Spot Mancing Di Dalam Area Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta Utara

Spot Mancing Di Dalam Area Pelabuhan Tanjung Priok

Halo sobat Aliems' Journey! Bagi anda para anglers yang berdomisili di sekitar Jakarta Utara, beberapa spot mancing laut dan mancing liar di Jakarta Utara bisa dengan mudah untuk diakses seperti spot mancing di Ujung BKT Marunda, Muara Tawar Bekasi, spot mancing Muara Baru, spot mancing Ancol. Di tulisan sebelumnya,  penulis pernah mengulas spot mancing di sekitar Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta Utara yaitu Dam Lampu Merah Tanjung Priok. Silahkan akses di link ini.


spot mancing liar jakarta utara, spot mancing dok kapal DKB, spot mancing pondok dayung, spot mancing tanjung priok, spor mancing pelabuhan


Berbeda dengan spot mancing tersebut di atas yang lokasinya berada di luar area Pelabuhan Tanjung Priok, penulis mencoba untuk mengeksplorasi spot mancing di dalam area Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta Utara. Tulisan ini mungkin salah satu tulisan ekslusif yang penulis buat karena tidak banyak referensi yang tersedia di dunia maya. Informasi mengenai spot mancing di dalam Pelabuhan Tanjung Priok lebih banyak beredar dari mulut ke mulut atau dari komunitas mancing dan grup-grup whatsapp atau facebook.


Baca Juga: Rekreasi Sambil Mancing di Spot Mancing Dermaga Ancol

Oke guys,  pertanyaan pertama mungkin ada di benak sobat Aliems' Journey mengenai spot mancing di dalam Pelabuhan Tanjung Priok,  bolehkah kita memancing di dalam Pelabuhan Tanjung Priok?  Jika boleh bagaimana cara untuk mengakses pintu masuk atau gerbang menuju ke dalam Pelabuhan Tanjung Priok?  Bagi yang belum pernah masuk Pelabuhan Tanjung Priok, sobat pasti bingung bagaimana cara masuk ke Pelabuhan Tanjung Priok. Masuknya dari arah mana,  lalu bagaimana cara bayar tiketnya,  kemudian ke arah mana anda harus mengarahkan kendaraan menuju spot mancing di dalam Pelabuhan Tanjung Priok?

Nah, daripada sobat bingung, silahkan siapkan kopi hangat serta cemilan untuk menyimak tulisan dari saya sekaligus menjawab rasa penasaran dari sobat semua mengenai spot mancing di dalam area Pelabuhan Tanjung Priok.

Penjual Udang Hidup Untuk Umpan Mancing Di Sekitar Pelabuhan Tanjung Priok

Oke guys, penulis adalah angler yang berdomisili di Lagoa Kecamatan Koja. Menuju ke spot di dalam Pelabuhan Tanjung Priok bagi saya hanya membutuhkan waktu kurang lebih 15 menit dengan menggunakan sepeda motor. Jika saya ingin menggunakan umpan berupa udang putih, biasanya saya mengarahkan kendaraan ke arah Banjir Kanal Timur di Marunda terlebih dahulu. Tapi jika hanya menggunakan udang api atau vaname saya hanya perlu ke daerah Pocis (ada yang menyebutnya Bocis) di mana ada beberapa penjual udang baik udang hidup maupun udang mati (kupas). Lokasi Pocis ada di seberang Rumah Sakit Koja dan sejajar dengan Bogasari. Jadi kalau anda dari arah Marunda, Cilincing, Cakung, cari putaran balik sebelum masuk ke gerbang pelabuhan, hanya beberapa meter dari situ ambil jalur lambat (kiri) dan di situ banyak penjual udang hidup maupun mati.

Baca Juga: Spot Mancing Ujung Banjir Kanal Timur Marunda

Perlu diketahui, ada perbedaan sangat mencolok ketika sobat membeli udang di Marunda dengan di Pocis. Ketika Anda membeli udang putih di Marunda, pedagang selalu menambahkan media air laut di wadah udang yang Anda bawa.  Sementara untuk udang api,  udang peci atau vanami yang dijual di Pocis udang hidup hanya dimasukkan ke dalam kantung plastik,  sehingga Anda harus menyiasati udang tersebut agar bisa tetap hidup.

Tenang sobat, anda tidak perlu khawatir karena bisa di siasati dengan menyediakan air laut di dalam wadah yang dilengkapi aerator atau bisa juga menggunakan media es batu yang di atasnya dilapisi dengan kain atau kanebo agar suhu di dalam wadah udang tetap sejuk,  dan sesampainya di spot Pelabuhan Tanjung Priok Anda bisa mengganti media tersebut dengan air laut. Biasanya sih, kalau dari Pocis menuju ke Pelabuhan Tanjung Priok, hanya dengan plastik keresek juga udang ini masih bisa bertahan hidup.

Update, penjual udang putih sudah ada beberapa di sekitar kelurahan lagoa. Sobat bisa search udang bapak Samsuri atau Rubben Berkah Fishing di google. Jadi bagi sobat yang dekat dengan lokasi tidak perlu terlalu jauh ke Marunda untuk membeli udang.

