Karakteristik Dan Keunikan Ikan Kakap Putih (Barramundi) Yang Perlu Angler Ketahui

Karakteristik Dan Keunikan Ikan Kakap Putih (Barramundi) Yang Perlu Angler Ketahui

Halo sobat Aliems' Journey, ulasan kali ini akan merangkum segala hal yang berkaitan dengan Ikan Kakap Putih. Penulis ambil dari berbagai sumber sebagai referensi bagi sobat semua untuk lebih mengenal terutama berbagai keunikan dari ikan kakap putih ini. Ikan kakap putih biasa disebut dengan julukan barramundi adalah spesies ikan yang mendominasi banyak sungai tropis. Lezatnya rasa daging ikan ini ketika di konsumsi dan betapa sulit serta menegangkannya ikan ini ketika ditangkap menjadikan barramundi sebagai ikan target utama dari banyak anglers di Asia Tenggara dan Australia. Sebagai predator air dangkal, ikan kakap putih bisa hidup di air laut lalu bersama kelompoknya bermigrasi ke air tawar. Barramundi juga memiliki keunikan ketika mencapai ukuran dan umur tertentu ketika ikan ini bisa berganti jenis kelamin.


ikan kakap putih, ikan barramundi, baramundi, tips mancing ikan kakap putih, umpan mancing ikan kakap putih, spot mancing ikan kakap putih, morfologi ikan kakap putih, keunikan ikan kakap putih


Secara internasional, barramundi juga dikenal sebagai Ikan Bass Asia atau Australian Sea Bass. Kata Barramundi sendiri diyakini berasal dari bahasa Aborigin yang berarti Ikan Besar. Perlu sobat Aliems' Journey ketahui, ikan ini merupakan ikan endemik yang hanya berada di sebagian perairan Asia Tenggara dan Australia. Pada tahun 1980-an, ikan barramundi mulai dikenal luas seiring dengan meningkatnya penjualan ikan ini untuk tujuan konsumsi.



Ikan Barramundi Bersifat Rakus, Tidak Pilh-pilih Makanan

Sifat pertama dari ikan barramundi yang perlu sobat Aliems' Jouney ketahui bahwa barramundi adalah predator oportunistik. Oportunisme adalah tindakan yang dipandu terutama oleh motivasi mementingkan diri sendiri. Karena kerakusannya demi mempertahankan kelompok dan dirinya sendiri, ikan barramundi bisa memakan hewan apa saja yang dia temui di dalam air. Hewan yang secara umum menjadi mangsa dari ikan kakap putih adalah serangga, laba-laba, udang, ikan jenis lainnya dan bahkan buaya berukuran kecil! Barramundi bisa mengkonsumsi mangsa yang berukuran hingga 60 persen dari panjangnya sendiri. Fantastis!
loading...


Pola Makan dan Ukuran Mangsa Sangat Ditentukan Oleh Ukuran Ikan Kakap Putih.

Pola makan ikan kakap putih dengan ukuran besar terdiri dari 60 persen ikan lain dan 40 persen krustasea (kelompok udang). Sementara ikan barramundi kecil kebanyakan makan udang kecil. Saat suhu air dingin selama musim kemarau, barramundi menjadi kurang aktif dan makan lebih jarang. Akan tetapi pada saat peralihan dari musim kemarau ke musim hujan, suhu air bisa sampai 10 ° C lebih tinggi daripada selama musim kemarau. Pada saat inilah biasanya aktivitas ikan barramundi untuk mencari mangsa akan lebih meningkat. Jadi, jika sobat Aliems' Journey mencari waktu terbaik untuk memancing ikan kakap putih atau barramundi, peralihan antara musim kemarau ke musim hujan adalah watu di mana serangan barramundi akan lebih intens. Sedangkan untuk mendapatkan ikan target dengan ukuran besar (babon), gunakan umpan berupa ikan hidup (biasanya menggunakan ikan belanak), atau menggunakan umpan tiruan (lures).


