Tips Ampuh Memancing Ikan Belanak

Tips Ampuh Memancing Ikan Belanak

Ikan belanak (Moolgarda seheli) sering ditemukan berkerumun di permukaan air laut, daerah muara bahkan masuk ke tambak baik berair payau maupun tambak air tawar yang berbatasan dengan laut. Keseruan memancing ikan yang dalam bahasa Inggris disebut Mullet ini akan terasa jika sobat Aliems' Journey sudah menemukan umpan yang tepat untuk memikat ikan yang mirip dengan Bandeng ini. 

tips mancing ikan belanak, umpan jitu ikan belanak, morfologi ikan belanak, perilaku ikan belanak, rangkaian pancing ikan belanak, spot mancing ikan belanak



Yang perlu sobat ketahui, tidak semua ikan belanak di spot yang berbeda akan tertarik dengan umpan yang sama. Misalnya, di spot A ikan belanak dengan mudah bisa dipancing dengan perangkap ikan menggunakan botol dan tepung terigu, tapi di spot B ternyata tidak ada ikan belanak yang mau mendekati botol melainkan suka terhadap roti tawar, di spot C beda lagi karena ikan belanak di spot ini lebih menyukai umpan gorengan bakwan (bala-bala). Jadi, sobat Aliems' Journey harus lebih kreatif dalam membawa umpan saat memancing ikan belanak. Tidak terpatok pada satu umpan, sobat bisa membawa beberapa umpan sekaligus agar hasilnya lebih optimal.

Baca Juga: Cara Memancing Ikan Belanak Menggunakan Botol Bekas


Mengenal Morfologi Ikan Belanak

Dikutip dari wikipedia, ikan belanak secara umum bentuknya memanjang agak langsing dan gepeng. Sirip punggung terdiri dari satu jari-jari keras dan delapan jari-jari lemah. Sirip dubur berwarna putih kotor terdiri dari satu jari-jari keras dan sembilan jari-jari lemah. Bibir bagian atas lebih tebal daripada bagian bawahnya ini berguna untuk mencari makan di dasar/organisme yang terbenam dalam lumpur. Ciri lain dari ikan belanak yaitu mempunyai gigi yang amat kecil, tetapi kadang-kadang pada beberapa spesies tidak ditemukan sama sekali.


Baca Juga: Tips Cara Mancing Ikan Bandeng

Perilaku & Makanan Alami Ikan Belanak

Perilaku umum yang terlihat pada belanak adalah kecenderungan ikan ini untuk melompat keluar dari air. Menurut peneliti, ada dua jenis lompatan yang dapat dibedakan: lompatan yang lurus dan bersih dari air adalah untuk menghindari predator dan lompatan yang lebih rendah sambil berbalik ke samping yang menghasilkan cipratan yang lebih besar di duga salah satu cara ikan belanak untuk mendapatkan udara yang kaya oksigen untuk pertukaran gas dalam organ kecil di atas faring. Sementara untuk makanan alami ikan belanak biasanya memakan binatang kecil di dalam habitatnya seperti udang atau siput kecil, cacing dan juga lumut-lumutan di dasar perairan.

Spot Mancing Ikan Belanak

Untuk memancing ikan belanak, sobat Aliems' Jouney bisa mendatangi spot mancing ikan belanak di muara laut, sisi dermaga, sungai yang berbatasan dengan laut, tambak liar yang memiliki akses masuk air laut .

Rangkaian Pancing Untuk Ikan Belanak

Jika sobat tertarik memancing ikan belanak, sobat bisa mencobanya dengan cara yang sederhana yaitu membuat perangkap ikan belanak menggunakan botol bekas dan tepung terigu sebagai umpan. Jika sobat belum pernah mencoba, silahkan akses link ini untuk mengetahui cara membuat perangkap ikan belanak dengan menggunakan botol bekas. Namun jika sobat ingin menggunakan alat pancing biasa, sobat bisa mencoba membuat rangkaian pancing belanak dengan umpan lumut yang sama dengan rangkaian pancing umpan lumut untuk memacing ikan mujair atau nila. Yang membedakan mungkin dari ukuran timah pemberat maupun pelampung. 