Baca Juga: Spot Mancing Wilayah Cirebon Dan Sekitarnya

Toko Pancing Di Sekitar Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta Utara

Oh ya guys, tepat di seberang penjual udang anda bisa membeli peralatan dan perlengkapan mancing untuk memancing di sekitar Pelabuhan Tanjung Priok. Nama toko pancingnya adalah Toko Pancing David. Mulai dari joran,  reel,  senar pancing,  timah pancing sampai perlengkapan lainnya tersedia cukup komplit di toko pancing yang lokasinya juga cukup dekat dengan Pelabuhan Tanjung Priok.


Lokasi Spot Mancing Di Dalam Area Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta Utara

Lalu, setelah umpan sudah di dapat, ke sebelah manakah kendaraan kita arahkan agar sampai ke spot mancing di dalam Pelabuhan Tanjung Priok?


Spot Mancing Depan Polairud-Kopaska Pondok Dayung Tanjung Priok

Spot Mancing yang pertama adalah di depan Polairud Pondok Dayung Pelabuhan Tanjung Priok. Spot mancing ini sebenarnya adalah tepi laut tetapi di modifikasi sedemikian rupa sehingga mirip dengan sungai dengan sisi-sinya adalah Kantor Polisi Polairud dan Kopaska Pondok Dayung.  Silahkan follow gambar di bawah untuk bisa sampai di tempat mancing gratis di dalam Pelabuhan Tanjung Priok ini.

spot mancing pelabuhan tanjung priok, spot mancing dok DKB, spot mancing pondok dayung, spot mancing polairud priok
Arah Masuk Spot Pondok Dayung & DKB (Dok Koja Bahari)
Dari Gerbang Dekat PT. Jakarta International Container  Terminal (JICT)

Jika anda ingin akses gratis menggunakan sepeda motor,  datanglah pagi hari sebelum jam 7 karena biasanya gerbang khusus untuk akses masuk motor belum ada yang jaga.  Jika anda masuk pada saat sudah ada petugas maka anda akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp 3.000 (Tiga Ribu Rupiah).  Sedangkan untuk mobil,  penulis belum pernah tahu cara untuk bisa masuk ke Pelabuhan Tanjung Priok.

Update, untuk sementara waktu pintu gerbang masuk dari pos 9 (seperti pada gambar di atas belum bisa di lalui untuk akses masuk / hanya bisa akses keluar). Sebagai gantinya sobat bisa akses dari pos masuk 8. Loketnya ke arah terminal tanjung priok lalu putar balik di depan SPBU. Jika sobat bingung, bisa tanyakan ke warga sekitar akses menuju ke pos 8. Bayarnya sama tiga ribu rupiah.

spot mancing pelabuhan tanjung priok, spot mancing dok DKB, spot mancing polairud, spot mancing pondok dayung
Spot Mancing Depan Polairud Pondok Dayung & Ikan Yang Terciduk Di Spot


Yang perlu anda perhatikan mengenai spot mancing di depan Polairud ini adalah sebagai berikut:


  • Spot mancing ini adalah lokasi penyebrangan baik untuk lalu lintas kapal besar pengangkut kontainer,  kapal tongkang,  kapal angkut penumpang,  maupun tempat antar jemput polisi air dan anggota TNI AL (Kopaska).
  • Untuk itu harus ditanamkan dalam pikiran sobat semua, bahwa ini bukan tempat mancing liar, dan jika memang kapal hilir mudik, andalah yang harus mengalah karena anda yang "dianggap" mengganggu kelancaran lalu lintas kapal di sekitar spot.
  • Spot mancing ini hanya diperbolehkan untuk memancing di hari Sabtu,  Minggu atau hari libur lainnya.  Jangan sekali-kali memancing di hari kerja karena anda akan diusir dari spot.
  • Bijaklah dalam memancing. Karena sempitnya spot serta cukup banyak pemancing yang datang di lokasi,  maka usahakan jangan memancing dengan berkelompok karena selain anda dan kawan-kawan akan susah sendiri juga akan mengganggu orang yang akan menyebrang dalam mengakses perahu.
  • Karena tempat penyeberangan yang setiap saat ada orang yang lalu lalang, anda dituntut untuk selalu sigap melihat keadaan sekitar terutama saat akan melempar umpan dan ketika ada kapal mendekat karena bisa jadi senar pancing anda akan tersangkut baling-baling kapal.
  • Karena berdekatan dengan kawasan militer,  selalu tertib dan menjaga kebersihan agar kegiatan mancing anda juga terasa lebih nyaman.

