Tips Blogging Cara Membuat Logo Blog Atau Favicon

Tips Blogging Cara Membuat Logo Blog Atau Favicon. Halo sobat blogger! Bagi anda yang masih baru terjun ke dunia blogger, salah satu cara untuk membuat identitas blog anda adalah dengan membuat logo blog. Istilah kerennya adalah favicon. Jadi, fungsi favicon bagi blog adalah sebagai tanda atau identitas yang akan membuat pemirsa blog anda langsung mengenali blog dari logonya. Jika anda masih belum tahu apa itu favicon, simak gambar berikut.


Logo Blog Atau Favicon
Logo Blog Atau Favicon Ditandai Dengan Kotak Merah
Nah guys, sudah tahu kan sekarang apa itu favicon? Pada gambar di atas masing-masing web yang saya buka di tab browser memiliki logo yang berbeda satu dengan lainnya. Itulah yang dinamakan favicon.


Baca Juga: Cara Memasang Iklan Tepat Di Bawah Judul Tulisan

Menurut Wikipedia, sejarah tentang favicon di mulai pada bulan Maret 1999 ketika Microsoft merilis Internet Explorer 5, berhasil mendukung favicon untuk pertama kalinya. Awalnya, favicon adalah sebuah file bernama favicon.ico yang ditempatkan di direktori root (mis., http://en.wikipedia.org/favicon.ico) dari sebuah situs web. Menu ini digunakan di favorit Internet Explorer (bookmark) dan di samping URL di bilah alamat jika halaman itu diberi bookmark. Efek sampingnya adalah jumlah pengunjung yang telah membookmark halaman tersebut dapat diperkirakan dengan permintaan favicon. Efek samping ini tidak lagi berfungsi, karena semua peramban modern memuat file favicon untuk ditampilkan di bilah alamat web mereka, terlepas dari apakah situs tersebut diberi bookmark. 

Lalu, bagaimana cara membuat favicon?

Ada beberapa cara untuk menampilkan favicon sebagai logo blog atau situs anda. Cara yang sering dipakai adalah dengan menggunakan favicon generator melalui bantuan situs lain. Anda bisa mengunjungi situs http://www.favicon.cc. 


Baca Juga: Cara Menambahkan Atribut Tittle & Alt Gambar Blog

1. Langkah awal anda sudah mendesain satu logo untuk blog anda. Caranya bebas aja, guys! Bisa menggunakan photoshop atau program pembuat gambar atau logo lainnya. Kalau saya cukup di excel saja dan manfaatkan menu Snipping Tools yang disediakan di Windows7 karena hasilnya bisa langsung di save ke file dengan attribut gambar. Contohnya seperti ini.


Contoh Logo Blog Atau Favicon
Contoh Logo Blog Atau Favicon Yang Dibuat Menggunakan Excel
2. Kunjungi situs ini http://www.favicon.cc. Lalu ikuti sesuai dengan gambar di bawah ini. Jika ingin logonya bagus, anda pastikan kualitas gambar logonya dengan ukuran yang besar, karena upload gambar di generator ini bisa mencapai ukuran maksimum 5MB.


Membuat Favicon Menggunakan Favicon Generator
Membuat Favicon Menggunakan Favicon Generator
3. Setelah selesai upload, generator akan menampilkan preview dari logo yang sudah anda upload di langkah nomor 2 di atas. Anda masih diberikan kesempatan untuk mengedit ulang logo sebelum kemudian generator akan membuat favicon tersebut. Perhatikan gambar berikut.


Preview Favicon Sebelum Digenerator
Preview Logo Favicon Dan Menu Editor Sebelum Digenerator

4. Jika anda sudah mengeditnya, ataupun merasa cukup dengan logo yang akan digenerator langkah selanjutnya anda klik download favicon. Dan, favicon akan tersimpan di dalam drive PC anda.


Download Favicon


5. Langkah selanjutnya adalah upload favicon yang sudah digenerator dan berhasil anda download tadi untuk menjadi logo blog atau situs anda. Saya akan membahasa bagaimana cara upload favicon ke blog yang menggunakan flatform "blogspot" dari google.


Cara Upload Favicon Ke Blogger
Cara Upload Favicon Ke Blogger

  1. Masuk ke menu blogger anda, lalu pilih "Tata Letak"
  2. Di bagian paling atas ada tulisan "Favicon" anda klik
  3. Lalu anda upload file favicon yang sudah di generator pada langkah membuat logo favicon menggunakan generator pada nomor 4 di atas.
  4. Klik simpan dan Simpan Setelan Tema blog anda. Biasanya jika anda menggunakan browser bawaan googel yaitu Chrome,  favicon langsung berubah dan membutuhkan proses sampai sekitar 2 atau 4 hari. Jadi, bersabar ya guys menunggu logo anda muncul.
Baca Juga: Cara Membuat Page Facebook & Menampilkannya Di Blog

Nah, demikian cara membuat favicon sebagai logo untuk blog anda sekaligus cara memasangnya di blog yang menggunakan platform blogspot atau blogger. Selamat mendekor dan miliki identitas blog anda melalui logo blog atau favicon.


Salam blogger,


~aliemsurya~




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Blogging Cara Membuat Logo Blog Atau Favicon "

Posting Komentar

Spam dan Sejenisnya Adalah Penyakit Berbahaya, Jadi Jangan Ditularkan Di Blog Ini Ya Bray