Ikan Remora, Ikan Mirip Telapak Sepatu Yang Selalu Nebeng Ke Badan Ikan Lain

Ikan Remora, Ikan Mirip Telapak Sepatu Yang Selalu Nebeng Ke Badan Ikan Lain
Ikan sepatu begitu nama ikan remora ini dikenal di kalangan angler. Saat ada angler yang mengangkat ikan kerapu berukuran sekitar 2kg dari spot penyebrangan dermaga Pondok Dayung Tanjung Priok Jakarta Utara, untuk pertama kalinya saya melihat ada ikan lain berukuran agak kecil berwarna hitam metalik (mengkilat) yang ikut terangkat karena menempel di badan ikan kerapu tadi. Ikan berwarna hitam ini pada bagian antara kepala dan punggungnya ada alat seperti telapak sepatu. Tapi saat itu, karena tidak terlalu tertarik, saya hanya menanyakan nama ikan apa yang ikut menempel di badan  kerapu itu. Semua angler lain serentak menjawab ikan sepatu! Oke, tidak ada yang istimewa, karena selain ukuran kecil, bentuk ikan yang aneh, ikan ini juga sepertinya tidak layak untuk dikonsumsi.

ikan remora, remoras fish, ikan yang kepalanya mirip telapak sepatu, ikan sepatu, simbiosis komensalisme
Ikan Remora Atau Ikan Sepatu (Pinterest)


Sampai akhirnya di spot yang sama, seminggu sebelum tulisan ini diterbtikan, saya kembali menjumpai ikan berwarna hitam. Kali ini jumlahnya dua ekor dan menempel di sisi kanan-kiri tubuh ikan kakap putih / baramundi (Lates calcarifer) yang berhasil landed dengan bobot kurang lebih 5kg. Dua kali menjumpai ikan sepatu dan menempel di badan ikan yang berbeda (pertama di badan kerapu, yang kedua di badan baramundi) membuat saya cukup penasaran. Pada akhirnya saya mencoba mencari tahu tentang ikan sepatu. Agak terkejut setelah membaca referensi, ternyata ikan sepatu adalah merupakan ikan remora yang notabene adalah salah satu ikan ikonik dan selalu dijadikan contoh untuk suatu hubungan simbiosis komensalisme pada makhluk hidup (satu untung, sementara satu individu lainnya tidak diuntungkan atau dirugikan).


Simbiosis komensalisme pada ikan remora dan hiu karena ikan remora mendapat keuntungan dengan mengisap kulit untuk mengambil makanan dan sisa makanan atau kotoran dari ikan hiu. Ikan remora juga mendapat dua keuntungan sekaligus, yaitu bisa makan dan bisa terlindungi dari predator lain. Lha, iya... ikan mana yang mau mendekati hiu untuk memangsa ikan sepatu, apalagi hiu tersebut berukuran besar? Di sisi lainnya ikan hiu tidak mendapatkan keuntungan apapun dan juga tidak dirugikan oleh kehadiran ikan remora. Nah, yang membuat saya sedikit terkejut adalah, ternyata ikan remora ini tidak hanya menempel di ikan hiu atau pari saja. Bayangan saya, ikan remora ini hanya menempel di ikan yang berukuran jumbo saja. Di spot-spot pinggiran seperti dam atau pelabuhan ternyata ikan remora juga ikut nebeng di badan ikan seperti kerapu dan kakap putih yang berukuran relatif besar. Asumsi saya untuk bobot ikan kisaran 2kg ke atas akan ditumpangi oleh ikan remora karena beberapa kali saya berhasil mendapatkan ikan kerapu atau kakap tompel (tanda-tanda) ukuran setengah sampai 1 kilogram, tapi tidak pernah ditempeli oleh ikan remora ini.

ikan remora, remoras fish, ikan yang kepalanya mirip telapak sepatu, ikan sepatu, simbiosis komensalisme
Ikan Remora / Ikan Sepatu Menempel Di Ikan Kakap 



