Cara Membuat Rangkaian Pancing Umpan Lumut

Cara Membuat Rangkaian Pancing Umpan Lumut
Menentukan rangkaian pancing merupakan salah satu hal yang penting dalam memancing. Rangkaian pancing yang tepat dan digunakan untuk spot mancing yang sesuai serta ikan target yang sudah ditentukan memungkinkan hasil yang maksimal untuk sobat Aliems' Journey. Salah satu rangkaian pancing yang populer dan banyak digunakan oleh angler untuk memancing ikan nila (mujair) dan ikan belanak adalah rangkaian pancing untuk umpan lumut.

Baca Juga: Cara Membuat Rangkian Pancing Kamuflase Untuk Ikan Nila

Membuat rangkaian pancing untuk umpan lumut membutuhkan sedikit modifikasi agar umpan bisa mudah menempel di kail tanpa sobat perlu susah payah untuk meletakkannya. Siapkan peralatan dan perlengkapan untuk membuat rangkaian pancing umpan lumut sebagai berikut.
  • Kail untuk memancing ikan Nila atau Ikan Belanak 2 atau 3 pcs (tergantung mau pakai berapa kail)
  • Senar PE ukuran kecil
  • Stopper ukuran kecil atau sedang
  • Kili-kili (atau dengan peniti pancing)
  • Batang cotton bud (pembersih telinga)
Berikut langkah-langkah membuat rangkaian pancing menggunakan umpan lumut.
  1. Potong senar PE sekitar 2 jengkal tangan (30 - 50 cm).
  2. Lipat 2 (dibagi dua) dengan salah satu ujung lainnya lebih panjang dari ujung satunya (Gambar B)
  3. Masing-masing ujung ikat dengan kail (Gambar A)
  4. Bagian ujung lipatan masukkan ke stopper karet atur sampai posisi ke bawah (Gambar C)
  5. Lalu bagian ujung tadi masukkan kembali dalam batang cottong bud (yang sudah dipotong alias tidak ada bagian kapasnya, karena yang diperlukan hanya bagian batangnya).
  6. Terakhir, ikat ujung lipatan dengan kili-kili (Gambar D)
rangkaian pancing lumut, rangkaian pancing umpan lumut, cara membuat rangkaian pancing lumut, rangkaian lumut, cara membuat rangkaian pancing belanak, cara membuat rangkaian pancing nila, cara membuat rangkaian pancing mujair
Cara Membuat Rangkaian Pancing Umpan Lumut


Catatan:
  • Panjangkan ukuran tali PE jika sobat ingin menggunakan 3 kail lalu, salah satu cabang tali bisa menggunakan dua kail.
  • Stopper berfungsi untuk mengatur posisi batang cotton bud di rangkaian pancing lumut sehingga menemukan posisi yang pas ketika digunakan untuk mencelup umpan ke dalam umpan berisi lumut.
  • Jika tidak ada stoper bisa menggunakan karet, manik kecil atau apapun yang bisa berfungsi menahan kedua sisi batang cotton bud.


Cara Menggunakan Rangkaian Pancing Umpan Lumut
Kebanyakan anglers yang belum pernah membuat rangkaian pancing menggunakan umpan lumut akan kebingungan bagaimana cara memasangkan umpan lumut pada rangkaian pancing. Jika lumut sudah sobat dapatkan (biasanya lumut sawah, kolam, atau rawa), maka sobat rendam terlebih dahulu dengan air garam agar tekstur lumut tersebut menjadi lebih lembut. Setelah selesai buang sisa air garam dan masukkan lumut ke dalam wadah yang besar dengan tujuan tangan sobat bisa leluasa mencelupkan rangkaian pancing ke dalam wadah lumut. Wadah yang sering digunakan adalah baskom atau ember. 


Pada saat mencelupkan rangkaian pancing ke dalam wadah sobat hanya cukup memegang batang cotton bud. Celupkan ke wadah dengan gerakkan jari tangan yang memegang rangkaian pancing seperti sedang mengambil air menggunakan gayung. Umpan lumut akan otomatis terbawa menutupi kail pada rangkaian pancing dan tinggal sobat potong sesuai dengan ukuran yang diinginkan (tidak terlalu panjang juga tidak terlalu pendek).


lumut umpan nila, pancing lumut, rangkaian pancing lumut
Lumut Umpan Mancing (Sumber: Nirwana Nusantara)


Demikian cara mudah membuat rangkaian pancing untuk umpan lumut. Jika sobat sudah bisa membuatnya dengan kreatifitas lainnya, sobat juga bisa memodifikasi rangkaian tersebut agar menjadi lebih nyaman dan lebih mudah digunakan.

Aliemsurya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membuat Rangkaian Pancing Umpan Lumut"

Posting Komentar

Spam dan Sejenisnya Adalah Penyakit Berbahaya, Jadi Jangan Ditularkan Di Blog Ini Ya Bray