Fungsi Fishing Beads Atau Manik-Manik Pada Rangkaian Pancing

Fungsi Fishing Beads Atau Manik-Manik Pada Rangkaian Pancing
Banyak anglers lokal yang kurang bahkan tidak tahu sama sekali tentang fishing beads atau disebut juga manik-manik (bentuknya seperti butiran tasbih) dan fungsinya untuk membuat satu rangkaian pancing. Literatur dalam bahasa Indonesia tentang fishing beads juga sangat terbatas. Tak kenal maka tak sayang, begitu kata pepatah lama... halaah!!! Intinya, kebanyakan anglers lokal tidak menyertakan fishing beads dalam sebuah rangkaian pancing, baik rangkaian menggunakan pelampung, maupun rangkaian dasaran atau glosor. Padahal, jika anda mencari referensi mengenai rangkaian pancing menggunakan bahasa Inggris, anglers di luar sana hampir semuanya menyertakan fishing beads dalam sebuah rangkaian pancing yang mereka buat.


loading...
Fungsi Fishing Beads Atau Manik-Manik Pada Rangkaian Pancing
Fungsi Fishing Beads Atau Manik-Manik Pada Rangkaian Pancing

Baca Juga: Spot & Lokasi Mancing Liar Di Cirebon Dan Sekitarnya

Mengapa fishing beads kurang popular di kalangan pemancing lokal? Saya sendiri sedikit bingung menjelaskannya. Mungkin fishing beads atau manik-manik pancing ini dianggap hanya sebagai aksesoris yang kurang begitu terlihat fungsinya dibandingkan perlengkapan atau aksesoris pancing lainnya seperti pelampung, timah pemberat dan kili-kili (swivel). Alasan berikutnya, fishing beads tidak banyak tersedia di pasaran lokal, sehingga anglers lokal malas untuk membeli. Dua alasan itu kemungkinan menjadi penyebab, mengapa anglers lokal tidak begitu tertarik menggunakan fising bead pada rangkaian pancing yang mereka buat.


Baca Juga: Spot Mancing Dam Tanjung Priok Jakarta Utara

Sebenarnya, jika anda jeli membandingkan suatu rangkaian pancing yang biasa anglers luar negeri buat, anda akan bertanya mengapa mereka hampir selalu memakai manik-manik pancing ini sebagai pelengkap rangkaian pancing? Jika fungsinya kurang begitu penting, mengapa mereka selalu merekomendasikan fishing beads? Berangkat dari situ, saya kemudian mencoba menelusuri fungsi apa yang bisa mancing mania dapatkan dari pemakaian fishing beads pada suatu rangkaian pancing. Nah guys, ternyata cukup banyak manfaat manik-manik ini untuk anda gunakan sebagai aksesoris pada rangkaian pancing. Berikut ulasannya.


Baca Juga: Tips Mancing Dan Memilih Umpan Ikan Sepat


Fishing Beads Atau Manik-Manik Pancing Berbahan Kaca
Fishing Beads Atau Manik-Manik Pancing Berbahan Kaca


Pelindung Simpul Pancing
Fishing bead atau manik-manik dapat melindungi simpul pada rangkaian pancing anda dari timah pemberat yang mungkin memiliki sisi atau ujung yang tajam. Ketika timah pemberat utama meluncur ke bawah  senar leaders yang, dan menyentuh salah satu koneksi simpul pancing anda, bagian sisinya yang tajam akan memotong simpul Anda. Para produsen mencoba dan membuat ujung-ujung timah pemberat semulus mungkin. Tetapi masih terdapat yang tidak mulus dan menyebabkan timah pemberat menjadi tajam dan akan memutus tali pancing atau leaders yang anda pakai. Adanya fishing bead yang diletakkan sebelum dan sesudah simpul menjadikan simpul anda akan aman karena ujung timah pemberat anda akan terhalang oleh manik-manik.


Baca Juga: Kuliner Sambil Mancing Di Rumah Makan Teh Haji Purwakarta

Membuat Rangkaian Pancing Menjadi Lebih Kuat & Tidak Mudah Kusut
Pada umumnya, anglers lokal lebih menyukai menggunakan simpul "T" untuk membuat suatu rangkaian pancing. Tetapi, referensi dari luar negeri lebih banyak untuk menyarankan memakai kili-kili atau swivel untuk membuat suatu rangkaian cabang yang nantinya dipasang kail. Dengan menggunakan swivel, fishing beads atau manik-manik pancing diperlukan untuk pembatas bagi kili-kili. Dengan menggunakan kili-kili, sumbu putar pada rangkaian cabang semakin leluasa sehingga tali pancing atau senar leaders yang anda gunakan pada rangkaian pancing tidak mudah kusut. Selain itu, tentu saja menggunakan kili-kili yang dibantu dengan pemakaian fishing beads membuatnya menjadi semakin kuat dibandingkan hanya dengan mengguakan simpul "T" pada rangkaian senar leaders.