Mengenal Ikan Remora Atau Ikan Sepatu
Apa itu ikan remora dan seperti apa penampakannya? Ikan remora yang juga disebut dengan ikan penghisap (suckerfish) adalah famili ( Echeneidae ) dari ordo Carangiformes . Ukuran tubuhnya sekitar 30–110 cm tergantung dari spesiesnya. Sirip punggung ikan remora yang khas berbentuk organ oval menyerupai telapak sepatu yang dimodifikasi seperti pengisap dengan struktur seperti klep yang membuka dan menutup untuk melakukan pengisapan dan berpegangan sangat erat ke kulit binatang laut yang lebih besar seperti ikan hiu, pari, ikan pedang, atau penyu. Selain pada hewan laut yang berukuran lebih besar, ikan remora juga bisa menempel pada perahu kecil, dan juga bisa melekat pada penyelam. Ikan rempora juga bisa berenang dengan baik dengan gerakan yang berliku-liku, atau melengkung di dalam air.

Baca Juga: Karakteristik Dan Keunikan Ikan Kakap Putih (Barramundi) Yang Perlu Angler Ketahui


Remora adalah penghuni laut terbuka tropis, tetapi kadang-kadang ditemukan di perairan beriklim atau pesisir jika mereka menempel pada ikan besar yang telah mengembara ke daerah-daerah ini. Jadi, adanya ikan remora yang menempel pada ikan kerapu atau ikan kakap putih di sekitar pelabuhan atau dam kemungkinan besar terjadi karena kedua ikan tersebut adalah ikan-ikan yang sebelumnya mejelajah di laut terbuka dan sedang bermigrasi ke daerah pesisir pantai atau pelabuhan untuk mencari makanan.

Manfaat Ikan Remora
Ikan remora memiliki ukuran relatif kecil dan sampai dengan saat ini belum diketahui apakah ikan ini juga layak dikonsumsi atau tidak. Secara tradisional ikan remora bisa dimanfaatkan untuk mencari penyu di dalam laut. Ikan remora diikat dengan tali dan dilepaskan turunkan ke laut yang masih banyak jumlah penyunya. Ikan remora akan berenang menuju ke tempurung penyu lalu akan melekatkan tubuhnya (melalui alat penghisap) sehingga pada saat tali ditarik, penyu akan ikut terbawa.


Nah, jika pada penyu berhasil, tidak menutup kemungkinan bisa juga dimanfaatkan untuk memancing ikan-ikan besar lainnya karena pada dasarnya ikan remora ini begitu dilepaskan ke laut akan mencari inang untuk ditumpangi dan tentunya ikan yang ditumpanginya memiliki ukuran yang besar. Namun, belum diketahui seberapa besar daya cengkeram dari penghisapnya, apakah jika menempel pada ikan besar, lalu saat ditarik ikan besarnya berontak, apakah ikan remora ini bisa tetap kokoh melekatkan penghisapnya atau justru akan mudah terlepas. Sementara pemanfaatan ikan remora untuk ikan hias biasanya lebih kepada kelompok remora yang hidup di air tawar.

Nah, jika sobat Aliems' Journey penasaran serta suatu saat nanti menemukan ikan remora atau ikan sepatu yang tidak sengaja terangkat bersama ikan berukuran besar, sobat bisa pelajari atau jika mau mencoba memasak dan merasakan citarasa dagingnya atau mencoba menjadikannya sebagai umpan untuk mendapatkan ikan berukuran besar. Siapa tau?

Begitulah ikan sepatu.

Aliemsurya



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ikan Remora, Ikan Mirip Telapak Sepatu Yang Selalu Nebeng Ke Badan Ikan Lain"

Posting Komentar

Spam dan Sejenisnya Adalah Penyakit Berbahaya, Jadi Jangan Ditularkan Di Blog Ini Ya Bray