Baca Juga: Tips Mancing Ikan Kakap Putih (Barramundi) Agar Hasilnya Maksimal

Ikan Barramundi Mengalami Pergantian Jenis Kelamin

Sifat unik dari ikan barramundi lainnya yang mungkin sebagian besar dari sobat Aliems' Journey belum ketahui adalah hermafrodit protandis. Arti dari hermafrodit protandis adalah bisa mengubah jenis kelamin dari yang sebelumnya bejenis jantan menjadi betina. Ikan barramundi mencapai tingkat dewasa untuk pertama kali sebagai ikan jantan fungsional dan kemudian menjalani perubahan jenis kelamin untuk menjadi betina. Studi dan penelitian di Australia menunjukkan ada hubungan antara ukuran dan jenis kelamin.

Kebanyakan Ikan Barramundi dewasa sebagai jantan biasanya berukuran sekitar 50 hingga 60 sentimeter dan mulai mengubah jenis kelamin menjadi betina setelah berukuran sekitar 80 sentimeter, dengan syarat Ikan Barramundi tersebut hanya jika mereka hidup di perairan laut (tidak bermigrasi ke arah muara atau sungai payau). Diyakini bahwa air asin memicu kematangan seksual pada barramundi jantan dan bahwa berdasarkan pengamatan, pejantan ini perlu menelurkan setidaknya sekali sebelum akhirnya berubah menjadi betina. Sangat unik bukan, guys?



Siklus Hidup Ikan Barramundi Cukup Kompleks

Barramundi memiliki siklus hidup yang kompleks yang mencakup fase air tawar, estuarine (muara payau) dan laut. Umumnya, di musim hujan, barramundi dewasa yang matang secara seksual bermigrasi dari air tawar ke muara pesisir dibantu oleh banjir besar yang terjadi di muara sungai. Di Australia, antara bulan September dan Maret di dataran berlumpur dangkal di daerah muara, ikan memiliki suhu dan kondisi salinitas yang paling menguntungkan untuk pemijahan. Pemijahan cenderung terjadi pada malam hari di sekitar waktu pasang kendur dan kemungkinan besar proses pemijahan ini dipengaruhi oleh dengan siklus bulan. Malam setelah bulan penuh (full moon) dan bulan baru (new moon) adalah periode aktivitas pemijahan terbesar ikan barramundi.


Baca Juga: Spot Mancing Ikan Kakap Putih Di Patimban Subang

Larva Ikan Barramundi yang baru menetas menetap di habitat pasang surut atau rawa-rawa pesisir, yang pada umumnya dijadikan sebagai area pembibitan untuk individu hingga usia satu tahun. Barramundi remaja ini biasanya berkembang di laguna mangrove dan dataran banjir selama tahun pertama mereka, dan kemudian pindah ke laut pantai dangkal sebelum bermigrasi kembali ke sungai dan aliran air tawar. Di sini mereka tetap untuk tiga sampai empat tahun berikutnya saat berkembang menjadi dewasa. Sementara itu jika perairan laut habitat barramundi tersebut tidak memiliki akses ke air tawar, mereka akan tetap berada di daerah pesisir dan muara.


ikan kakap putih, ikan barramundi, baramundi, tips mancing ikan kakap putih, umpan mancing ikan kakap putih, spot mancing ikan kakap putih, morfologi ikan kakap putih, keunikan ikan kakap putih
Siklus Hidup Ikan Barramundi


Kelangsungan hidup larva larva dan juvenil (ikan muda) sangat bervariasi dari tahun ke tahun. Meskipun produksi jutaan telur, seperti banyak spesies ikan lainnya, lebih dari 90 persen mati dalam beberapa minggu atau bulan pertama. Tingkat kematian bahkan lebih tinggi pada tahun-tahun dengan curah hujan rendah, suhu air yang lebih dingin, atau ketika mengalami kelangkaan makanan.

