Rahasia Teknik, Umpan dan Tips Memancing Di Dermaga Agar Hasil Tangkapan Optimal

Rahasia Teknik, Umpan dan Tips Memancing Di Dermaga Agar Hasil Tangkapan Optimal

Memancing di jembatan, dermaga atau daerah sisi pantai yang dekat dengan pelabuhan membutuhkan persiapan yang jitu dan matang agar anda mendapatkan hasil tangkapan yang optimal dan tidak dikasih "B" (Boncos ..hahaa). Alasannya simpel, guys. Siapa sih anglers yang mau ketika mancing tapi tidak mendapatkan hasil sama sekali? Apalagi mancingnya keluar biaya seperti beli umpan, ongkos menyebrang menuju dermaga, belum untuk beli rokok dan cemilan. Pasti ada rasa kesal, bete dan penasaran. Kenapa ikan tidak mau makan umpan? Apakah tidak ada ikan di dermaga, ataukah tidak menggunakan rangkaian pancing yang tepat untuk digunakan di dermaga?


Spot Mancing Dermaga Ancol Jakarta Utara
Spot Mancing Dermaga Ancol Jakarta Utara


Mengapa Ikan Tidak Mau Menyambar Umpan?

Saya yakin semua pemancing pasti mengalami "boncosisasi". Tidak selalu mancing itu dapat ikan, banyak hal yang melatar belakangi mengapa saya, anda dan pemancing lainnya tidak mendapatkan hasil sama sekali. Nah, di sinilah kita perlu belajar dari pengalaman. Tidak perlu gengsi untuk cari referensi dan bahkan tidak perlu malu untuk bertanya pada mancing mania lainnya yang kebetulan mancing bersama dengan anda dan dia berhasil mendaratkan ikan dalam jumlah lumayan.

Baca Juga: Berburu Kakap Putih Di Dam Kedaton Bungko Cirebon

Berangkat dari pengalaman di atas, tulisan ini mencoba merangkum beberapa teknik, umpan dan tips mancing di dermaga agar anda bisa membuat persiapan sebelum berangkat memancing di dermaga. Akan sangat disayangkan jika anda yang belum pernah memancing sekalipun di dermaga lalu berangkat sendiri tanpa dibekali pengetahuan yang cukup mengenai teknik, umpan dan persiapan lainnya.


Tips Memancing Ikan Pinggiran Di Dermaga

Memancing di dermaga tentu saja berbeda dengan mancing di tengah laut. Anda hanya perlu nongkrong di pinggiran untuk menentukan ikan target apa yang akan di pancing. Dermaga juga memudahkan anda karena tidak perlu memancing sambil terombang-ambing di atas kapal atau perahu nelayan. Jadi, yang mengalami mabuk laut, anda akan mendapatkan sensasi fresh ketika mancing di dermaga sambil melihat keindahan air laut di sekitar dermaga.


Baca Juga: Tips Mancing Malam Di Spot Pinggiran Laut

Teknik mancing di dermaga, tentu saja harus disesuaikan dengan ikan target. Ketika anda ingin mencari ikan-ikan kecil di pinggiran dermaga seperti Kerapu, Ikan Kakap Tompel (Tanda-tanda), Samge, Kuro, Kiper, Ketang, Kerong dan kelompoknya, anda hanya cukup mempersiapkan rangkaian pancing dasaran teknik glosor biasa. Silahkan anda lihat cara membuat rangkaian pancing dasaran di tulisan berikut.

Nah, tips agar umpan anda bisa disambar ikan-ikan pinggiran di dermaga ini adalah:


  • Pilih joran yang ujungnya lentur karena rata-rata ikan-ikan kecil dipinggiran ini jika menyambar umpan kadangkala hanya terdeteksi sangat pelan. Kadang hanya berupa tanda joran yang melengkung pelan. Ujung joran yang keras membuat deteksi kurang begitu terlihat. (Simak: Tips Memilih Joran Pancing Yang Tepat).
  • Pilih kail ukuran kecil karena ikan-ikan pinggiran rata-rata memiliki ukuran yang kecil pula.
  • Gunakan teknik dasaran atau glosor dengan 3 sampai 4 mata pancing. Bagi pemula yang belum mengetahui cara membuat rangkaian pancing cabang silahkan simak di sini.
  • Untuk target ikan besar seperti Kakap Putih yang kerap ditemukan di spot sekitar dermaga atau bendungan, anda bisa menggunakan teknik memancing ngoncer atau menggunakan pelampung.
  • Gunakan timah pancing sesuai dengan kondisi ombak. Jika ombak dalam keadaan tenang anda tidak perlu menggunakan pelampung berukuran besar. (Simak tulisan tentang mengenal jenis-jenis timah pancing, di sini)

