Beberapa Tips Jitu Cara Memancing Ikan Kerapu (Grouper Fish)

Beberapa Tips Jitu Cara Memancing Ikan Kerapu (Grouper Fish)


Selain ikan kakap merah,  ikan kerapu menjadi salah satu ikan primadona yang banyak digemari oleh pecinta daging ikan karena cita rasanya yang lembut dan sangat lezat.  Susahnya nelayan menangkap ikan kerapu dengan menggunakan jaring serta belum banyaknya sentra budidaya menjadikan ikan yang dalam bahasa Inggris disebut sebagai Grouper ini memiliki nilai ekonomis sangat tinggi. Itulah mengapa banyak anglers yang antusias memancing ikan yang termasuk dalam famili Serranidae ini.


spot mancing kerapu, rangkaian pancing ikan kerapu, rahasia mancing ikan kerapu, ukuran kail pancing ikan kerapu, umpan jitu ikan kerapu



Mengenal Karakteristik Ikan Kerapu


Penampakan ikan kerapu pada umumnya dapat dideteksi secara mudah karena memiliki tubuh kekar dan mulut yang sangat besar. Kelompok ikan ini memiliki badan yang didesain tidak untuk jarak jauh atau bisa berenang cepat. Ikan Kerapu memiliki ciri khas dari cara makannya yakni menelan mangsa alih-alih menggigitnya. Ikan Kerapu tidak memiliki banyak gigi di tepi rahang, tetapi mereka memiliki lempengan gigi yang sangat keras di dalam faring

Makanan Ikan Kerapu berupa ikan lain, gurita, dan krustasea (udang, kepiting). Beberapa spesies dari Ikan Kerapu cenderung pasif dan lebih suka menyergap mangsa yang mendekat, sementara spesies lain adalah predator aktif. Mulut dan insang mereka membentuk sistem mengisap yang kuat yang menghisap mangsanya dari kejauhan. Mereka juga menggunakan mulut mereka untuk menggali pasir untuk membentuk tempat berlindung mereka di bawah batu besar, mengeluarkannya melalui insang mereka.


ikan kerapu babon, ikan kerapu raksasa, giant grouper, goliath grouper
Ikan Kerapu Raksasa (thefishsite.com)


Kerapu sebagian besar adalah hermafrodit protogin monandrik, yaitu mereka dewasa hanya sebagai dewasa dan memiliki kemampuan untuk mengubah seks setelah kedewasaan seksual. Beberapa spesies kerapu tumbuh sekitar satu kilogram per tahun dan umumnya remaja sampai mencapai tiga kilogram, ketika mereka menjadi betina. Jika tidak ada Ikan Jantan yang tersedia di sekitar habitatnya maka Ikan Betina terbesar dapat mengubah jenis kelaminnya.

Baca Juga: Tips Mancing Ikan Kakap Putih

Ikan Kerapu terbesar (Giant Grouper) seperti yang dikabarkan Malaysia The Star memiliki bobot 18kg ditangkap di perairan dekat Pulau Sembilan di Selat Malaka pada Januari 2008. Sementara Berita Shenzhen di Cina melaporkan bahwa kerapu 1,8 meter menelan hiu terumbu putih 1,0 m di akuarium Dunia Laut Fuzhou. Pada bulan September 2010, sebuah surat kabar Kosta Rika melaporkan kerapu 2,3 ​​m (7,5 kaki) di Cieneguita, Limón. Berat ikan adalah 250 kg (550 lb) dan dipancing menggunakan satu kilogram umpan. Pada November 2013, seekor kerapu berukuran 310 kg telah ditangkap dan dijual ke sebuah hotel di Dongyuan, Tiongkok. (Sumber: Wikipedia)


Ikan Kerapu Yang Ada Di Perairan Indonesia

Di Indonesia, ikan kerapu memiliki harga yang cukup mahal. Citarasa daging dan cukup susahnya mendapatkan ikan ini menjadikan ikan kerapu memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Harga per kilo ikan kerapu saat tulisan ini dibuat adalah harga termahal ikan kerapu mencapai Rp. 420.000 untuk jenis Ikan Kerapu Tikus dan terendah Rp. 79.000,- per kilo untuk Ikan Kerapu Saising.

Berikut variasi dan jenis ikan kerapu yang ada di perairan Indonesia dan beberapa species ikan kerapu yang familiar dan dijual baik di tempat pelelangan ikan maupun di supermarket.

