Tips Mancing, Cara Memancing Ikan Belanak Menggunakan Botol Minum Bekas




ips Mancing, Cara Memancing Ikan Belanak Menggunakan Botol Minum Bekas
Jebakan atau Perangkap Ikan Belanak Dari Botol Bekas (gomancing.com)

Tips Mancing, Cara Memancing Ikan Belanak Menggunakan Botol Minum Bekas. Halo mancing mania! Sewaktu memancing di daerah Banjir Kanal Timur (BKT) dan Marunda saya jadi ingat ada dua orang Bapak sedang memancing tapi tidak menggunakan kail melainkan menggunakan botol bekas air mineral. Saya sempat menanyakan sedang memancing apa dan salah satu bapak tersebut menjelaskan mereka sedang memancing Ikan Belanak. Saya yang penasaran akhirnya ikut menunggu dan melihat bagaimana cara memancing Ikan Belanak dan apa yang digunakan sebagai umpan agar ikan tersebut dapat ditangkap.


Baca Juga : Tempat Mancing Bandeng Daerah Marunda

Sekilas Tentang Ikan Belanak


Ikan Belanak - Mullet Fish Berukuran Besar (The Fishitec Blog - http://blog.fishtec.co.uk)

Ikan Belanak atau nama latinnya Moolgarda seheli atau dalam bahas Inggris biasa disebut dengan Mullet Fish. Ikan ini bentuknya menyerupai Ikan Bandeng, cara hidupnya hampir mirip karena mereka bergerombol berenang bersama-sama dalam satu kelompok yang sama. Ikan ini sering dijumpai di daerah muara atau air payau dan aliran sungai yang dekat dengan laut. 

Satu karakter Belanak yang saya dapatkan informasinya adalah ikan ini jika sedang mengejar umpan tidak akan berenang mundur. Belanak akan terus maju dan selalu berusaha maju. Saya sendiri awalnya kurang mengerti sampai akhirnya paham bahwa karakternya yang unik ini ternyata bisa di"akali" oleh para anglers dengan membuat jebakan atau perangkap daripada harus memancing dengan menggunakan kail. 

Ikan ini rasanya juga mirip-mirip Bandeng dan banyak anglers yang sengaja mencari Belanak untuk dikonsumsi. Selain digoreng beberapa orang memanfaatkan Belanak untuk dijadikan ikan asin.

Peralatan Memancing Ikan Belanak

Oke guys, berbekal melihat kedua bapak yang sedang memancing di kawasan BKT, akhirnya saya diijinkan untuk melihat peralatan untuk menjebak Ikan Belanak tanpa menggunakan kail. Sebenarnya alat dan perlengkapan yang digunakan hampir sama dengan memancing, yaitu:

  • Joran, gunakan bahan joran yang keras 
  • Reel dan tali pancing
  • Botol bekas air mineral atau larutan penyegar
  • Pelampung, bisa menggunakan styrofoam atau karet sandal bekas
  • Timah pemberat
  • Cutter Untuk Membuat Jebakan
  • Paku
  • Lilin
  • Tepung Terigu sebagai umpan

Baca Juga: Cara Membuat Perangkap Ikan Kecil Dari Botol Bekas

Cara Membuat Jebakan Belanak Menggunakan Botol Bekas
  • Siapkan botol bekas air mineral berukuran kecil atau sedang, usahakan menggunakan botol bekas larutan penyegar karena strukturnya lebih panjang dan ramping.
  • Biarkan tutup botol tetap ada (jangan dilepas).
  • Potong sekitar sepertiga bagian bawah botol, sehingga menyisakan bagian atasnya.
Cara Membuat Jebakan Ikan Belanak Dari Botol Bekas
Cara Membuat Jebakan Ikan Belanak Dari Botol Bekas
  • Panaskan paku ke lilin dan buatlah lubang di hampir seluruh bagian botol tetapi tidak terlalu banyak dan tidak terlalu besar karena hanya berfungsi untuk membuang air ketika botol tersebut diangkat.
  • Pasang timah pemberat dan di salah satu sisi dan dan sisi lainnya memasang pelampung bisa berupa styrofoam atau karet bekas sandal jepit. Usahakan beratnya seimbang agar di dalam air botol bisa mengambang atau berada di dasar secara horisontal.
Cara Membuat Jebakan Ikan Belanak Dari Botol Bekas
Cara Membuat Jebakan Ikan Belanak Dari Botol Bekas
  • Jangan lupa membuat lubang untuk memasukkan tali pancing atau tali rapiah agar bisa anda hubungkan dengan senar, fungsinya adalah agar botol lebih mudah untuk ditarik.
  • Tali tersebut disambungkan dengan tali pancing utama yang ada di dalam reel dan peralatan jebakan sudah siap digunakan
Cara Membuat Jebakan Ikan Belanak Dari Botol Bekas
Cara Membuat Jebakan Ikan Belanak Dari Botol Bekas

Cara Memasang Umpan dan Memancing Belanak
  • Ambil tepung terigu satu sendok makan dan tambahkan dengan air, campur sampai semua tepung dengan air dengan cara mengocoknya di dalam botol, air tidak perlu terlalu banyak
  • Amati perairan, Ikan Belanak dapat terdeteksi dari pergerakannya di atas permukaan air
  • Lemparkan perlahan ke dalam perairan dan tunggu sampai joran anda terasa bergetar sebagai tanda ikan Belanak masuk ke dalam jebakan yang anda buat.
  • Angkat botol dengan cara menggulung reel pancing anda.

Baca Juga : Cara Membuat Rangkaian Pancing dan Umpan Jitu Ikan Bandeng

Tempat Memancing Ikan Belanak

Karena saya berdomisili di Jakarta Utara, tempat yang saya pernah lihat ada pemancing Ikan Belanak adalah di sekitar aliran BKT dari muara sampai pintu air. Saya juga dapat informasi bahwa di Ancol banyak juga Ikan Belanak terutama bagi anda yang menginap di Putri Duyung Cottage, anda bisa memancing Belanak dengan bebas dan konon katanya bisa mendapatkannya dalam jumlah banyak. Next time, jika ada kesempatan menginap di tempat ini dan memancing ikan Belanak, akan saya share.

Demikian ya guys cara memancing ikan belanak menggunakan botol bekas..semoga bermanfaat dan selamat mencoba.



Salam Mancing Mania,

~Aliems Surya~

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Mancing, Cara Memancing Ikan Belanak Menggunakan Botol Minum Bekas"

Posting Komentar

Spam dan Sejenisnya Adalah Penyakit Berbahaya, Jadi Jangan Ditularkan Di Blog Ini Ya Bray