Tips Cara Memancing Ikan Sembilang

Tips Cara Memancing Ikan Sembilang

Apa Itu Ikan Sembilang? 

Ikan Sembilang adalah jenis ikan yang hidupnya di sekitar laut, muara atau sungai yang berbatasan langsung dengan laut. Ikan Sembilang adalah ikan yang tergabung ke dalam kelompok Catfish ordo Siluriformes. Sekilas penampakannya akan sangat mirip dengan Ikan Lele dari warna dan bentuk tubuhnya. Namun Ikan Sembilang jika diamati secara lebih detail terdapat perbedaan sangat menyolok dibandingkan dengan Ikan Lele tawar, yaitu pada bagian patil nya. Ciri khas Ikan Sembilang memiliki tiga patil yaitu sepasang di bagian samping dan satu patil di bagian punggung. Lalu, dari bagian ekor, beberapa sirip menyatu menjadi satu bagian sehingga ekor dari Ikan Sembilang terlihat memanjang seperti ekor belut. Di luar negeri, Ikan Sembilang disebut juga dengan Catfish berekor belut atau Eel-tailed Catfsih.


Tips Cara Memancing Ikan Sembilang
Ikan Sembilang

Jadi perbedaan Ikan Sembilang dengan Ikan Lele yang paling mencolok adalah pada jumlah patilnya serta bagian sirip punggung dan sirip ekornya yang lebih menyerupai belut atau Ikan Sidat. Karakteristik Ikan Sembilang biasanya bergerombol atau berkerumun bersama kawanan lainnya. Sekali anda mendapatkan Ikan Sembilang di satu spot, hampir dipastikan akan ada Ikan Sembilang lainnya dalam jumlah banyak di spot mancing tersebut.


Baca Juga: Jenis-jenis Catfish Populer Di Indonesia Dan Cara Membedakannya

Spot Mancing Ikan Sembilang

Sesuai habitat yang didiaminya, Ikan Sembilang dapat di temukan di air laut dan air payau dan cenderung lebih menyukai daerah laut yang bagian dasarnya berupa lumpur. Untuk itu, Ikan yang terkenal sangat rakus ini dapat di pancing di laut, pinggir laut, dermaga, muara, dam, pintu-pintu air yang ada di sekitar dam dan sepanjang sungai yang secara langsung berbatasan dengan laut. Sepanjang yang penulis amati, beberapa spot mancing Ikan Sembilang adalah sebagai berikut:
Di daerah-daerah lainnya selain yang disebutkan di atas, asalkan ada air laut atau sungai sekitar laut, maka itulah spot yang potensial bagi anda untuk memancing Ikan Sembilang.

Cara Mancing Ikan Sembilang

Memancing Ikan Sembilang bisa menggunakan cara tradisional dengan hanya menggunakan joran biasa atau tegek yang disambungkan dengan tali pancing dan kail. Atau cara kekinian dengan menggunakan joran dan reel. Tergantung dari selera anda dan juga menyesuaikan dengan spot. Jika spot-spot seperti pinggir pintu air, memakai joran tegek akan lebih simpel agar bisa menjangkau bagian-bagian sempit seperti di pojok-pojok pintu air, yang mana, Ikan Sembilang sangat menyukai tempat-tempat ini.

Peralatan Mancing Ikan Sembilang

Peralatan dan perlengkapan yang digunakan untuk mancing Ikan Sembilang meliputi:
  • Joran spining atau joran tegek, panjang 120 cm up
  • Reel 2000 up, untuk antisipasi jika babon Ikan Sembilang yang menyambar
  • Tali pancing nilon atau mono atau PE 0.2 up
  • Timah pemberat menyesuaikan arus air
  • Tali pancing atau senar leaders
  • Kili-kili (swivel) dan peniti (snap)

Waktu Yang Tepat Mancing Ikan Sembilang

Secara umum, waktu yang paling tepat untuk memancing Ikan Sembilang adalah saat pagi hari atau saat air laut beranjak mulai pasang dan sebaliknya saat mulai surut dari pasang maksimal. Ikan ini juga bisa menyambar umpan meskipun kondisi air dalam keadaan keruh karena memanfaatkan indera penciumannya yang tajam.

Rangkaian Pancing Ikan Sembilang

Sebenarnya memancing Ikan Sembilang tidak terlalu rumit, bahkan dengan cara paling sederhana sekalipun ikan ini bisa di pancing. Akan tetapi, jika mengamati karakteristik dan keadaan sekitar spot serta pengaruh gangguan ikan lainnya, rangkaian pancing Ikan Sembilang yang berdasarkan pengalaman saya paling cocok adalah rangkaian pancing dasaran atau teknik glosor dengan menggunakan dua atau tiga rangkaian kail (simpul T). Posisi timah pemberat ada di paling bawah, lalu rangkaian pancing cabang tiga, dan paling atas adalah kili-kili dan peniti.


Rangkaian Pancing Dasaran / Glosor Untuk Ikan Sembilang
Rangkaian Pancing Dasaran / Glosor Untuk Ikan Sembilang

Rangkaian pancing Ikan Sembilang juga bisa dimodifikasi hanya dengan satu mata kail yang posisinya di bawah dan menggunakan timah pemberat dengan lubang di tengah yang di tempatkan setelah kili-kili. Atau, bisa juga menggunakan rangkaian pancing pelampung. Namun, berdasarkan pengalaman, penulis merekomendasikan cara pertama yaitu teknik dasar dengan timah di bawah karena hasilnya paling optimal.


