Rumah Makan Mina Ayu, Menikmati Kuliner Sambil Mancing Di Tepi Laut

Rumah Makan Mina Ayu, Menikmati Kuliner Sambil Mancing Di Tepi Laut

Mengunjungi suatu tempat sambil menyalurkan hobi itu sangat menyenangkan ya, guys. Ibarat peribahasa "Sambil menyelam minun susu... 😂". Begitupun yang sering penulis alami. Menyalurkan hobi mancing di antara traveling atau acara kuliner bersama keluarga adalah hal yang cukup sering penulis lakukan. Yang penting acara utamanya sukses, mancingnya belakangan untuk refreshing dan menambah suasana keakraban di antara keluarga atau rekan sejawat.


Baca Juga: Menginap Sambil Memancing Di Cipaku Grand Hotel

Salah satu tempat langganan saat pulang kampung dan kumpul keluarga saat lebaran adalah Rumah Makan Mina Ayu di daerah Indramayu. Kebetulan tempat tinggal orang tua penulis hanya membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit untuk menjangkau rumah makan tersebut. Saat libur panjang atau lebaran, tempat kuliner yang berlokasi di Desa Limbangan Kecamatan Juntinyuat Indramayu ini memang cukup ramai dikunjungi pelanggan. Selain tempatnya yang cukup luas, lokasinya yang berada di tepi pantai juga membuat pengunjung bisa menikmati suasana khas pantai sambil berkuliner.


Rumah Makan Mina Ayu, Menikmati Kuliner Sambil Mancing Di Tepi Laut


Tempat Kuliner Khas Laut Di Indramayu

Sekitar laut Indramayu beberapa tempat kuliner menyajikan makanan khas laut seperti ikan laut bakar dari mulai Kakap, Ikan Etong, Ikan Kerapu, Udang Bakar dan masakan lainnya. Kelapa muda juga menjadi minuman wajib untuk membuat segar kondisi badan anda di tengah udara panas sekitar pantai. Oh ya, air kelapa juga obat alami ampuh untuk anda yang mengalami alergi protein dari makanan khas laut seperti udang atau cumi.


Peta Lokasi Rumah Makan Mina Ayu, Menikmati Kuliner Sambil Mancing Di Tepi Laut
Peta Lokasi Rumah Makan Mina Ayu, Menikmati Kuliner Sambil Mancing Di Tepi Laut 


Beberapa saung berbaris rapi, anda bisa memilih tempat makan, apakah duduk di kursi atau lesehan. Dan, tidak pelu lama karena pelayan akan mendatangi anda untuk menanyakan menu yang akan anda pesan.


Baca Juga: Menikmati Kuliner Khas Sunda Sambil Mancing Di Pasawahan Purwakarta


loading...

Harga makanan khas laut di RM Mina Ayu menurut penulis cukup terjangkau. Untuk ukuran keluarga,  enam orang dewasa, 3 orang anak kecil kami merogoh kocek sekitar 350rb rupiah untuk beberapa menu makanan dan minuman yang disediakan. Cukup murah jika dibandingkan di tempat makan seafood apalagi di kota besar seperti Jakarta. Anda juga bisa memilih menu tambahan lain  yang bervariasi seperti karedok, aneka gorengan tahu, tempe, mendoan dan lainnya.



Menu Rumah Makan Mina Ayu, Menikmati Kuliner Sambil Mancing Di Tepi Laut
Menu Rumah Makan Mina Ayu, Menikmati Kuliner Sambil Mancing Di Tepi Laut 


Tempat Bermain Anak Di Tepi Laut

Lokasi yang dekat dengan tepi laut, pihak pengelola RM Mina Ayu juga menyediakan tepi pantai yang cukup bersih untuk anak-anak bermain pasir di tepi pantai. Meskipun tidak.disediakan area bermain, tapi anak-anak sangat antusias bermain pasir dan air di tepi pantai. Kondisi air laut pantai utara Jawa yang kurang begitu bagus juga nampaknya tidak dihiraukan anak-anak. Anda hanya harus mengawasi anak-anak agar tidak bermain air terlalu ke tengah, terutama jika komdisi ombak dan angin yang cukup besar.


