Cara Mudah Melacak Lokasi Handphone Android Yang Hilang

Cara Mudah Melacak Lokasi Handphone Android Yang Hilang
Merasa panik saat handphone (HP) android kesayangan anda tiba-tiba hilang? Rileks guys... Tarik nafas yang dalam lalu segera mengingat kapan terakhir kali anda menyentuh HP. Setelah cukup ingat, anda mungkin merasa HP terjatuh, atau tertinggal di suatu tempat atau bahkan ada yang dengan sengaja mengambil dari dalam saku tas, baju atau celana anda? 

Lalu berharap dan berdoa saja semoga HP anda terjatuh dan tidak diambil orang, meskipun kemungkinannya kecil. HP terjatuh di suatu tempat yang kebetulan kondisinya ramai pasti akan hilang diambil orang. Berharap orang tersebut mengembalikan HP anda? Kemungkinannya juga akan sangat kecil. 


Cara Mudah Melacak Lokasi Handphone Android Yang Hilang
Cara Mudah Melacak Lokasi Handphone Android Yang Hilang

Lalu, apa yang harus dilakukan ketika HP Android hilang?
Tenang guys, HP android anda adalah salah satu perangkat yang cukup canggih untuk terlacak ketika anda lupa menyimpan, terjatuh atau mungkin diambil orang lain. Salah satu fitur yang bisa anda gunakan adalah dengan memanfaatkan komputer yang tersambung dengan internet atau meminjam HP teman anda yang juga harus terkoneksi internet.


Baca Juga: Cara Mereset Handphone Yang Lupa PIN Atau Password

Google Device Manager adalah salah satu fitur android yang bisa anda gunakan untuk melacak keberadaan HP anda. Caranya anda harus masuk lewat PC atau HP teman anda dan segera akses link berikut: Google Device ManagerAnda akan dibawa ke menu login untuk memasukkan alamat email dan pasword dari google akun milik anda yang tersemat di HP android anda. Ingat ya, guys... anda harus tahu persis akun google dan password, karena tanpa itu mustahil anda bisa menggunakan fitur Google Device Manager pada PC atau HP lainnya.


Alamat Email Dan Password Untuk Masuk Ke Google Device Manager
Masukkan Alamat Email Dan Password Untuk Masuk Ke Google Device Manager
Jadi, langkah pertama saat HP Android anda hilang adalah segera mengingat akun dan pasword google anda dan masuk ke Google Device Manager dan masukkan alamat email serta pasword secara benar. Selanjutnya anda akan dibawa ke menu maps yang akan menampilkan lokasi HP Android anda berada. Tunggu sejenak sampai Google Device Manager berhasil melacak kebaradaan HP Android anda. Selanjutnya jika HP Android anda terlacak akan tampil seperti ini.


Tampilan HP Yang Terlacak Melalui Google Device Manager
Tampilan HP Yang Terlacak Melalui Google Device Manager
Dari tampilan seperti pada gambar di atas anda akan bisa melihat kondisi dan lokasi di mana HP android anda berada.

a. Kondisi HP android anda menampilkan merek dan tipe HP serta ditampilkan juga sedang tersambung dengan jaringan Wifi dan juga menampilkan persentase baterai.

b. Anda bisa melakukan sesuatu terhadap HP anda sebagai berikut:


Mengunci Handphone Dan Menampilkan Pesan Serta Nomor Telepon Melalui Google Device Manager
Mengunci Handphone Dan Menampilkan Pesan Serta Nomor Telepon Melalui Google Device Manager


  • Play Sound: HP Android anda akan berdering mengeluarkan suara meskipun dalam kondisi yang sudah di silent (mode diam atau mode getar) selama 5 menit.
  • Lock: Anda akan mengunci HP android anda dan meninggalkan pesan serta nomor telp anda yang bisa dihubungi. Tujuannya supaya siapapun yang menemukan HP anda akan membaca pesan dan bisa menghubungi anda melalui nomor telepon yang sudah anda kirimkan.
  • Erase: Anda akan melakukan penghapusan semua data pada HP Android anda yang sudah terlacak lokasinya. Anda lakukan jika banyak data penting dan rahasia yang ada di dalam HP agar tidak disalah gunakan oleh pencuri atau orang yang menemukan HP anda. Jikapun HP dalam kondisi tidak ada sinyal atau offline atau, maka proses penghapusan akan dilakukan secara otomatis ketika HP anda menyala. Dan, anda kembali menggunakan data anda setelah melakukan login ulang menggunakan akun google anda.



Menghapus Semua Data HP Melalui Google Device Manager
Menghapus Semua Data HP Melalui Google Device Manager
c. Gambar dengan tanda "c" adalah lokasi atau tempat HP Android anda berada saat ini.

Baca Juga: Cara Mengubah Sinyal 4G Menjadi 3G Di HP Android

Apa yang harus dilakukan jika HP Android anda dalam kondisi tidak menyala atau mati?
Jika kondisinya seperti itu, masih ada satu cara untuk mendeteksi keberadaannya yang terakhir berdasarkan histori dari google. Caranya, buka link berikut ini : Histori HP Android lalu anda akan di bawa ke menu histori penggunaan HP seperti gambar berikut.


Melacak Posisi Terakhir HP Dari Data Histori Google
Melacak Posisi Terakhir HP Dari Data Histori Google

Anda akan dibawa ke menu login dan masukkan alamat email serta password anda dengan benar lalu masuk ke menu history activity yang merangkum semua aktifitas serta mendeteksi lokasi yang pernah anda lalui ketika menggunakan HP Android. Untuk mengetahui histori lokasi terakhir anda klik di "Manage Activity" dan akan tampil menu baru seperti pada gambar berikut:


Baca Juga: Cara Merawat Baterai HP Agar Awet Dan Tidak Mudah Rusak


Mengetahui Lokasi Terakhir HP Android Melalui Timeline
Mengetahui Lokasi Terakhir HP Android Melalui Timeline
Anda klik "Visit Timeline" dan semua histori lokasi terekam di tampilan timeline termasuk lokasi terakhir sebelum HP anda hilang. Dengan mengetahui posisi lokasi terakhir anda bisa memprediksikan HP anda hilang atau terjatuh di daerah mana.


Baca Juga: Cara Mudah Menjadikan Televisi Sebagai Layar Monitor PC


Demikian ya guys.... Cara mudah untuk melacak lokasi handphone android anda yang hilang bisa karena terjatuh atau bisa juga diambil oleh orang lain. Cara tersebut semuanya bekerja dengan baik dan bisa sangat membantu anda untuk kembali menemukan HP android anda yang hilang. Selamat mencoba dan semoga HP anda segera kembali ke tangan anda ya guys...!

Salam blogger,

~aliemsurya~

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mudah Melacak Lokasi Handphone Android Yang Hilang"

Posting Komentar

Spam dan Sejenisnya Adalah Penyakit Berbahaya, Jadi Jangan Ditularkan Di Blog Ini Ya Bray