Berikut siklus hidup ikan kakap putih (barramundi) yang perlu sobat Aliems' Jouney ketahui:
  • Barramundi menjadi dewasa secara seksual sebagai jantan berusia sekitar tiga hingga empat tahun. Jantan berubah menjadi betina dari sekitar lima atau enam tahun ke depan, tetapi membutuhkan air asin untuk perubahan jenis kelamin ini. Ikan barramundi pada umumnya bisa hidup sampai setidaknya 20 tahun.
  • Pada awal musim hujan (Oktober), barramundi dewasa yang aktif secara seksual bermigrasi dari sungai air tawar ke muara pantai untuk bertelur, melepaskan telur dan sperma ke dalam air. Seekor betina besar dapat menghasilkan hingga 32 juta telur selama musim pemijahan.
  • Hanya 24 jam setelah pembuahan, ikan barramundi hampir siap menetas dari telur.
  • Setelah menetas, larva barramundi belum sepenuhnya berkembang. Mata dan mulut tertutup dan larva harus bergantung pada pasokan nutrisi internal dari kantung kuning telur.
  • Gelombang tinggi dan musim hujan banjir membawa telur dan larva ke habitat bakau dan lahan basah. Pada hari dua atau tiga kehidupan, mata dan mulut terbuka dan larva mulai mencari makanan. Organisme hidup pertama yang dimakan larva adalah plankton kecil.
  • Pada akhir musim hujan (April), dataran banjir mulai mengering dan sebagian besari ikan barramundi remaja bermigrasi ke hulu ke air tawar. Beberapa tetap di habitat estuari (muara)
  • Setelah satu tahun, ikan barramundi telah mencapai ukuran antara 30 hingga 40 sentimeter dan merupakan predator oportunistik yang sangat rakus.


Ikan Barramundi Merupakan Ikan Penghuni Perairan Hangat

Barramundi menghuni berbagai habitat di perairan pesisir, muara dan laguna dalam air yang jernih hingga kedalaman 40 meter. Paling sering, mereka ditemukan di sungai dan anak sungai yang lebar dengan aliran air yang lambat tetapi memiliki aliran air yang kontinyu atau terus menerus. Kakap Putih lebih menyukai suhu air di atas 20 ° celcius dan pada umumnya akan berlindung di sekitar reruntuhan bangunan di dalam air (rumpon), kayu gelondongan yang terendam dan vegetasi yang menjorok (pohon-pohon yang menjorok ke arah air).


Ciri Khas Morfologi Ikan Barramundi

Bentuk khas barramundi dapat mudah dikenali dari bentuk kepalanya yang runcing, dahi cekung, rahang besar membentang di belakang mata dan sirip ekor bulat. Ikan barramundi memiliki sirip punggung dengan tujuh atau delapan duri yang kuat dan sirip dorsal kedua berjumlah sepuluh atau sebelas. Ada perbedaan yang jelas antara barramundi yang diambil dari air asin dan yang diambil dari air tawar. Spesimen barramundi yang diambil dari air asin berwarna kebiru-biruan atau abu-abu kehijauan pada tubuh bagian atas, perak pada tubuh bagian bawah, memiliki sirip kekuningan dan bentuk tubuh umum memanjang.


ikan kakap putih, ikan barramundi, baramundi, tips mancing ikan kakap putih, umpan mancing ikan kakap putih, spot mancing ikan kakap putih, morfologi ikan kakap putih, keunikan ikan kakap putih
Ciri Khas Garis Putih Pada Juvenil Ikan Barramundi


Sementara barramundi air tawar (payau) pada umumnya memiliki tubuh bagian atas yang lebih gelap, bagian bawah tubuh yang berwarna keemasan, sirip gelap, lingkar dalam dan ekor tebal. Tubuh mengandung timbunan lemak yang besar, terutama barramundi yang tinggal di laguna (air yang terperangkap pada suatu tempat karena terhalang oleh pasir atau batu karang). Daging ikan barramundi yang ditangkap dari air tawar (payau) ini sering memiliki rasa berlumpur atau saat dimasak.

