Cara Melepas Lem Super Yang Terlanjur Merekat Pada Kolongan (Section) Joran Pancing

Cara Melepas Lem Super Yang Terlanjur Merekat Pada Kolongan (Section) Joran Pancing

Halo Sobat Aliems’ Journey! Sobat semua pasti sudah mengetahui apa itu lem super kan? Tentu juga mengetahui bagaimana cara kerja lem super (Super Glue, Power Glue, dan lainnya) yang dalam sekejap bisa merekatkan suatu benda ke benda lain dengan rekatan yang luar biasa kencang. Lem super juga biasa digunakan untuk menyambung benda yang patah atau retak. Demikian juga jika sobat Aliems’ Journey merupakan angler. Pasti sering menggunakan lem super ini untuk tujuan memperbaiki joran, membuat lures atau umpan tiruan, memodifikasi lures dan pelampung, serta untuk tujuan lainnya lainnya.

power glue, melepas rekatan lem super, super glue, kolongan joran pancing, section joran pancing, joran pancing antena


Bahan Yang Terkandung Dalam Lem Super & Sejarah Penemuan Lem Super

Oke guys, yang perlu sobat ketahui dari lem super mengapa sangat cepat membuat rekatan yang sangat solid pada suatu benda adalah bahan yang terkandung di dalamnya. Kandungan Utama dari lem super adalah cyanoacrylates. Tapi tahukah sobat Aliems’ Journey, ternyata penemuan lem super ini adalah hasil dari uji coba yang gagal? Dilansir dari kompas.com Harry Coover sang penemu lem super tidak bermaksud membuat lem tersebut. Pada 1942, Coover tadinya ingin membuat material pembidik pistol dari plastik bening. Untuk tujuan tersebut, Coover dan timnya di Eastman Kodak memeriksa cyanoacrylates. Sayangnya, material ini terlalu lengket sehingga tidak bisa digunakan sebagai tujuan awal yaitu pembidik pistol. Sembilan tahun kemudian, Coover mengawasi para ahli kimia Kodak yang ingin membuat polimer untuk kanopi jet yang tahan panas. Tim ini kembali menggunakan cyanoacrylates. Hasilnya kembali menunjukkan bahan ini terlalu lengket. Selama berjalannya waktu, Coover baru menyadari bahwa dia telah menemukan perekat yang unik. Baru pada 1958, perekat ini kemudian dipasarkan oleh Kodak dengan nama Super Glue. Perekat ini kemudian menjadi terkenal selama Perang Dunia II. Mulanya, lem super ini digunakan untuk memperbaiki tembikar dan pakaian.

lem super, super glue, power glue, alteco, cara melepaskan rekatan lem super, tangan terkena retakan lem super, joran pancing, kolongan joran pancing
Contoh Lem Super


Baca Juga: Tips Cara Memilih Joran Pancing Terbaik

Cara Melepas Lem Super Yang Terlanjur Merekat Pada Kolongan (Section) Joran Pancing

Kembali ke tema mancing ya, guys! Sebagai pemancing saya pribadi sering menggunakan lem super untuk tujuan merekatkan kembali kolongan (ring) atau line guide pada joran pancing. Terutama kolongan joran antena atau joran surfing yang memang rentan terlepas. Yang sering terlepas biasanya bagian ujung joran, tapi tidak menutup kemungkinan juga kolongan pancing nomor dua, tiga dan seterusnya yang terlepas karena kekuatan lem yang sudah sudah pudar. Setelah membersihkan sisa-sisa lem lama yang masih merekat di kolongan joran, saya hanya perlu mengoleskan beberapa tetes cairan lem super untuk merekatkan kembali kolongan joran ke batang joran. Selesai, tunggu sebentar supaya lem kering dan merekat kuat, joran pancing sudah bisa saya pakai kembali.

Baca Juga: Tips Membeli Peralatan Pancing Secara Online

Nah, adakalanya, hal yang sangat simple dalam memasang kolongan joran menggunakan lem super seperti yang saya ceritakan di atas malah membuat sobat Aliems’ Journey kesal manakala sebagian lem super yang belum kering yang sudah anda oleskan ke batang joran ternyata masuk ke sela-sela sambungan (section) pada joran. Akibatnya, bagian section tersebut tidak bisa dipendekkan karena sela-sela lubang antar section terkena lem super. Yang bikin jengkel, bagian section anda dorong tidak bisa, dipaksa dorong juga takut patah, pakai alat percuma, mau nunggu daya tahan lem super pudar? Sampai berapa lama anda akan menunggu karena daya cengkeram lem super yang luar biasa kuat? Anda mau bawa joran antena tersebut juga berasa aneh karena tidak ringkas seperti sebelumnya. Dimasukkan ke dalam tas mancing juga mengganggu karena lebih panjang dari biasanya.

Tenang ….!! sobat Aliem’s Journey tidak usah khawatir, ternyata ada kok cara simpel yang manjur untuk bisa melepaskan atau membukan cengkraman lem super yang terlanjur merekat ke sela-sela section batang joran pancing. Ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut ya, guys.

  • Rebus air hingga mendidih (tidak perlu banyak, satu mangkok atau baskom kecil sudah cukup)
  • Siapkan mangkuk, atau baskom kecil.
  • Tuangkan dua – tiga sendok sabun cair pencuci piring merek apa saja.
  • Setelah air mendidih, segera tuangkan ke dalam baskom berisi sabun cair tersebut lalu aduk merata
  • Siapkan kuas / sikat gigi bekas atau sendok, lalu celupkan ke baskom dan oleskan atau teteskan ke bagian sela-sela section batang joran yang terkena lem. Ulangi beberapa kali, sambil coba putar-putar bagian yang terkena lem tersebut.
  • Setelah dirasa cukup, diamkan beberapa saat (15-30 menit).
  • Kisaran waktu 15 menit anda sudah bisa mencoba untuk memutar dan biasanya lem akan terlepas dari dalam sela-sela section batang joran tersebut.
  • Jika masih belum dan lem yang masuk lebih banyak, silahkan ulangi lagi dari awal dan tunggu sampai 30 menit berikutnya.

Pengalaman penulis, 15 menit sudah cukup untuk melepaskan rekatan lem di sela-sela section batang joran tersebut. Nah guys, demikian ulasan mengenai cara melepas lem super yang terlanjur merekat pada kolongan joran pancing. Sobat Aliems’ Journey bisa mencoba ke benda lainnya yang memiliki sumbu putar, atau sambungan lainnya yang terlanjur terkena rekatan lem super. Selamat mencoba dan semoga berhasil.


Aliemsurya



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Melepas Lem Super Yang Terlanjur Merekat Pada Kolongan (Section) Joran Pancing"

Posting Komentar

Spam dan Sejenisnya Adalah Penyakit Berbahaya, Jadi Jangan Ditularkan Di Blog Ini Ya Bray