Baca Juga:

Umpan Jitu Untuk Mancing Ikan Sembilang

Ikan Sembilang adalah omnivora yang bisa memakan apa saja yang ditemui di sekitar habitatnya. Untuk itu tidak terlalu susah untuk memancing jenis ikan ini. Namun, agar hasilnya maksimal anda bisa menggunakan umpan yang memiliki aroma amis seperti udang kupas, usus ayam yang dibusukkan, cacing laut atau cacing tanah.


Umpan Mancing Ikan Sembilang
Umpan Mancing Ikan Lele Bisa Digunakan Untuk Ikan Sembilang

Umpan udang hidup yang niatnya untuk memancing Ikan Kakap Putih pun acap kali disambar oleh Ikan Sembilang. Umpan jitu untuk mancing Ikan Sembilang yang paling mudah dan lazim digunakan oleh pemancing adalah udang mati atau udang kupas. Anda bisa memanfaatkan udang-udang yang mati atau lemas di tempat penyimpanan umpan hidup (kembu) yang anda bawa.

Masalah yang kerap muncul adalah umpan-umpan seperti cacing tanah, udang kupas juga sangat diminati oleh Catfish lainnya seperti Ikan Keting atau Ikan Baung. Seringkali umpan yang anda pakai lebih cepat disambar oleh ikan-ikan tersebut, alhasil anda akan lebih banyak mendapatkan Ikan Keting atau Baung dibandingkan Ikan Sembilang. Untuk menyiasatinya, anda bisa mengganti umpan dengan menggunakan udang hidup karena lebih aman dan tidak dimakan ikan-ikan kecil lainnya. 


Baca Juga: Umpan Jitu Untuk Mancing Ikan Lele / Catfish

Racun Patil Dan Mitos Ikan Sembilang

Ikan Sembilang jika dibandingkan dengan Catfish jenis lainnya adalah ikan yang memiliki patil paling beracun. Efek racun Ikan Sembilang bisa bekerja dalam tubuh manusia sampai dengan 24 jam. Korban yang terkena patil Ikan Sembilang akan mengalami gejala keracunan seperti panas dingin, wajah akan pucat, seluruh badan terasa panas dan susah tidur. Rasa sakit akibat terkena racun Ikan Sembilang akan terus bertambah jika tidak lekas diobati. Meskipun ganas, racun ikan ini sangat unik karena tidak mematikan, menempel pada tubuh korban selama sekitar 24 jam. Paling parah mungkin efek racun tersebut bisa terasa sampai tiga hari tiga malam. Setelah itu efek racun Ikan Sembilang ini akan hilang sendiri dan korban kembali sehat seperti semula.

Ikan Babon Sembilang Di Spot Mancing Dam 17 Bungko Cirebon
Ikan Babon Sembilang Di Spot Mancing Dam 17 Bungko Cirebon

Ikan Sembilang juga dianggap oleh beberapa orang memiliki mitos. Mitos Ikan Sembilang bagi ibu hamil, konon katanya bisa membuat janin akan keguguran atau kehilangan janin. Tapi bagi penulis pribadi, itu hanya sekedar mitos karena istri penulis juga mengkonsumsi daging Ikan Sembilang ketika sedang hamil 5 bulan dan bayi kami sehat-sehat saja dan lahir dalam keadaan sempurna.

Baca Juga: Mitos Suami Mancing Saat Istri Sedang Hamil

Manfaat Ikan Sembilang

Selain terkenal karena efek racun dan mitosnya, Ikan Sembilang memiliki manfaat sebagai berikut dan beberapa di antaranya masih menjadi perdebatan karena belum teruji secara klinis:
  • Dapat membantu peroses kehamilan jadi bagi mereka yang belum mendapatkan keturunan ikan sembilang dapat membantu mereka segera mendapatkan keturuanan. 
  • Mengurangi rasa nyeri saat haid 
  • Pelindung jantung (menstabilkan detak jantung) 
  • Menurunkan tekanan darah, 
  • Mencegah penggumpalan darah 
  • Pembentukan sel otak, 
  • Mengurangi artherosklerosis (penyumbatan pembuluh darah) 
  • Mengurangi kadar kolesterol, 
  • Memacu pertumbuhan anak 
  • Memperlancar proses pencernaan 

Cara Mengolah Daging Sembilang

Daging Ikan Sembilang sangat lezat dan lebih bercita rasa dibandingkan dengan Ikan Lele. Masyarakat biasanya lazim mengolah daging sembilang menjadi masakan yang nikmat dengan cara memasak bumbu kuning atau membuat gulai. Sementara untuk Ikan Sembilang berukuran kecil, cukup dengan digoreng untuk merasakan nikmat dan gurihnya daging ikan ini.


Gulai Ikan Sembilang Contoh Olahan Dari Daging Ikan Sembilang
Gulai Ikan Sembilang Contoh Olahan Dari Daging Ikan Sembilang

Demikian ulasan mengenai tips cara memancing Ikan Sembilang. Semoga bermanfaat. Untuk diskusi mengenai mancing dan seputar dunia mancing, silahkan tinggalkan jejak anda melalui komentar di bawah.

-aliemsurya-


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Cara Memancing Ikan Sembilang"

Posting Komentar

Spam dan Sejenisnya Adalah Penyakit Berbahaya, Jadi Jangan Ditularkan Di Blog Ini Ya Bray