Dua Cara Melumpuhkan Ikan Lele Dengan Cepat Tanpa Harus Memukulnya

Dua Cara Melumpuhkan Ikan Lele Dengan Cepat Tanpa Harus Memukulnya
Ikan lele adalah salah satu jenis ikan budidaya yang dikonsumsi oleh berbagai kalangan. Dari mulai kaki lima di pinggir jalan sampai beberapa rumah makan menyediakan menu lele baik berupa lele goreng, pecel lele, pecak lele sampai dengan lele kremes. Cara budidaya lele yang mudah membuat ikan jenis bisa menjadi lahan bisnis baik bagi peternak, pengepul, pedagang makanan sampai dengan pengguna akhir seperti anda. Salah satu yang mungkin luput dari perhatian anda sebagai penikmat daging lele adalah bagaimana cara melumpuhkan dan membunuh ikan lele sebelum dioleh menjadi makanan siap saji yang lezat.


Dua Cara Melumpuhkan Ikan Lele Dengan Cepat Tanpa Harus Memukulnya



Baca Juga: Umpan Mancing Ikan Lele Yang Wajib Anda Bawa!

Pernahkah anda memperhatikan penjual pecel lele yang sedang mengolah lele goreng dari yang sebelumnya dalam kondisi hidup? Istilah dalam bahasa Cirebon namanya "ngolahi" ikan. Mungkin hal tersebut tidak begitu penting bagi anda, karena yang terpenting lele goreng sudah tersaji dengan mantap di depan meja. Tapi bagi ibu rumah tangga, atau anda para penjual makanan dengan bahan baku dari ikan lele, tentu sangat penting. Menyembelih, membunuh atau mematikan ikan lele secara cepat akan menghemat waktu anda dalam mengolah makanan. Cara umum yang sering dipakai untuk membunuh lele adalah dengan cara memukulnya dengan menggunakan batu, balok kayu atau benda keras lainnya.


Baca Juga: Kandungan Gizi Cukup Tinggi, Jangan Remehkan Ikan Jenis Ini!

Jika anda mengolah ikan lele dalam kondisi masih hidup, tentu saja anda akan mengalami kesulitan karena jenis catfish paling populer di Indonesia ini mengeluarkan lendir sehingga akan sangat licin jika anda pegang. Hal kedua adalah, ikan yang termasuk kedalam famili Clariidae ini dilengkapi dengan sepasang taji atau patil yang jika terkena tangan anda bisa menyebabkan luka yang cukup seriur. 

Nah, guys...  Jika selama ini anda membunuh ikan lele dengan cara dipukul, tidak ada salahnya anda memakai cara baru agar anda tidak perlu bersusah payah menggunakan tenaga ekstra dan merusak tubuh ikan lele. Berikut ulasannya.

Menggunakan Garam


Menggunakan garam untuk membunuh ikan lele adalah cara terpraktis dan paling cepat tanpa harus susah payah menyentuhnya. Cara membunuh ikan lele dengan menggunakan garam sangat mudah. Anda hanya perlu menempatkan lele di dalam suatu wadah bisa berupa baskom atau ember lalu menaburkan garam ke dalam wadah tersebut. Gunakan sendok atau alat lainnya untuk mengaduk lele yang sudah ditaburi garam agar distribusi garam menyebar secara merata pada seluruh tubuh lele.



Baca Juga: Benarkah Suami Tidak Boleh Mancing Ketika Istri Hamil? Mitos Atau Fakta?

Mengapa lele cepat mati jika diberikan garam? Tidak hanya lele, guys... semua ikan jenis lain jika anda taburi garam juga akan cepat mati terutama ikan yang berasal dari perairan tawar. Hal ini terjadi karena proses osmosis dan sistem ekskresi yang mengalami gangguan ketika ada garam dengan kondisi yang berlebih. Akibat terganggunya keseimbangan kondisi ion dalam tubuh lele dengan lingkungan luarnya, lele akan cepat mati. 


Memotong Bagian "Tengkuk" Lele

Cara kedua untuk membunuh lele dengan mudah adalah dengan memotong, mengiris atau mengoyak bagian tengkuk lele. Letaknya tepat di perbatasan antara kepala dengan badan lele. Sebenarnya menggunakan cara melumpuhkan ikan lele ini, kondisi ikan lele masih tetap hidup tapi ikan lele seperti terbius atau mungkin pingsan. Kondisi ini menyebabkan lele tidak akan berontak ketika akan anda "olahi" dan membuang bagian dalam perutnya.  Saya coba mencari literatur mengenai cara ini, mungkin, di daerah sekitar tengkuk adalah pusat sensor untuk mengontrol gerakan atau saraf motoris pada lele sehingga ketika bagian ini dirusak atau terputus, lele tidak bisa menggerakkan bagian tubuhnya dan menjadi lumpuh. 


Dua Cara Melumpuhkan Ikan Lele Dengan Cepat Tanpa Harus Memukulnya
Sayat Bagian Bertanda Merah Untuk Melumpuhkan Ikan Lele


Kelemahan melumpuhkan lele cara ini adalah anda harus memegang ikan lele terlebih dahulu sebelum mengiris bagian tengkuknya. Tentu saja akan bermasalah jika anda tidak hati-hati terhadap patil atau taji ikan lele yang beracun ini.


Baca Juga: Belanja Peralatan Mancing Online, Simak Tipsnya Agar Hasilnya Memuaskan

Demikian ya guys... Dua cara membunuh dan melumpuhkan ikan lele dengan cepat tanpa harus memukul bagian kepalanya. Cara pertama menggunakan garam, adalah cara paling praktis karena anda tidak perlu susah payah harus memegang ikan lele untuk membunuhnya. Silahkan dipraktekkan sendiri di rumah.

Salam blogger,

~aliemsurya~

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Dua Cara Melumpuhkan Ikan Lele Dengan Cepat Tanpa Harus Memukulnya"

Posting Komentar

Spam dan Sejenisnya Adalah Penyakit Berbahaya, Jadi Jangan Ditularkan Di Blog Ini Ya Bray