Umpan Mancing Di Dermaga

Apa umpan jitu untuk mancing di dermaga yang biasa di pakai oleh anglers? Umpan yang paling umum dan lazim digunakan oleh mancing mania di dermaga adalah menggunakan umpan berupa udang kupas atau cacing laut. Aroma udang mati akan sangat menarik perhatian ikan pinggiran. Sementara kulit udang yang dikupas akan sangat memudahkan ikan menyambar umpan. Demikian halnya dengan cacing laut atau cacing kolor yang memang menjadi andalan anglers untuk memancing di pinggiran.
Untuk ikan target yang berukuran besar seperti Ikan Kakap Putih, Ikan Kerapu Besar dan jenis ikan predator lainnya, anglers biasanya menggunakan umpan berupa udang hidup baik dengan teknik mancing menggunakan pelampung, teknik ngoncer maupun teknik dasaran. Bisa juga menggunakan ikan hidup seperti ikan bandeng dan ikan belanak atau ikan kecil lainnya. 

Tidak ada salahnya anda juga menerapkan teknik memancing menggunakan lures baik hard lures maupun soft lures untuk mencoba peruntungan mendapatkan ikan besar yang sedang melipir ke arah dermaga.


Contoh Ikan-ikan Pinggiran Di Sekitar Spot Dermaga
Contoh Ikan-ikan Pinggiran Di Sekitar Spot Dermaga


Teknik Memancing Ikan Baronang Di Dermaga

Salah satu ikan pinggiran yang diburu di sekitar pinggir dermaga adalah Ikan Baronang atau Rabbitfish. Ikan yang sangat lezat saat disajikan dengan cara dibakar ini biasanya harus dipancing menggunakan teknik khusus karena menggunakan pancinh garong. Para garongers (julukan untuk prmancing Ikan Baronang) biasanya menggunakan joran tegek, pelampung gantung dan kail garong dengan umpan lumut laut untuk memancing Ikan Baronang.

Anda harus memancing Ikan Kelinci ini pada siang hari ya, guys. Ikan Baronang merupakan ikan diurnal yang hanya aktif pada siang hari. Pada saat malam hari ikan ini akan bersembunyi di balik batu, karang atau rumpon buatan di sekitar dermaga. Lebih lanjut mengenai tips dan triks memancing Ikan Baronang silahkan akses tulisan ini.


Tips Memancing Di Dermaga Pada Malam Hari

Jika anda berniat memancing di dermaga pada siang hari, maka bersiaplah untuk bertarung dengan panas dan teriknya sinar matahari yang bisa saja akan membuat kulit anda terbakar. Kebanyakan anglers akan berangkat sore hari sampai pagi hari  berikutnya untuk menghindari panas. Jika anda emmutuskan berangkat memnacing malam hari, berikut tips agar anda tidak mengalami kesulitan saat tiba di lokasi.


  • Menyiapkan rangkaian pancing untuk memancing di dermaga sejak dari rumah. Tujuannya agar sesampainya di lokasi anda tidak perlu bersusah payah membuat rangkaian pancing apalagi dalam kondisi malam hari yang kurang intensitas cahaya.
  • Menyiapkan alat penerangan yang cukup seperti senter atau lampu LED yang bisa disambungkan dengan HP atau Powerbank.
  • Menyiapkan jaket atau pakaian hangat karena angin yang cukup kencang di sekitar dermaga pada saat malam hari.
  • Perbekalan makanan dan minuman secukupnya untuk menjaga agar badan tetap hangat.
  • Membawa starlite (stik fosfor) atau bel pancing untuk membantu deteksi ketika ikan menyambar umpan.
  • Membawa lotion anti nyamuk. Jaga-jaga aja guys, kadangkala nyamuknya banyak apalagi jika kondisi angin di sekitar dermaga sedang tidak kencang.


Demikian tips dan triks memancing di dermaga semoga bermanfaat.

Salam mancingers,

-aliemsurya-



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rahasia Teknik, Umpan dan Tips Memancing Di Dermaga Agar Hasil Tangkapan Optimal"

Posting Komentar

Spam dan Sejenisnya Adalah Penyakit Berbahaya, Jadi Jangan Ditularkan Di Blog Ini Ya Bray