Hasil Mancing Boncos Alias Zonk? Ini Beberapa Penyebab Ikan Tidak Mau Makan Umpan Pancing

Hasil Mancing Boncos Alias Zonk? Ini Beberapa Penyebab Ikan Tidak Mau Makan Umpan Pancing

Kemarin mancing di spot ini, ikan dapat banyak! Kenapa sekarang tidak ada satupun ikan yang mau makan umpan, ya? Padahal umpannya sama, persis!
Sobat Aliems' Journey pernah mengalami hal seperti di atas ketika memancing? Pada umumnya seorang angler pasti mengalami momen ketika umpan yang dipasang saat memancing tidak disentuh sama sekali oleh ikan target. Padahal, sehari, dua hari, atau seminggu sebelumnya, memancing di spot yang sama menggunakan umpan yang sama persis hasilnya sangat bagus. Boncos alias zonk ketika sobat memancing adalah hasil yang tidak bisa sobat hindari. Ibaratnya sudah takdir, sama halnya ketika sobat mendapatkan hasil yang bagus padahal prediksi dari sobat sebenarnya hasilnya akan kurang bagus.

kenapa ikan tidak mau makan umpan, tips mancing agar tidak boncos, zonk, boncos, mancing boncos


Kenapa Ikan Tidak Mau Makan Umpan Mancing?

Sebagian sobat pasti penasaran dong, kenapa ikan yang kemarin galak dalam menyambar umpan tiba-tiba sama sekali tidak melirik umpan? Banyak faktor yang menyebabkan kenapa umpan yang sobat pasang ketika memancing tidak dimakan oleh ikan. Simak ulasannya berikut.

Tidak Ada Ikan atau Ikan Jumlahnya Minim 

Lho, kok tidak ada ikan? Bukannya kemarin mancing hasilnya dapat banyak? Iya, benar sobat dapat banyak. Apakah setelah ditinggal sehari, sobat bisa memastikan tidak terjadi sesuatu apapun di dalam spot? Tentu tidak, kan. Karena sobat tidak mamantau secara terus menerus spot tersebut. Bisa jadi ikan memang tidak lagi menghuni spot tersebut atau jumlahnya hanya tersisa sedikit. Dan di antara yang sedikit tersebut tidak ada yang bernafsu untuk menyambar umpan yang sobat pasang. Migrasi ikan ke spot lain juga menyebabkan spot yang anda pancing tidak ada lagi ikannya. Adapun penyebab migrasi ikan bisa terjadi karena tempat yang sudah tidak nyaman seperti rumpon yang rusak, perubahan kualitas air atau faktor lainnya.

Faktor Umpan

Umpan yang sama dan dipakai lagi di waktu yang berbeda meskipun di spot yang sama belum tentu mendapatkan hasil yang sama. Faktor air mempengaruhi apakah umpan tersebut mudah terlihat oleh ikan dan membuat ikan bernafsu untuk menyambar atau tidak? Faktor ketersediaan makanan yang sama dengan umpan di spot juga ikut menentukan. Misalnya, sobat memancing menggunakan udang sebagai umpan. Sementara di dalam spot, ternyata udang yang sejenis dengan umpan juga banyak tersedia. Atau, ada banyak ikan-ikan kecil yang tersedia di spot sehingga ikan target yang sobat akan pancing justru tertarik memangsa ikan tersebut dibandingkan dengan menyambar umpan udang.
loading...

Faktor Air Di Spot Mancing

Sehari setelah sobat tinggalkan spot, faktor air bisa saja berubah baik dari aliran air, tingkat kekeruhan, faktor ombak dan arus di dalam spot, adanya limbah atau polutan lain yang menyebabkan ikan pergi dari spot atau bersembunyi di sarang masing-masing. Faktor-faktor yang menyebabkan perubahan pada air di spot tempat sobat mancing sangat mempengaruhi kenapa ikan tidak mau memakan umpan yang sobat pasang. Kekeruhan air menyebabkan umpan mungkin tidak terdeteksi atau terlihat oleh ikan. Arus bawah yang deras, menyebabkan ikan kesulitan menjangkau umpan. Adanya polutan menyebabkan kadar oksigen terlarut di dalam air menjadi sedikit sehingga ikan mabuk dan menjauh dari spot.

Faktor Cuaca

Turunnya hujan disertai gelombang yang kencang juga mempengaruhi nafsu makan ikan. Beberapa jenis ikan mungkin akan bertambah galak. Jenis lainnya justru bersembunyi dan terganggu dengan arus deras sehingga malas untuk menjangkau umpan dan bersembunyi di sarang. Ombak yang deras, angin, gelombang dan arus bawah menyebabkan umpan juga sulit terdeteksi dengan baik oleh ikan dan mudah terlepas dari kail. Jadi, faktor cuaca juga akan ikut menentukan kenapa umpan yang sobat pasang tidak dimakan oleh ikan.

Faktor Hoki

Yang terakhir jangan lupakan faktor hoki lebih tepatnya takdir dan rejeki. Kemarin mungkin sobat yang mendapatkan rejeki banyak. Nah, kali ini mungkin rekan di samping atau di seberang sobat yang panen strike. Jika semua piranti pancing, rangkaian pancing, umpan dan faktor lainnya sama tetapi sobat tidak dikasih rejeki ya, tetap akan zonk. Inilah seni dalam memancing yang perlu sobat ketahui agar bisa memahami bahwa boncos atau zonk hanyalah rejeki yang tertunda hahaha... Jiwa seorang angler sejati tidak akan pudar hanya karena hasil zonk atau boncos. Justru akan semakin tertantang dan penasaran untuk mencoba teknik, umpan dan cara lain agar umpan pancing yang sobat pasang bisa dimakan oleh ikan dan sobat bisa strike.

Salam boncos!

aliemsurya


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hasil Mancing Boncos Alias Zonk? Ini Beberapa Penyebab Ikan Tidak Mau Makan Umpan Pancing"

Posting Komentar

Spam dan Sejenisnya Adalah Penyakit Berbahaya, Jadi Jangan Ditularkan Di Blog Ini Ya Bray