Tips Mancing Malam Di Laut

Tips Mancing Malam Di Laut
Kenapa anglers lebih tertarik untuk mancing di laut malam hari? Tentu saja karena malam hari tidak ada sinar matahari, tidak perlu mengerenyit menahan panas dan dahaga bahkan sampai kulit iritasi dan terbakar. Itu alasan yang paling banyak dikemukakan oleh para mancing mania, mengapa mancing di laut pada umumnya dilakukan di waktu malam hari. Selebihnya, beberapa anglers menyukai berangkat mancing pada waktu siang hari karena tidak direpotkan dengan kondisi sekitar spot yang gelap sehingga sulit untuk melihat lokasi spot secara menyeluruh, sulit pada saat membuat rangkaian pancing, dan takut ada binatang laut (terutama ular laut, yang semuanya berbisa) yang tidak terpantau oleh mata.


loading...
Tips Mancing Malam Di Laut
Tips Mancing Malam Di Laut

Baca Juga: Spot Mancing Laut Di Dermaga Ancol Jakarta Utara

Okelah, tidak perlu memperdebatkan mana waktu yang terbaik untuk memancing di laut, baik pagi, siang, sore dan malam. Semuanya kembali ke masing-masing anglers. Sesuai selera dan waktu yang dimiliki oleh masing-masing anglers. Kadangkala mancing di laut pada malam hari mendapatkan hasil yang sangat baik, tapi tidak jarang juga justru zonk alias boncos tanpa hasil sama sekali. Itulah seninya mancing, semua butuh tips serta triks tersendiri ya guys. Jadi, tidak perlu mengeluh ketika zonk atau juga bangga berlebihan ketika mendapatkan hasil yang lumayan.


Baca Juga: Spot Mancing Liar Danau Sunter Jakarta Utara

Mengajak Teman Yang Berpengalaman Mancing Malam Di laut
Nah, tips pertama bagi anda yang belum pernah merasakan mancing malam di laut baik di pinggir dermaga, di pinggir pantai, atau bahkan dari atas perahu, ada baiknya anda harus mencari banyak referensi, minimal anda punya teman yang pernah mancing malam di laut. Kenapa demikian? Tentu saja anda tidak perlu bertanya-tanya kepada orang yang tidak anda kenal tentang cara mancing malam di laut. Memiliki rekan yang pernah mancing akan mempermudah segala urusan anda dari mulai merakit rangkaian pancing, mencari spot dan tentu saja ada teman akrab buat ngobrol sambil ngopi untuk mengusir rasa kantuk.


Baca Juga: Menginap, Berenang Dan Memancing Bersama Keluarga Di Cipaku Garden Hotel

Cari Informasi Pasang Naik Atau Surut Air Laut
Teman untuk menemani anda memancing di laut sangat penting, tapi anda juga tidak boleh melupakan hal terpenting lainnya yaitu mengetahui informasi tentang pasang naik dan pasang surut di spot laut yang anda akan tuju, terutama jika anda ingin memancing di tengah laut menggunakan perahu. Anda juga harus mengetahui perkiraan cuaca, kondisi ombak agar perjalanan anda tidak terganggu. Kondisi ombak yang sangat besar jika anda tetap memaksa memancing di tengah laut tentulah akan sangat beresiko. Tips untuk anda adalah, segera melakukan survei lokasi dan menanyakan ke warga setempat tentang pergerakan pasang surut serta kondisi ombak terkini.


Baca Juga: Kolam Pemancingan Tenajar Kertasemaya Indramayu

Persiapan Peralatan Dan Perlengkapan Memancing Malam Hari
Setelah anda punya teman yang bisa diajak untuk mendampingi mancing di laut pada malam hari, dan memastikan kondisi laut aman dengan melakukan survei ke lokasi, tips selanjutnya adalah anda perlu menyiapkan peralatan dan perlengkapan pendukung lainnya agar kegiatan memancing malam anda berjalan sukses. Berikut peralatan dan perlengkapan yang direkomendasikan anda bawa:
  • Joran pancing laut (180cm ke atas)
  • Reel pancing laut (4000 ke atas)
  • Senar atau tali pancing laut (multifilamen atau PE atau senar braided)
  • Rangkaian pancing, senar leaders
  • Kail, timah pemberat, kili-kili, stopper cadangan
  • Umpan udang hidup, udang potongan, hard atau soft lures untuk casting
  • Koja atau korang tempat menyimpan ikan
  • Senter, lampu USB, atau alat penerang lainnya
  • Gunting, pisau lipat, gunting kuku, tang atau alat pemotong lainnya
  • Jaring ikan dengan gagang, hook dengan gagang untuk mengangkat ikan yang berukuran besar
  • Jaket atau penghangat badan karena angin laut pada malam hari biasanya cukup kuat
  • Perbekalan atau logistik seperti makanan, air minum, rokok, kopi, obat-obatan P3K
  • Kacamata anti UV, kaos lengan panjang atau manset, topi lapangan, buff untuk pelindung ketika matahari mulai muncul.
Rangkaian Pancing Mana Yang Dipakai Untuk Mancing Di Laut?
Setelah semua persiapan memadai dan anda sampai di lokasi, persiapkan segala sesuatunya dengan tertib agar anda tidak mengalami kesulitan. Misalnya, kotak umpan dan kotak perlengkapan yang disimpan rapi dan aman, gunting yang selalu tersedia, dan lampu yang siap sedia dan bisa menyala dengan terang. Tips selanjutnya adalah cara memilih rangkaian pancing apa yang akan anda gunakan untuk memancing di laut pada malam hari? Pada dasarnya, ada dua jenis rangkaian pancing yaitu menggunakan pelampung atau rangkaian pancing dasaran atau glosor (termasuk juga teknik ngoncer, mancing dengan menggunakan umpan hidup.


Rangkaian Dasaran Atau Glosor Untuk Mancing Di Laut
Rangkaian Dasaran Atau Glosor Untuk Mancing Di Laut

Perhatikan arus laut di spot mancing laut anda, apakah berombak cukup besar atau dalam kondisi tenang? Jika kondisi permukaan air laut relatif tenang anda bisa menggunakan pelampung berukuran besar dengan menempatkan starlet pada pelampung agar deteksi sambaran ikan bisa terlihat oleh anda karena pada malam hari kondisi akan gelap. Tipsnya. jika kondisi air bergelombang karena ombak anda menggunakan rangkaian pancing glosoran atau dasaran. Atau, teknik casting baik menggunakan hard atau soft lures bisa anda coba. Jadi, tidak ada patokan khusus teknik atau rangkaian mana yang anda pakai ketika mancing malam di laut, anda bisa mencoba teknik apapun dan perhitungkan dengan kondisi air di spot mancing anda.

Nah guys, demikian beberapa tips singkat untuk anda yang berniat mancing di spot laut pada waktu malam hari. Persiapan yang baik akan menghindarkan anda dari kesulitan ketika memancing apalagi kondisi gelap dan anda berada jauh di tengah laut. 

Selamat memancing dan salam strike.....


~aliemsurya~



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Mancing Malam Di Laut"

Posting Komentar

Spam dan Sejenisnya Adalah Penyakit Berbahaya, Jadi Jangan Ditularkan Di Blog Ini Ya Bray