Ikan barramundi remaja memiliki struktur dan bentuk seperti layaknya ikan dewasa. Satu-satunya karakteristik yang membedakan ikan remaja dengan ikan dewasa pada barramundi, selain ukuran, adalah adanya garis kepala dorsal putih pada ikan antara satu dan lima sentimeter panjangnya. Jadi, sobat Aliems' Joueney bisa langsung mengetahui jika ikan tersebut masih berusia remaja dengan mengamati ada tau tidaknya garis kepala yang memanjang.


Barramundi Merupakan Ikan Tangkapan Yang Memiliki Nilai Komersial Penting

Barramundi telah mendapatkan reputasi sebagai salah satu ikan konsumsi terbaik di Australia. Sementara di Indonesia, barramundi adalah ikan target favorit yang diburu oleh anglers di sektiar pesisir, laut dalam, hutan mangrove, muara dan sungai-sungai besar yang berhubungan dengan laut. Para anglers sangat menantikan datangnya strike dan pertarungan yang sengit untuk menaklukkan ikan yang memiliki nama latin Lates calcarifer ini. Kebiasaan barramundi yang melompat ke udara ketika mencoba melepaskan diri dari jeratan kail menjadi salah satu sensasi luar biasa yang sangat ditunggu oleh para anglers.


Baca Juga: Spot Mancing Ikan Kakap Putih Di Dam Bungko Kabupaten Cirebon

Selain sesasi saat memancing, daging ikan barramundi yang lezat merupakan daya tarik tersendiri untuk dikonsumsi bersama keluarga. Siapapun tidak akan menyangkal bahwa gulai kepala kakap putih yang disajikan di restoran Padang sangat lezat untuk dinikmati. Beberapa anglers juga sengaja mencari ikan barramundi untuk dijual ke pengepul atau ke tempat pelelangan ikan. Harga per 100 gram daging ikan kakap putih dihargai Rp.10.000 atau Rp. 80.000 jika dijual per kilogram.


Budidaya Ikan Kakap Putih Di Indonesia

Seiring dengan banyaknya penelitian mengenai cara reproduksi dari Ikan Kakap Putih di Indonesia. Beberapa pengusaha pertambakan sukses membudidayakan ikan ini untuk tujuan konsumsi baik menggunakan media keramba maupun media seperti bak atau kolam fiber. Pemerintah melalui Kementrian Kelautan dan Perikanan mendukung dan membantu memfasilitasi para pengusaha budidaya Ikan Kakap Putih. Tahun 2017 yang lalu target produksi daging Ikan Kakap Putih ini mencapai 2.400 ton per tahun. Dengan potensi yang sangat menjanjikan ke depan, siapa tahu ada di antara Aliems' Journey yang tertarik untuk menggeluti budidaya ikan kakap putih. Referensi mengenai budidaya Ikan Kakap Putih juga sudah cukup banyak dan dengan bantuan dari pemerintah, anda bisa sukses menjadi salah satu pengusaha yang bergerak di bidang budidaya ikan barramundi.


ikan kakap putih, ikan barramundi, baramundi, tips mancing ikan kakap putih, umpan mancing ikan kakap putih, spot mancing ikan kakap putih, morfologi ikan kakap putih, keunikan ikan kakap putih
Tempat Budidaya Ikan Kakap Putih


Nah guys, demikian ulasan mengenai karakteristik dan keunikan ikan kakap putih (barramundi) yang perlu ketahui oleh anglerhttps://www.aliemsurya.com/2020/02/karakteristik-dan-keunikan-ikan-kakap.html. Semakin anda mengenal karakteristiknya, anda bisa menentukan kapan waktu yang tepat untuk memancing ikan kakap putih, umpan jitu apa yang bisa sobat gunakan untuk memancing ikan kakap putih, teknik memancing ikan kakap putih serta peluang usaha dari budidaya ikan kakap putih. 

aliemsurya

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Karakteristik Dan Keunikan Ikan Kakap Putih (Barramundi) Yang Perlu Angler Ketahui"

Posting Komentar

Spam dan Sejenisnya Adalah Penyakit Berbahaya, Jadi Jangan Ditularkan Di Blog Ini Ya Bray