Baca Juga: Spot Mancing Ikan Bandeng Di Pantai Pitung Marunda Jakarta Utara

Menghasilkan Suara Untuk Menarik Perhatian Ikan Target
Fishing beads atau manik-manik pancing yang terbuat dari kaca atau baja jika bergeser dan mengenai kili-kili atau timah pemberat akan memberikan efek bunyi "klik" di dalam air. Menurut anglers luar negeri, suara "klik" dalam air ini akan menarik perhatian ikan agar mendekati umpan meskipun ikan tidak melihat adanya umpan di depannya. Hal ini akan memberikan keuntungan tersendiri bagi anda yang pada rangkaian pancingnya terdapat fishing beads. Dalam hal ini, fungsi manik-manik pancing adalah untuk mengalihkan perhatian dengan menghadirkan bunyi yang menarik ikan untuk mendekat ke arah rangkaian pancing yang anda pasang.


Baca Juga: Cara Unik Memancing Ikan Belanak Dengan Menggunakan Botol Bekas

Warna Dan Nyala Atraktif Untuk Menarik Ikan Mendekat
Fungsi dari fishing beads lainnya adalah warna bahan manik-manik pancing yang beraneka ragam sehingga menarik perhatian ikan untuk mendekat. Jadi, selain bunyi, warna-warna seperti merah akan sangat menarik perhatian ikan, terutama predator, untuk mendekat dan memakannya. Akhir-akhir ini, fishing bead dibuat dengan bahan yang relatif lebih lunak. Bahkan banyak di antaranya yang terbuat dari bahan yang menghasilkan sinar ketika berada dalam situasi gelap. Hal ini akan sangat membantu anda karena rangkaian pancing yang menyala di dalam gelap dengan adanya fishing beads memungkinkan ikan akan lebih banyak yang mendekat.

Jenis Fishing Beads Atau Manik-Manik Pancing Yang Bisa Menyala Dalam Gelap
Jenis Fishing Beads Atau Manik-Manik Pancing Yang Bisa Menyala Dalam Gelap

Baca Juga: Cara Membuat Rangkaian Pancing Untuk Ikan Bandeng

Berfungsi Sebagai Stopper Untuk Ketika Menggunakan Teknik Ngoncer
Fungsi lainnya dari fishing beads atau manik-manik terutama yang terbuat dari bahan yang lunak bisa digunakan untuk penempatan di hook dengan tujuan untuk menghentikan umpan hidup (teknik ngoncer) agar posisinya tidak berubah dan tidak mudah terlepas. Biasanya manik-manik berbahan lembut ini sangat berguna terutama ketika anda menggunakan kawat ringan saat pada rangkaian pancing.


Baca Juga: Cara Membuat Rangkaian Pancing Ikan Nila Dengan Teknik Cotton Bud

Lalu, di mana anda bisa membeli fishing beads atau manik-manik pancing ini? Nah guys, zaman now anda tidak perlu lagi khawatir dalam membeli suatu barang, karena anda bisa beli melalui cara online. Termasuk juga ketika anda ingin membeli fishing beads yang anda perlukan fungsinya pada rangkaian pancing yang akan anda pakai. Pun ketika anda ingin membeli alat serta perlengkapan pancing lainnya secara online. Tips membeli alat dan perlengkapan pancing secara online anda bisa simak di link berikut. Anda bisa memesannya dari outlet online luar negeri melalui Shopee atau Lazada dan lainnya. Atau, tidak ada salahnya jika anda memiliki butiran tasbih yang tidak lagi dipakai, anda mencobanya untuk dipasang sebagi pengganti fishing beads.

Salam mancing mania,


~aliemsurya~
Loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Fungsi Fishing Beads Atau Manik-Manik Pada Rangkaian Pancing"

Posting Komentar

Spam dan Sejenisnya Adalah Penyakit Berbahaya, Jadi Jangan Ditularkan Di Blog Ini Ya Bray