Tepi Pantai Rumah Makan Mina Ayu, Menikmati Kuliner Sambil Mancing Di Tepi Laut
Tepi Pantai Rumah Makan Mina Ayu, Menikmati Kuliner Sambil Mancing Di Tepi Laut 


Tempat Mancing Tepi Laut Di Rumah Makan Mina Ayu

Berbekal dari pengalaman pada kunjungan sebelumnya dimana ada beberapa pengunjung dan juga pemancing yang bukan pengunjung RM Mina Ayu yang memancing di sekitar baro (beton penahan ombak), kali ini kami sudah menyiapkan peralatan dan perlengkapan mancing yang akan kami bawa dengan harapan kami bisa memancing di tepi laut atau di sungai yang mengarah ke laut di sekitar RM Mina Ayu.

Setelah acara makan selesai, anak-anak sedang asyik bermain pasir dan air di tepi pantai sambil ditemani emak-emaknya sembari ngerumpi, kamipun bergegas ke pinggir sungai yang mengarah ke laut. Umpan udang kupas dan rangkaian pancing dasaran kami pasang mengingat kami belum sempat mencari udang hidup sebagai umpan mancing di spot RM Mina Ayu ini.


Baca Juga: Kuliner Sambil Mancing Di Rumah Makan Teh Haji Purwakarta

Kondisi ombak yang kebetulan saat kami datang sedang dalak kondisi pasang naik serta angin yang cukup kencang membuat kami tidak punya pilihan selain menggunakan rangkaian pancing dasaran dengan timah cukup besar agar tidak terseret ombak. Resiko menggunakan teknik glosor atau dasaran ini, kail kerapkali tersangkut oleh sampah di dasar sungai yang menurut kami cukup banyak.



Spot Mancing Rumah Makan Mina Ayu, Menikmati Kuliner Sambil Mancing Di Tepi Laut
Spot Mancing Rumah Makan Mina Ayu (Ditandai Warna Merah)


Ikan Target Mancing Di Spot RM Mina Ayu Indramayu

Cerita dari warga dan teman di komunitas mancing setempat, daerah Tirtamaya, Mina Ayu sampai dengan Dadap masih sering di datangi kawanan Ikan Kakap Putih atau Baramundi. Ikan target lain yang kerap terpancing adalah Ikan Kuro, Ikan Kerapu Batu, Ikan Sembilang, serta Kedukang. Melihat kondisi ombak yang kurang bersahabat dan hanya mengandalkan udang kupas kami realisitis paling yang akan menyambar umpan adalah kelompok Catfish, ya paling hebat bisa dapat Kerapu.

Prediksi kami tidak meleset karena baru sebentar melempar umpan, bel pancing yang menempel di joran sudah berbunyi, tanda ikan menyambar umpan, strike Ikan Lundu berukuran sedang. Sampai hampir satu jam kami memancing, tidak ada ikan lain yang menyambar umpan yang kami pasang, hanya Lundu dengan ukuran bervariasi dan di dominasi dengan ukuran kecil sampai sedang.


Baca Juga: Kolam Ikan Bawal Kiloan Di Desa Tenajar Kertasemaya Indramayu

Kami yakin, jika kondisi ombak bersahabat dan menggunakan umpan hidup serta mencoba variasi teknik ngoncer atau menggunakan pelampung, akan banyak yang menyambar selain Lundu. Lundu memang akan sangat mengganggu ketika anda menggunakan umpan udang kupas dan berharap sambaran dari ikan lain, karena Catfish yang juga kerap disebut Ikan Keting ini jumlahnya mendominasi daerah sungai, muara dan tepi pantai utara Jawa.




Demikian guys, ulasan mengenai Rumah Makan Mina Ayu Indramayu, tiga hal sekaligus bisa anda lakukan di sini, kuliner, mengasuh anak yang bermain di tepi pantai dan anda yang hobi mancing bisa menyalurkan hobi memancing anda. Bagi anda yang hanya berniat mancing saja, anda bisa menuju spot dari sisi sungai sebelahnya dengan berjalan menyusuri baro.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

-aliemsurya-

Loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rumah Makan Mina Ayu, Menikmati Kuliner Sambil Mancing Di Tepi Laut "

Posting Komentar

Spam dan Sejenisnya Adalah Penyakit Berbahaya, Jadi Jangan Ditularkan Di Blog Ini Ya Bray