Baca Juga: Tips Mancing Ikan Kakap Putih (Barramundi)

Rangkaian pancing glosor juga bisa digunakan untuk memancing ikan belanak. Timah yang digunakan tidak perlu besar dan wajib menggunakan kail berukuran kecil (ukuran 3-4) dengan 2 sampai 3 rangkaian cabang. Meskipun lebih menyukai menyambar makanan yang ada di dekat permukaan, karakter ikan belanak yang juga sering mencari makan di dasar perairan sangat memungkinkan untuk menyambar umpan dengan teknik dasaran atau glosor.

Umpan Jitu Untuk Memancing Ikan Belanak

Umpan ikan belanak cukup bervariasi dari mulai roti tawar yang dibentuk bulat atau kotak, potongan gorengan bakwan, terigu goreng yang membalut tahu atau tempe, lumut dicampur dengan terigu, dan umpan racikan lainnya menggunakan bahan baku terigu. Satu yang bisa disimpulkan, terigu adalah bahan makanan yang sangat menarik bagi ikan belanak. Untuk menggunakan umpan, sobat Aliems' Journey cukup memotong roti tawar, gorengan bakwan, terigu tempe atau tahu goreng sesuai yang diinginkan lalu kaitkan di kail. 
Sementara untuk mengolah umpan lumut yang dipadukan dengan terigu, tambahkan garam secukupnya pada lumut di dalam wadah (baskom atau ember) agar tekstur lumut menjadi lembih halus dan lembut. Lalu tambahkan terigu secukupnya sampai lumut dan terigu teraduk sempurna dan mudah diangkat jika diangkat dengan rangkaian pancing lumut yang dicelupkan ke dalam wadah.
loading...


Cara Membuat Umpan Racikan Untuk Memancing Ikan Belanak

Jika sobat Aliems' Journey ingin mencoba membuat salah satu racikan umpan untuk memancing ikan belanak siapkan bahan-bahan berikut.
  • 0.5 kg tepung terigu
  • minyak goreng secukupnya
  • Mentega / Margarin
  • 1 sendok makan garam
  • 2 sendok makan gula pasir
  • 1 atau setengah sachet susu bubuk (biasanya pakai merek Dancow vanila)
  • Air putih secukupnya
Cara membuat umpan racikan untuk memancing ikan belanak menggunakan bahan-bahan di atas adalah campurkan semua bahan diatas, lalu aduk hingga semua bahan tercampur sempurna dan terbentuk adonan yang pulen. Lalu, adonan dikukus selama 30-60 menit. Setelah matang adonan tadi sobat sempurnakan dengan cara ditumbuk hingga semua bahan hancur dan tercampur rata.


Baca Juga: Tips Mancing Ikan Kerapu

Memancing Belanak Bisa Sekaligus Memancing Ikan Kakap Putih Barramundi

Sebagai informasi tambahan tips ampuh memacing ikan belanak berdasarkan perilaku ikan belanak yang suka melompat dari atas permukaan air, sobat Aliems' Jouney bisa mendeteksi apakah spot mancing ikan belanak yang sedang sobat pancingi ada predator atau tidak? Jika ikan belanak melompat lurus tanpa ada cipratan air biasanya ikan belanak sedang menghindar dari kejaran predator. Predator yang kerap mengejar ikan belanak biasanya ikan kakap putih atau barramundi. Jika sobat mendapat ikan belanak dengan ukuran kecil sobat bisa menggunakan ikan belanak yang terpancing tersebut untuk umpan hidup untuk memancing ikan kakap putih dengan teknik ngoncer. Jadi sambil memancing ikan belanak sobat juga bisa ngoncer mancing ikan kakap putih menggunakan umpan ikan belanak berukuran kecil yang sobat dapatkan dari hasil mancing tadi.

-aliemsurya-

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Ampuh Memancing Ikan Belanak"

Posting Komentar

Spam dan Sejenisnya Adalah Penyakit Berbahaya, Jadi Jangan Ditularkan Di Blog Ini Ya Bray