Baca Juga: Spot Mancing Liar Di Banjir Kanal Timur (BKT)

Pertanyaan yang sering muncul terkait spot mancing di Polairud Pondok Dayung Pelabuhan Priok ini beberapa di antaranya adalah:


  • Adakah Penjual Kopi,  Rokok dan Makanan Lainnya di sekitar Spot?  Ada, di tempat parkir motor ada warung untuk membeli kopi,  air mineral,  rokok dan makanan lainnya.
  • Apa ikan target yang sering terciduk di spot mancing ini?  Jika kondisi air sedang bagus, ada cukup banyak ikan yang biasanya terpancing di spot ini,  di antaranya: Ikan Kerapu Muara,  Ikan Tompel/Jenaha, Alu-Alu (Barakuda), Ikan Samge/Gulama,  Ikan Kuro,  Ikan Kuwe,  Kapi-Kapi, Ikan Sembilang, Ikan Kiper (Ketang-ketang)  dan Ikan Baronang.
  • Bolehkan mancing malam di spot mancing Polairud Pondok Dayung Pelabuhan Tanjung Priok?  Boleh dan lumayan nyaman karena lalu lalang kapal tidak sepadat siang hari. Anda juga bisa terhindar dari panas yang menyengat jika memancing malam hari.
  • Rangkaian pancing apa yang cocok digunakan di spot mancing di depan Polairud Pondok Dayung Pelabuhan Tanjung Priok?  Karena rumpon untuk ikan ada di tengah,  anda perlu joran panjang untuk melontarkan umpan dan rangkaian pancing dasaran adalah yang paling sering dipakai di spot ini.


Spot Mancing Di Dalam Dok DKB Koja Bahari

Spot mancing kedua yang sering penulis kunjungi adalah di Dok DKB (Dok Koja Bahari). Spot ini letaknya hanya beberapa meter dari lokasi spot mancing di depan Polairud Pondok Dayung.  Spot mancing ini juga hanya bisa diakses akhir pekan dan hari libur nasional.

spot mancing dok DKB, Dok Koja Bahari, spot mancing tanjung priok, spot mancing pelabuhan
Salah Satu Spot Mancing Di Dalam Dok DKB, Arah Panah Kuning
Menunjukkan Spot Mancing Di Depan Polairud (Masih Di Aliran Yang Sama)


Beberapa perbedaan antara spot mancing di dalam Dok DKB Koja Bahari dengan spot mancing di depan Polairud Pondok Dayung adalah sebagai berikut:


  • Sobat harus masuk ke tempat galangan kapal dan melewati penjagaan security.  Disarankan bertanya terlebih dahulu apakah diijinkan untuk masuk karena adakalanya sedang ada pengerjaan perbaikan kapal yang penting atau ada kunjungan lainnya sehingga pihak luar tidak diijinkan masuk ke area dok.
  • Karena akses yang terbatas,  sobat juga harus bertanya security untuk bisa masuk ke area dok. Saran saya jika anda baru pertama ke lokasi ini,  Anda bisa bergabung dengan pemancing lain yang biasanya pada saat pagi berkerumun di depan gerbang masuk. Anda bisa bertanya-tanya terlebih dahulu atau ikut rombongan untuk masuk ke area dok.
  • Lokasi mancing cukup banyak di dalam dok sehingga Anda bisa leluasa untuk memilih akan memancing di sebalah mana.
  • Ikan terget sangat mirip dengan di spot mancing seperti Kerapu,  Ikan Jenaah, Kapi-Kapi,  Samge dan lainnya. Bagi yang hobi negek Baronang,  spot ini merupakan salah satu spot favorit para garongers.
  • Karena banyak alat berat,  paku,  kabel,  gas dan peralatan lainnya,  selalu waspada dan hati-hati saat memancing agar Anda tidak mengalami cidera atau kecelakaan.
  • Banyak ikan belanak di spot ini, jadi sambil nunggu sambaran ikan target anda juga bisa memasang perangkap ikan belanak. Untuk cara membuat perangkap ikan belanak anda bisa pelajari di sini.

spot mancing dok DKB, spot mancing pelabuhan priok, spot mancing pondok dayung
Beberapa Ikan Yang Terciduk Di Spot DKB Koja Bahari


Baca Juga: Spot Mancing Barramundi Di Dam Bungko Kabupaten Cirebon

Nah guys,  sobat Aliems' Journey,  demikian ulasan mengenai spot mancing di dalam area Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta Utara. Luasnya wilayah Pelabuhan pasti juga banyak spot-spot lainnya di sekitar Pelabuhan. Namun akses yang terbatas menyebabkan tidak semua orang bisa bebas untuk memancing di dalam Pelabuhan. Semoga informasi di tulisan ini bermanfaaat bagi sobat semuanya. 

Sekedar mengingatkan kembali, bahwa spot di dalam pelabuhan Tanjung Priok ini bukanlah spot liar yang anda bisa keluar masuk semaunya. Beberapa area harus steril dari orang yang tidak memiliki akses. Jadi tidak selamanya apa yang penulis cantumkan di blog ini berlaku. Jika ada perubahan aturan, ada pelarangan lainnya, itu di luar pengetahuan penulis. Penulis hanya menceritakan sesuai dengan pengalaman penulis selama mancing di kedua spot di atas.


Masih bingung dan penasaran dengan spot ini? Silahkan tinggalkan jejak sobat di kolom komentar di bawah ya.

Salam Mancing..
-aliemsurya-


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Spot Mancing Di Dalam Area Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta Utara"

Posting Komentar

Spam dan Sejenisnya Adalah Penyakit Berbahaya, Jadi Jangan Ditularkan Di Blog Ini Ya Bray