Cara Memasang Ikan Kecil Sebagai Umpan Mancing

Cara Memasang Ikan Kecil Sebagai Umpan Mancing. Ikan kecil atau bisa juga disebut minnow merupakan salah satu umpan hidup yang dipakai oleh para anglers untuk mendapatkan sambaran dari ikan predator. Umpan ikan kecil dalam keadaan hidup, bagi anglers luar negeri biasanya digunakan untuk memancing Ikan Trout (masih termasuk keluarga Salmon), Ikan Bass (Kakap) dan jenis ikan predator lainnya. Meskipun cara tersebut sudah banyak ditinggalkan dan anglers sebagian besar beralih menggunakan hard lures atau soft lures untuk memancing ikan-ikan predator karena lebih simpel dan mudah dibeli dibandingkan harus menggunakan ikan hidup.


Cara Memasang Ikan Kecil Sebagai Umpan Mancing
Cara Memasang Ikan Kecil Sebagai Umpan Mancing

Meskipun demikian, tetaplah berpegang pada aturan tidak tertulis dalam dunia memancing, bahwa sebaik-baiknya umpan adalah umpan hidup. Umpan hidup tidak perlu proses kamuflase, tidak perlu memainkan berbagai teknik dalam memancing. Anda hanya perlu memasangnya secara tepat di bagian tubuh ikan tersebut untuk menjadikannya umpan dan anda menunggu proses sambaran. Ikan hidup yang anda pakai sebagai umpan akan menarik perhatian predator tanpa perlu anda mainkan seperti halnya anda menggunakan umpan tiruan atau lures.


Baca Juga: Membuat Racikan Umpan Mancing Murah, Meriah, Majur

Jenis Ikan Apa Yang Bisa Dipakai Sebagai Umpan?

Jawabannya, ikan kecil dengan tubuh kecil. Terserah jenis ikan apa yang akan anda pakai, atau anakan ikan apa yang bisa anda gunakan. Satu hal yang perlu untuk menjadi pertimbangan anda sebelum menggunakan umpan ikan kecil adalah, jika anda ingin umpan itu hidup lebih lama di kail pancing, maka pastikan ikan umpan tersebut sesuai dengan habitatnya. Lebih jelasnya, jika anda mancing di laut menggunakan umpan hidup, maka anda harus mencari ikan-ikan kecil yang juga hidupnya di laut. Jika anda menggunakan ikan wader atau anakan ikan nila untuk memancing di air laut, maka umpan yang anda pakai akan mati dalam waktu singkat. Begitupun sebaliknya, jika anda memancing di air tawar, maka ikan yang anda pakai sebagai umpan harus yang hidup di air tawar.


Ikan Impun Atau Guppy Biasa Digunakan Sebagai Umpan Hidup Untuk Mancing
Ikan Impun Atau Guppy Biasa Digunakan Sebagai Umpan Hidup Untuk Mancing

Cara Memasang Ikan Hidup Untuk Umpan

Anda sudah mendapatkan ikan-ikan kecil yang akan anda gunakan untuk umpan hidup. Selanjutnya, pastikan anda memilih jenis kail, tali atau senar pancing dan juga joran yang menunjang agar umpan tersebut tetap hidup. Pada saat memilih kail, pastikan bahannya ringan dan tentu saja ukurannya tidak terlalu besar sehingga ikan tidak cepat mati. Senar dan joran yang ringan juga anda perlukan, karena pada saat anda melempar ikan tersebut, tidak menyebabkan kail merobek bagian tubuh ikan. Anda harus memainkan jorannya secara halus sehingga lemparan anda tidak terlalu kasar dan ikan bisa masuk ke dalam air dengan bebas serta dapat berenang untuk memikat predator.


Baca Juga: Cara Memasang Umpan Cacing Yang Benar

Ada beberapa cara untuk memasang ikan kecil pada kail sebagai berikut:



Cara Memasang Ikan Kecil Sebagai Umpan Mancing
Cara Memasang Ikan Kecil Sebagai Umpan Mancing

  • Yang pertama adalah hanya mengaitkan kail di atas mulut ikan. Dengan cara ini, ikan kecil dapat berenang relatif bebas, tetapi kelemahannya adalah air akan masuk lewat insangnya, sehingga akhirnya mati. 
  • Cara kedua adalah dengan mengaitkan ikan kecil melalui punggungnya, tepatnya di depan sirip punggung. Tusukkan kail anda hanya untuk menembus kulit dan bukan tulang belakang, metode ini akan membuat ikan kecil tetap hidup untuk waktu yang lebih lama. Dan jika terkena tulang belakang, ikan akan cepat mati 
  • Cara ketiga adalah dengan memasukkan benang melalui mulut dan keluar dari lubang anus dengan jarum, kemudian ikat benang tersebut pada kail. Lalu, tarik benang kembali sampai hanya sehingga bagian belakang kail masuk ke dalam perut ikan. Cara seperti ini akan membuat ikan kecil segera akan mati, tapi kelebihan dari cara ini ikan tidak mudah terlepas dari kail pada saat dilemparkan dan satu lagi, pada saat terjadi sembaran potensi predator untuk terkena hook akan sangat tinggi karena hook ada dibagian tengah ikan kecil.
Baca Juga: Jenis-Jenis Umpan Untuk Memancing, Newbie Wajib Baca!
Selain cara tersebut di atas, anda bisa mengkombinasikan dua hook yang di pasang pada dua bagian tubuh ikan jika ikan yang anda pakai sebagai umpan memiliki ukuran lebih besar. Kombinasi lainnua bisa anda kreasikan melalui sistem trial error untuk mendapatkan cara yang paling tepat memasng ikan kecil sebagai umpan mancing anda.


Salam mancing mania,


~aliemsurya~

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Memasang Ikan Kecil Sebagai Umpan Mancing"

Posting Komentar

Spam dan Sejenisnya Adalah Penyakit Berbahaya, Jadi Jangan Ditularkan Di Blog Ini Ya Bray