Cara Mengetahui Jenis Kelamin Ikan Cupang

Cara Mengetahui Jenis Kelamin Ikan Cupang
Ikan cupang merupakan salah satu ikan bertubuh kecil, memiliki bentuk tubuh yang sangat cantik berpadu dengan warna-warni yang indah ditubuhnya. Ikan ini sebenarnya adalah jenis ikan liar yang bisa ditemukan di parit-parit dekat sawah atau kebun. Seiring dengan perburuan dan kerusakan pada habitatnya, perlahan namun pasti ikan yang memiliki nama latin Betta splenden ini sudah jarang ditemukan di habitatnya. Beruntung, jenis ikan ini ternyata cukup mudah dibudidayakan sehingga keberadaannya mudah anda jumpai di toko akuarium atau di penjual ikan keliling yang biasa lewat di depan rumah anda. Tahukah anda apa perbedaan Ikan Cupang jantan dan Ikan Cupang betina?


Cara Mengetahui Jenis Kelamin Ikan Cupang
Cara Mengetahui Jenis Kelamin Ikan Cupang

Atau, tahukah anda Ikan Cupang yang banyak dijual memiliki jenis kelamin apa? Pernahkah anda iseng untuk menyelidiki, atau hanya senang memelihara dan mengadunya dengan ikan kepunyaan teman? Ikan yang dalam bahasa Malaysia atau Melayu disebut Ikan Laga ini yang dijual ternyata memiliki jenis kelamin jantan. Lho, emangnya yang betina tidak dijual? Memang tidak jarang dijual, karena Ikan Cupang betina ini ibarat aset yang berharga bagi para peternak. Mereka akan sortir dan akan ditempatkan kembali ke kolam atau akuarium khusus untuk dijadikan bibit. Jika anda berniat membeli Ikan Cupang betina, anda harus mencarinya ke peternak Ikan Cupang, karena di toko-toko akuarium biasanya Ikan Cupang betina tidak dijual.


Baca Juga: Ikuti Trik Ini, Biar Gak Perlu Beli Cacing Untuk Umpan Mancing!

Pejantan Ikan Cupang ini seperti halnya pada beberapa species hewan lain memiliki warna yang indah dan mencolok dengan tujuan untuk menarik perhatian betina ketika musim kawin tiba. Dan, ikan cupang betina ternyata memiliki bentuk sirip yang tidak terlalu mencolok dan warnanya biasa saja, dalam arti kebanyakan ikan cupang betina tidak memiliki corak warna sebanyak yang dimiliki oleh ikan cupang jantan. Lalu bagaimana cara yang pasti untuk membedakan antara ikan cupang jantan dari betinanya? Ikuti tips cara mengetahui jenis kelamin ikan cupang sebagai berikut, guys.

1. Menunggu Saat Yang Tepat
Ikan jantan dan betina dapat dibedakan ketika sudah memasuki fase dewasa atau fase kawin. Jadi, pada saat masih kecil atau dalam bentuk juvenil ikan cupang akan sulit dibedakan antara yang jantan dan betina. Anda harus bersabar ya, guys! Biarkan di dalam kolam atau akuarium terlebih dahulu sampai ada perubahan morfologi yang signifikan baik pada bentuk sirip maupun warnanya.


Baca Juga: Stop Beli Alpukat, Begini Cara Mudah Menanam Alpukat Di Dalam Pot Bunga

2. Amati Morfologi Ikan Dengan Cermat
Setelah perubahan morfologi ikan terlihat dengan jelas, anda mulai bisa mendeteksi dan mengamati perubahan morfologi untuk membedakan ikan cupang jantan dan betina. Bagian yang biasanya dijadikan patokan adalah warna dan sirip.


