Mengenal Ikan Kodok Barong (Toadfish), Ikan Mirip Kodok Yang Dijuluki Kerapu Batu

Mengenal Ikan Kodok Barong (Toadfish), Ikan Mirip Kodok Yang Dijuluki Kerapu Batu

Pernah mendapat ikan saat memancing, tapi tidak tahu nama ikan tersebut? Lalu, pada saat menanyakan ke pemancing sebelah anda, beberapa di antara mereka satu sama lain tidak sama jawabannya? Hal inilah yang terjadi pada saya ketika pertama kali berhasil mendaratkan seekor ikan aneh berwajah seram, berwarna coklat menyerupai kerapu, dengan ukuran kepala yang dominan besar dibandingkan badannya dan memiliki mulut sangat lebar. Matanya yang posisinya sedikit di atas membuatnya menyerupai katak (kodok) dan ketika dipegang mengeluarkan bunyi teot, teot (mirip bunyi kodok, atau bunyi seperti ikan kerong dan samge).


ikan kodok, kerapu kodok, toadfish, ikan barong, ikan barongan, ikan barongsay, ikan kerapu batu, ikan batu, ikan kodok beracun, ikan kodok bisa dikonsumsi, ikan kodok bisa dimakan
Salah Satu Jenis Ikan Kodok / Barong (Toadfish)



Akhirnya setelah menyimak jawaban dari para angler, saya menandai ikan dengan ciri-ciri tersebut di atas dengan nama Ikan Kodok. Ketika pulang ke Cirebon, angler di sana menyebutnya dengan nama ikan barongan ada juga yang memanggilnya ikan barongsay. Lalu sebagian lainnya ada yang menyebutnya sebagai ikan kerapu batu karena warnanya sangat mirip dengan ikan kerapu. Dan karena sering ada di karang, pasir dan batu-batu di dalam air laut, angler menyebutnya sebagai ikan kerapu batu.


Baca Juga: Mengenal Nama- Nama Ikan Yang Biasa Terpancing Di Pinggiran Laut 

Cukup sulit mencari informasi mengenai kelompok ikan kodok ini. Mencoba menelusuri dalam bahasa Inggris, karena kata kuncinya belum pas tidak mudah menemukan literasi yang cocok untuk ikan kodok ini. Kebanyakan hanya berupa gambar dan bahaya dari ikan kodok ini yang konon mengandung racun. Setelah berselancar ke sana-kemari akhirnya saya menemukan satu kata kunci dalam bahasa Inggris. Toadfish alias Ikan kodok, sesuai dengan namanya. Merujuk pada literasi dari wikipedia, toadfish adalah keluarga Batrachoididae yang merupakan satu-satunya keluarga di ordo Batrachoidiformes yang bersirip seperti ikan pada umumnya. Anggota keluarga ini biasanya disebut toadfish, atau "frogfish": baik nama umum Inggris dan nama ilmiah merujuk pada penampilannya yang mirip dengan katak (batrakhos adalah bahasa Yunani untuk katak).


Tepatkah Ikan Kodok Disematkan Nama Kerapu (Grouper)?

Jika dilihat dari taksonomi perbedaan antara ikan Toadfish dan Kerapu dimulai dari kelompok ordo. Ikan kerapu ada masuk ke dalam ordo Perciformes sementara kelompok ikan kodok tergabung dalam ordo Batrachoidiformes. Jadi secara taksonomi cukup jauh hubungan kekerabatan antara ikan kodok dengan ikan kerapu. Jikalau ada yang menyebutnya sebagai ikan kerapu batu atau kerapu kodok semata-mata hanya kemiripan dari warna tubuh keduanya serta habitatnya yang sama. 


Karakteristik Ikan Barong (Toadfish)

Ikan kodok adalah ikan penghuni dasar perairan, mulai dari daerah dekat pantai hingga perairan dalam. Mereka cenderung bersifat omnivora, memakan cacing laut, krustasea (udang-udangan), moluska (kelompok kerang dan siput), dan ikan lainnya. Mereka sering bersembunyi di celah-celah batu, di antara vegetasi bawah air, atau bahkan menggali sarang di sedimen bawah. Ikan kodok dapat bertahan hidup di luar air selama 24 jam, dan beberapa dapat bergerak melintasi lumpur yang terbuka saat air surut menggunakan siripnya.
loading...