1. Ikan Kerapu Tikus
2. Ikan Kerapu Tungsing
3. Ikan Kerapu Macan
4. Ikan Kerapu Batik
5. Ikan Kerapu Lumpur / Muara
6. Ikan Kerapu Kertang



Ciri-Ciri Spot Mancing Ikan Kerapu

Spot manakah yang cocok untuk memancing Ikan Kerapu? Ikan Kerapu senang bersembunyi di karang, di bawah batu dan beton penahan ombak, di dekat kapal atau perahu yang tenggelam, maupun rumpon-rumpon buatan manusia. Ikan Kerapu kurang menyukai laut dengan dasar lumpur karena lebih menyukai laut dengan dasar batuan atau karang.  Beberapa tempat yang pernah penulis kunjungi dan mendapatkan serangan Ikan Kerapu adalah:

1. Spot Dam (Dermaga) Merah / Hijau Tanjung Priok
2. Spot Mancing Rawa Urip Kabupaten Cirebon
3. Spot Mancing Di Sekitar Pelabuhan Tanjung Priok
4. Spot Mancing Tengah Laut, Pulau Damar, Nirwana, Karang Putri

Selain spot-spot di atas, spot yang memiliki karakteristik sebagai sarang atau habitat Ikan Kerapu seperti yang disebutkan di atas bisa anda coba untuk dijadikan lokasi memancing Ikan Kerapu.

Baca Juga: Tips Ampuh Cara Mancing Ikan Sembilang

Umpan Memancing Ikan Kerapu

Memancing Ikan Kerapu tidak memerlukan umpan khusus. Seperti ikan laut pada umumnya, umpan mancing yang bisa anda gunakan adalah udang hidup maupun udang mati (udang kupas), ikan kecil maupun umpan mainan (lures /minnow). Penulis sendiri pernah melihat seekor Ikan Kerapu berukuran kurang lebih 1 kg yang terjerat kail, di dalam mulutnya masih ada kepiting berukuran sedang. Jadi tidak perlu khawatir mengenai umpan untuk memancing ikan satu ini karena sifat rakusnya yang sangat besar.


Rangkaian Pancing Ikan Kerapu 

Jika anda memancing kerapu di spot baro (beton penahan ombak) atau di rumpon, anda disarankan menggunakan rangkaian pancing dengan pelampung atau ngoncer maupun tanpa menggunakan pelampung dengan teknik nutul. Anda bisa mengatur pelampung agar umpan bisa mendekati rumpon atau sarang lainnya.

Jika ingin menggunakan teknik dasaran/glosor, anda bisa mencobanya dengan menggunakan timah pemberat di posisi gantung (di atas kail). Hal ini untuk menghindari seringnya timah tersangkut di sela-sela beton penahan ombak atau tersangkut di rumpon. Jika menggunakan umpan mati, anda harus memainkan umpan dengan cara menaik-turunkan senar agar nampak seperti umpan hidup yang akan menggoda Ikan Kerapu untuk menyambar.

rangkaian dasaran, timah gantung, timah pancing, fishing bead, rangkaian glosor, rangkaian pancing kerapu



Jika anda menggunakan rangkaian pancing dasaran dengan posisi timah di ujung dan posisi joran anda biarkan tanpa dimainkan, jarang sekali Ikan Kerapu mau menyambar umpan kecuali umpan yang anda pakai sangat aktif dan tidak mudah mati. Seringkali, berdasarkan pengalaman, strike Ikan Kerapu didapat ketika kita sedang berniat menggulung senar pancing. Hal ini disebabkan pada saat anda menggulung senar, umpan terlihat lebih hidup dan menggoda Ikan Kerapu untuk keluar dari sarang dan menyambar umpan yang ada di kail anda.

Baca Juga: Tips Jitu Cara Mancing Ikan Kedukang


Ukuran Kail Dan Senar Pancing Ikan Kerapu

Ikan Kerapu memiliki mulut yang sangat besar. Bahkan untuk ikan yang berukuran kecil sekalipun. Kail dengan ukuran besar size 6-7 ke atas direkomendasikan untuk memancing ikan Kerapu. Jika ukuran kail terlalu kecil, kail sangat rentan untuk ditelan oleh Ikan Kerapu. Untuk senar, berdasarkan pengalaman penulis, tidak terlalu berbeda signifikan antara menggunakan senar monofilamen maupun multi (PE). Namun, jika target Ikan Kerapu yang akan anda pancing berukuran besar (Giant Grouper Fish), maka senar multifilamen (PE) wajib anda gunakan.

Nah guys, demikian beberapa tips cara untuk menancing Ikan Kerapu (Grouper Fish) berdasarkan pengalaman pribadi penulis. Semoga ulasan singkat ini berguna dan masukan serta saran penulis tunggu di kolom komentar.

Salam Strike!



Aliemsurya



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Beberapa Tips Jitu Cara Memancing Ikan Kerapu (Grouper Fish)"

Posting Komentar

Spam dan Sejenisnya Adalah Penyakit Berbahaya, Jadi Jangan Ditularkan Di Blog Ini Ya Bray