Perbedaan Ikan Cupang Jantan Dan Betina
Perbedaan Ikan Cupang Jantan Dan Betina

Ciri Morfologi Ikan Cupang Jantan
  • Kombinasi warna lebih banyak dan terlihat sangat menarik
  • Betuk tubuh cenderung lebih panjang dan slim atau ramping
  • Sirip pada ikan jantan berukuran sangat panjang terutama pada bagian sirip punggung (atas), perut (bawah), dan sirip ekor (ekor). Ukuran siripnya rata-rata 2-3 kali dari ukuran tubuhnya.
  • Ikan Cupang jantan memiliki sirip punggung dan sirip ekor yang terlihat sering terkulai karena ukurannya yang terlalu panjangnya. 
  • Ikan Cupang jantan tidak terlihat secara jelas adanya lubang untuk pengeluaran telur (ovipositor). Namun, pada usia yang lebih muda Ikan Cupan jantan memiliki semacam ovipositor palsu dengan tujuan untuk menyamar agar tidak diburu oleh ikan jantan lainnya.
Ciri Morfologi Ikan Cupang Betina
  • Ikan Cupang betina pada umumnya memiliki warna yang kurang menarik dan cenderung pucat
  • Pada keadaan stress Ikan Cupang betina akan memiliki warna yang lebih terang daripada ikan cupang betina yang tidak dalam kondisi stress
  • Bentuk tubuh ikan betina lebih bulat dan pendek
  • Memiliki sirip lebih pendek atau sama dengan ukuran tubuhnya. 
  • Sirip ventrikel pada Ikan Cupang betina sering menyerupai sisir rambut.
  • Ikan Cupang betina memiliki lubang untuk pengeluaran telur (ovipositor) secara jelas. Pada umumnya berwarna putih. Ovipositor akan terlihat semakin jelas pada masa-masa ikan akan kawin (musim kawin)

Baca Juga: Cara Cepat Dan Murah Memutihkan Gigi
3. Amati Tingkah Laku Ikan Cupang
Setelah anda mengetahui perbedaan ikan cupang jantan dan betina dari morfologinya, anda juga bisa mendeteksi lebih lanjut dengan mengamati tingkah laku ikan dari tingkah lakunya. Caranya, anda hanya perlu mendekatkan sebuah cermin ke arah akuarium. Baik Ikan Cupang jantan maupun betina yang memang secara naluri memiliki sifat agresif, keduanya akan mendekat ke arah cermin ketika terdeteksi Ikan Cupang lain yang terlihat di cermin. 


Bedanya, Ikan Cupang jantan memiliki agresifitas yang tinggi dan cenderung penasaran sehingga akan berusaha lebih keras untuk mendekati cermin. Sementara, Ikan Cupang betina tidak terlalu penasaran. Betina juga akan mendekat, namun cenderung malas-malasan dan tidak ada sifat agresif yang berlebihan. Mendekatkan cermin dalam jangka waktu yang lama ke dalam akuarium tidak direkomendasikan karena akan membuat Ikan Cupang berada dalam kondisi stress. Kondisi stress pada Ikan Cupang salah satunya berakibat pada pertumbuhan sirip yang lambat atau menjadi lebih pendek.

Kumpulan Gelembung Air Pada Akuarium Ikan Cupang Jantan
Kumpulan Gelembung Air Pada Akuarium Ikan Cupang Jantan

Tingkah laku Ikan Cupang selanjutnya yang bisa anda amati adalah kemampuan Ikan Cupang dalam membuat buih busa dari gelembung-gelembung kecil yang dihasilkan dari dalam tubuhnya. Ikan Cupang jantan akan mengeluarkan gelembung kecil ketika memasuki masa kawin. Gelembung itulah yang nantinya akan dijadikan untuk tempat memijahkan sel telur dan sperma pada masa kawin.

Baca Juga: Tidak Perlu Memukul, Cukup Pilih Dua Hal Berikut Untuk Melumpuhkan Ikan Lele

Cukup mudah bukan cara mengetahui jenis kelamin pada Ikan Cupang? Jika anda tertarik untuk membudidayakan Ikan Cupang dan menjual benih ikan cupang, tentunya cara mengetahui jenis kelamin Ikan Cupang adalah syarat awal yang harus anda kuasai.

Salam blogger,

~aliemsurya~

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengetahui Jenis Kelamin Ikan Cupang"

Posting Komentar

Spam dan Sejenisnya Adalah Penyakit Berbahaya, Jadi Jangan Ditularkan Di Blog Ini Ya Bray