Toadfish adalah predator penyergap yang menyukai substrat berpasir atau berlumpur di mana warna samar dari tubuhnya membantu mereka menghindari deteksi oleh mangsanya. Ikan kodok terkenal karena kemampuan mereka untuk "bernyanyi", jantan khususnya menggunakan kantung renang sebagai alat produksi suara yang digunakan untuk menarik pasangan.


Ikan Kodok (Toadfish) Di Mata Sebagian Angler

Penampakan yang cukup seram dari ikan barong atau ikan kodok ini membuat angler lebih memilih merilisnya kembali alih-alih membawanya pulang. Pada satu percobaan, ikan barong yang landed dilemparkan ke arah beberapa ekor kucing yang kebetulan ada di spot. Tidak ada reaksi dari kucing-kucing tersebut dan membiarkan begitu saja ikan tergeletak di samping mereka. Toadfish juga seringkali membuat angler jengkel karena mulutnya yang sangat besar dan lebar bisa menelan umpan udang hidup yang berukuran besar. Dan, seringkali kail pancing ikut tertelan masuk ke dalam perut ikan ini, sehingga susah sekali untuk mengeluarkannya dari dalam. 


Amankah Ikan Kodok Untuk Dikonsumsi Manusia?

Lalu,  apakah ikan barong aman untuk dikonsumsi oleh manusia? Sampai saat ini belum ada banyak referensi yang saya temukan di internet. Berdasarkan pengalaman pribadi penulis, ikan barong atau ikan kodok aman untuk dikonsumsi. Penulis berani mengkonsumsi ikan ini, karena rekomendasi dari angler lainnya yang pernah memakan daging ikan kodok. Untuk menjawab rasa penasaran dan ingin merasakan seperti apa rasanya daging ikan barong ini, penulis membawanya pulang. Lalu, membersihkan dan memisahkan dagingnya dengan cara langsung memotong di bagian kepala dan langsung mengeluarkan semua isi perut, terakhir mengelupas kulitnya. Yang tersisa hanya daging dari bagian dada ke bawah. Rasa dagingnya menurut pendapat saya agak aneh. Tekstur halus tapi terasa kenyal seperti daging katak dan tidak berasa seperti daging ikan pada umumnya. 


Baca Juga: Jenis-Jenis Ikan Pinggiran Laut Yang Dagingnya Lezat

Mungkin sebagian angler menilai rasa daging Toadfish itu enak. Tapi saya pribadi kurang menyukai tekstur dagingnya. Setelah mengetahui citarasa daging ikan barong, di kesempatan berikutnya jika memancing dan kebetulan mendapatkan ikan kodok ini, saya tidak pernah membawanya pulang dan lebih memilih untuk merilisnya.


Kulit Tanduk Ikan Barong Mengandung Racun?

Ada beberapa kasus yang diceritakan seorang angler bahwa bagian kulit tanduk yang dekat dengan kepala ikan kodok mengandung racun. Penulis sendiri belum pernah mengamati secara detil bagian tersebut. Konon katanya, bagian kulit tanduk dari ikan toadfish ini jika terkena kulit akan terasa sangat sakit dan menimbulkan reaksi seperti orang terkena racun. Saya sendiri belum tahu pasti apakah yang dimaksud angler tadi adalah jenis Toadfish atau justru Stone Fish (ikan batu) yang memang terkenal dengan racunnya dan menjadi salah satu ikan yang ditakuti oleh para penyelam.


ikan kodok, kerapu kodok, toadfish, ikan barong, ikan barongan, ikan barongsay, ikan kerapu batu, ikan batu, ikan kodok beracun, ikan kodok bisa dikonsumsi, ikan kodok bisa dimakan
Bagian Kulit Tanduk Ikan Kodok Yang Terdapat Racun (batamfishing.com)


Demikian ya sobat Aliems' Journey, ulasan mengenai ikan kodok atau ikan barong (toadfish), ikan yang lebih mirip seeokor kodok dan seringkali disebut sebagai ikan kerapu batu. Saran saya, jika sobat mendapatkan ikan ini ketika memancing, dan ragu-ragu apakah layak konsumsi atau tidak, lebih baik di rilis kembali ke habitatnya.

Salam mancing mania,

aliemsurya


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal Ikan Kodok Barong (Toadfish), Ikan Mirip Kodok Yang Dijuluki Kerapu Batu"

Posting Komentar

Spam dan Sejenisnya Adalah Penyakit Berbahaya, Jadi Jangan Ditularkan Di Blog Ini Ya Bray