Cara Tepat Melepas Rangkaian Pancing Yang Tersangkut Di Dasar Spot Mancing

Cara Tepat Melepas Rangkaian Pancing Yang Tersangkut Di Dasar Spot Mancing

Semua anglers baik yang suka spot pingiran maupun di tengah laut tentu mengalami momen ketika rangkaian pancing yang dipakainya tersangkut di dasar spot mancing. Entah itu tersangkut karang, tersangkut rumpon, atau yang paling sering tersangkut sampah di dasar spot mancing. Saat rangkaian pancing tersangkut, itulah momen yang paling menjengkelkan untuk semua anglers. Tidak hanya membuang banyak waktu untuk bisa melepas rangkaian pancing yang tersangkut tadi, tapi juga beresiko besar untuk kehilangan rangkaian pancing karena akan putus ketika tidak bisa lagi mengangkat sangkutan yang ada di dasar spot.


cara melepas rangkaian pancing dari sangkutan, spot mancing banyak sangkutan, Dok DKB
DKB Jakarta Utara, Salah Satu Spot Yang Cukup Banyak Sangkutan


Bukan perkara mudah untuk bisa melepaskan rangkaian pacing dari dasar spot. Jika sangkutan berupa benda-benda yang paten di dalam spot seperti kapal tenggelam, rumpon, karang, atau barang-barang besar lainnya. Bertambah runyam jika leader yang digunakan adalah senar pancing yang berukuran besar dan kuat dan senar utama yang sobat Aliems' Journey pakai adalah senar multifilamen (senar PE). Butuh tenaga ekstra, butuh kesabaran dan juga butuh cara yang tepat agar rangkaian pancing yang tersangkut di dasar spot mancing bisa sobat lepaskan.


Baca Juga: Cara Memilih Reel Pancing Terbaik

Pada umumnya, tanpa perlu berpikir anglers akan langsung mengencangkan drag reel lalu menarik bersama joran pancing. Ini memang cara yang paling tercepat ya sob, tapi dengan cara seperti itu tanpa sobat Aliems' Journey sadari akan mempersingkat umur reel pancing anda. Lho, kenapa bisa begitu ya? Lah jelas dong, drag reel yang dikencangkan tujuan utamanya adalah untuk menahan tarikan ikan. Bagaimana jadinya jika bukan ikan yang anda tarik, tapi justru barang-barang di dalam spot yang berukuran berat? Bagaimana jika kejadian tersebut terjadi terus menerus? Pasti akan oleng daleman reel sobat lalu lama kelamaan akan rusak.
loading...


Cara Merawat Reel Pancing Agar Tetap Awet

Lalu, bagaimana sebenarnya cara yang tepat untuk melepaskan rangkaian pancing yang tersangkut di dasar spot mancing? Oke, sob simak tips berikut ya untuk meminimalisir kerusakan reel pancing sobat Aliems' Journey pada saat melepaskan rangkaian pancing yang tersangkut di dasar spot.


  • Langkah pertama dan reflek awal pada setiap anglers biasanya akan mengankat joran agak tinggi sambil menegangkan senar. Langkah ini adalah untuk menjajaki seberapa besar potensi untuk bisa menarik sangkutan dari dalam spot. Jika dengan langkah ini rangkaian pancing tidak bergeser, dipastikan tersangkut di benda yang akan sulit di angkat. Tapi jika rangkaian bisa bergeser, lanjutkan untuk menarik dan menggulung reel.
  • Langkah berikutnya jika rangkaian pancing tidak bergeser adalah segera kendorkan drag pancing atau buka bail arm (posisi seperti saat akan melempar umpan). 
  • Lalu tarik tali dari ujung joran menggunakan lengan. Jika masih susah, pakai bantuan sarung tangan terus di belit beberapa kali.
  • Jika masih kesulitan juga gunakan alat seperti tank, balok kayu atau alat lainnya untuk membelit tali pancing beberapa kali dan tarik sekuat tenaga untuk memutuskan rangkaian pancing. Kekuatan leader dan senar tali utama menentukan posisi di mana rangkain pancing tersebut akan terputus.
cara merawat reel agar awet, cara membersihkan reel pancing
Reel Pancing Bisa Dikondisikan Berumur Lama Dengan Perawatan
dan Tidak Menarik Rangkaian Pancing Yang Tersangkut Langsung Dari Reel



Baca Juga: Cara Benar Membersihkan Reel Pancing Setelah Dipakai

Nah, selesai ya sob! Dengan cara seperti yang diurutkan di atas, sobat Aliems' Journey berhasil menjaga reel pancing agar tetap awet dan hanya ditujukan untuk fight melawan ikan yang sudah hooked up. Reel pancing bukan untuk menarik berbagai macam benda yang tersangkut dari dasar spot memancing sobat semuanya. Silahkan rasakan sendiri perbedaan reel pancing yang sering untuk menarik berbagai sangkutan dari dasar spot dengan reel pancing yang terjaga dan hanya untuk fight melawan ikan saja. Dan jangan lupa untuk selalu membersihkan serta merawat reel pancing anda agar tetap awet dan berumur panjang.


Salam mancing mania,
aliemsurya


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Tepat Melepas Rangkaian Pancing Yang Tersangkut Di Dasar Spot Mancing"

Posting Komentar

Spam dan Sejenisnya Adalah Penyakit Berbahaya, Jadi Jangan Ditularkan Di Blog Ini Ya Bray