tenggelam
Teh Tubruk Dipanaskan Untuk Direndam Bersama Tali Pancing (bukalapak,com)

Well, jika anda punya budget lebih, disarankan membeli yang kualitasnya bagus. Spesifikasi harga peralatan pancing yang mahal dan merek ternama jelas akan memberikan kepuasan kepada anda. Tapi, bagi anglers dengan bugdet mentok menggunakan triks dengan merebus tali pancing ke dalam air panas yang dicampur dengan daun teh atau serbuk teh bisa dipraktekkan karena banyak referensi dari para anglers di Indonesia, khususnya, yang merekomendasikan cara ini.

Cara Merebus Tali Pancing Agar Kuat

Jika anda ingin melakukan trik tersebut, ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Didihkan air ke dalam panci atau alat untuk merebus air.
2. Matikan kompor dan tunggu beberapa saat
3. Masukkan daun teh, menggunakan teh tubruk dan aduk sampai tercampur
4. Tambahkan 6-7 lembar daun jambu biji biarkan beberapa saat.
5. Siapkan senar pancing yang akan ditreatment. Gulung senar di atas permukaan kaleng (bentuk tabung/bukan kotak) seperti kaleng bekas biskuit, bekas rokok atau wadah lainnya. Jangan merebus bersama spul reel pancing karena hasilnya tidak akan bagus.
6. Saring air dan keluarkan semua serbuk teh dan daun jambu dari dalam panci.
7. Masukkan senar sampai tenggelam di panci lalu tutup panci, biarkan senar terendam dalam air mendidih selam 5 menit.
8. Matikan kompor dan biarkan senar terendam sampai air menjadi lebih dingin (hangat kuku)
7. Keluarkan senar dari dalam panci, tiriskan (atau diangin-angin)
8. Senar siap untuk digulung ke reel.
Baca Juga: Resep Racikan Umpan Pancing Jitu
Dengan cara di atas anda akan merasakan tali pancing akan menjadi lebih lemas, lentur (buktikan dengan cara sedikit menariknya) dan yang jelas akan lebih mudah tenggelam ketika dipakai memancing. Tali juga akan menjadi lebih kuat dan tidak cepat putus.

Nah, demikian ya guys, trik cara membuat tali atau senar pancing menjadi kuat, lentur, mudah tenggelam. Selamat mencoba dan semoga membantu.

Salam mancing mania,



~aliemsurya~

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membuat Tali Pancing Menjadi Kuat, Lentur Dan Mudah Tenggelam"

Posting Komentar

Spam dan Sejenisnya Adalah Penyakit Berbahaya, Jadi Jangan Ditularkan Di Blog Ini Ya Bray