Cara Memodifikasi Bel Pancing Agar Kuat Dan Tidak Mudah Lepas

Cara  Memodifikasi Bel Pancing Agar Kuat Dan Tidak Mudah Lepas


Halo guys! Sudah adakah lonceng atau bel pancing di kotak penyimpanan alat-alat pancing anda? Jika belum, tidak salahnya anda segera membeli karena fungsi alat satu ini akan sangat membantu anda ketika ikan memangsa umpan yang ada di mata kail anda.

Bel atau lonceng pancing adalah salah satu piranti pembantu untuk mendeteksi ketika umpan ditarik oleh ikan. Bel pancing yang biasanya diletakkan dengan cara dijepitkan ke joran akan bereaksi dan menimbulkan bunyi ketika joran bergetar. Getaran joran akibat umpan yang ditarik ikan akan membuat lonceng berbunyi dan saat bunyi semakin nyaring maka anda bisa langsung menghentak joran. Strike!!

Baca Juga: Cara Benar Mengikat Kili-kili Pancing atau Swivel

Kapan Harus Menggunakan Bel Pancing?


Kapanpun saat memancing anda bisa memakai bel pancing yang dijepitkan di joran anda, terutama ketika anda menggunakan joran pancing lebih dari satu.  Penggunaan joran yang lebih dari satu dan menggunakan teknik dasaran atau tidak menggunakan pelampung, akan memecah konsentrasi anda. Mata anda dituntut harus lebih jeli dalam memperhatikan satu demi satu getaran joran ketika umpan disambar ikan.

Dengan menggunakan bel pancing, anda akan dapat mendeteksi sambaran ikan ketika bel berbunyi tanpa harus memperhatikan secara detil. Bel pancing juga akan sangat berguna ketika anda memancing malam hari atau saat kondisi gelap. Bahkan salah satu variasi bel pancing ada yang menggabungkan bel tersebut dengan lampu kecil yang membuat anda semakin mudah mendeteksi ikan telah memakan umpan anda. Jadi, selain bunyi beli, lampu yang berfungsi sebagai starlite juga akan berkedip ketika joran bergetar.

Baca Juga: Cara Tepat Memasang Udang Untuk Umpan Memancing

Tempat Jual Bel Pancing

Lalu, dimana anda bisa mendapatkan bel pancing? Di toko peralatan pancing terdekat atau langganan anda mungkin ada, guys. Tidak ada salahnya untuk menanyakan. Atau jika tidak ingin repot, anda bisa mencarinya di toko online. Saya sendiri membeli bel pancing ini secara online. Dengan harga yang terjangkau, anda bisa membeli bersama dengan pembelian alat-alat atau perlengkapan pancing lainnya.

Contoh Bel Pancing Yang Dijual Di Pasaran
Contoh Bel Pancing Yang Dijual Di Pasaran


Kelemahan Bel Pancing Yang Ada Di Pasaran

Sayangnya, karena ketidak tahuan dan kecerobohan saya, beberapa bel pancing terbuang begitu saja karena ketika joran dilemparkan bel pancing yang seharusnya saya lepaskan terlebih dahulu masih menempel di batang joran. Akibatnya, daya cengkram bel pancing yang kurang kuat membuatnya terlepas dan jatuh ke air.

Baca Juga: Cara Memasang Senar Ke Reel Pancing

Setelah diperhatikan, hampir semua bel pancing yang saya beli memiliki kait penjepit yang kurang kuat. Itulah yang menyebabkan bel pancing sering terlepas. Untuk itu untuk antisipasi dadakan, saya mengikatnya dengan karet atau merekatkan bel pancing dengan menggunakan selotif. Masalahnya, kadangkala ikatan menggunakan karet juga kurang begitu kuat, apalagi ketika karet terkena panas dalam jangka waktu cukup lama, akibatnya ketika kita melontarkan joran dengan keras, ikatan karet terlepas bersama bel pancing yang ikut terlempar ke air.. Apess!!

Modifikasi Dadakan Bel Pancing Menggunakan Selotif
Modifikasi Dadakan Bel Pancing Menggunakan Selotif


Cara Memodifikasi Bel Pancing Agar Kuat

Berbekal pengalaman beberapa kali bel pancing terlepas dari ujung joran, akhirnya saya mencoba cara sangat sederhana dengan memodif holding bel tersebut supaya bisa mencengkram erat di joran dan tidak mudah lepas ketika joran dilontarkan. Berikut cara memodifikasi bel pancing agar kuat dan tidak mudah lepas:

  • Siapkan binder klip (sesuaikan dengan ukuran joran, apakah akan di pasang di ujung, ditengah atau di bagian bawah joran). Semakin ke ujung joran, maka anda membutuhkan binder klip dengan ukuran yang kecil.
  • Lepas salah satu bel dari holder bawaannya. Anda bisa dengan mudah melepasnya dengan cara dicabut atau melepasnya dengan menggunakan tang.
  • Siapkan lem besi (lem korea) yang kuat, dan pasang bel dengan cara merekatkannya ke bagian punggung binder klip
  • Tunggu sampai kering dan tambahkan kembali lem besi agar rekatan ke binder klip semakin kuat. Tunggu sampai benar-benar kering
  • Atur posisi bel agar bisa sejajar dengan binder klip dengan cara menarik dan membengkokkan pegas.
  • Bel atau lonceng pancing siap digunakan untuk memancing
Baca Juga: Cara Memilih Dan Membuat Rangkaian Senar Leader Pancing

Cara  Memodifikasi Bel Pancing Menggunakan Lem Besi dan Binder Klip
Cara  Memodifikasi Bel Pancing Menggunakan Lem Besi dan Binder Klip



Nah, demikian ya guys, cara memodifikasi bel atau lonceng pancing agar bisa melekat erat di joran dan tidak mudah lepas ketika joran dilontarkan.

Salam mancing mania,

-aliemsurya-

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Memodifikasi Bel Pancing Agar Kuat Dan Tidak Mudah Lepas"

Posting Komentar

Spam dan Sejenisnya Adalah Penyakit Berbahaya, Jadi Jangan Ditularkan Di Blog Ini Ya Bray