Reel Pancing Dengan Jumlah Bearing Banyak Kualitasnya Akan Mumpuni?

Reel Pancing Dengan Jumlah Bearing Banyak, Kualitasnya Akan Mumpuni?

Apa itu ball bearing pada gulungan pancing atau reel? Ball bearing adalah komponen yang dirancang untuk membuat reel bergerak lebih cepat, sekaligus mengurangi gesekan antar komponen di dalamnya. Sering disebut ball bearing karena bentuknya berupa bola yang terbuat dari bahan besi (stainless anti karat) maupun dari bahan keramik. Ball bearing pada reel pancing terletak di antara poros tetap di tengah dan roda yang bergerak di bagian luar, untuk memfasilitasi gerakan melingkar. Ball bearing memungkinkan komponen bagian dalam tetap diam, sementara roda bagian luar dapat bergerak untuk melakukan fungsinya. Meskipun akan selalu ada beberapa gesekan pada reel pancing tapi ball bearing akan menjalankan fungsinya untuk membatasi gesekan ini semaksimal mungkin sehingga reel mudah bergerak, lebih sedikit gesekan, dan memiliki kecepatan untuk menggulung senar dengan baik.

fungsi ball bearing, semakin banyak ball bearing reel semakin bagus, komponen ball bearing, cara kerja ball bearing, apa itu ball bearing
Contoh Reel Dengan Jumlah 12 Ball Bearing (Sumber: Tokopedia)


Komponen Ball Bearing Pada Reel Pancing

Komponen ball bearing pada reel pancing terdiri dari raceway, berupa cincin di dalam roda yang menahan ball bearing. Alur yang terdapat pada bagian interior raceway akan menahan bola saat diam dan bisa dengan lancar bergerak jika reel digulung. Bagian berikutnya adalah kandang (cage) yaitu sepotong logam tipis dan ringan yang dimaksudkan untuk menjaga agar bola tetap merata. Posisi kandang terletak di antara raceway dalam dan luar di mana bola berada. Komponen ball bearing selanjutnya adalah bola itu sendiri yang berfungsi mencegah senar pancing kusut saat casting (melempar umpan) dan mengarahkan senar pancing agar kembali menuju spul saat reel pancing digulung. Komponen ball bearing yang terakhir adalah shield (perisai atau pelindung), berupa cakram pelindung di satu atau kedua sisi ball bearing. Fungsi pelindung atau perisai pada ball bearing ini adalah untuk menjaga serpihan benda halus, debu dan kotoran lainnya masuk yang membuat gerakan ball bearing menjadi terhambat.

fungsi ball bearing, semakin banyak ball bearing reel semakin bagus, komponen ball bearing, cara kerja ball bearing, apa itu ball bearing
Komponen Ball Bearing (Sumber: Angling Authority)


Material Apa Yang Seharusnya Dibuat Sebagai Ball Bearing?

Pada umumnya material yang digunakan untuk membuat ball bearing adalah baja biasa, baja tahan karat dan keramik. Ball bearing yang terbuat dari baja biasa memiliki kelebihan lebih murah diproduksi. Jika tidak dilindungi, stainless steel bisa rentan terhadap kerusakan terutama jika digunakan pada air laut karena lebih mudah terkena korosi. Namun, jika sobat Aliems' Journey berencana menggunakan reel di sebagian besar air tawar, dengan perawatan yang tepat, bahan ball bearing dengan stainless steel adalah pilihan yang lebih ekonomis. Kekinian, produsen juga memutakhirkan bahan stainless steel dengan komponen yang anti karat, tentunya reel pancing ini akan dijual dengan harga yang lebih tinggi dibandingkan jika menggunakan baja biasa.


Material yang dipakai untuk membuat ball bearing selain baja adalah keramik. Keuntungan jika ball bearing reel pancing terbuat material keramik, reel pancing mempunyai kecepatan menggulung yang lebih cepat karena bahan keramik lebih ringan dari baja. Ball bearing dari bahan keramik juga memungkinkan bola memiliki lebih sedikit kontak dengan dinding, mengurangi gesekan lebih jauh dibandingkan material baja. Material keramik lebih tahan secara kimia dan karenanya lebih mudah digunakan di lingkungan air asin tanpa khawatir akan terkena karat. Sedangkan kelemahan utama ball bearing berbahan keramik adalah tidak memiliki kekuatan untuk fight jika sambaran datang dari ikan berukuran besar karena bahan keramik lebih rapuh dibandingkan dengan menggunakan baja.

Bagaimana Cara Kerja Ball Bearing Pada Reel Pancing?

Jenis bearing pada reel pancing ada yang berupa bantalan roda (ball bearing) dan ada juga yang memakai bantalan silinder (roller bearing). Dari kedua jenis tersebut, sisi-sisinya ada yang terbuka dan ada juga yang tertutup, disebut double shield. Roller bearing yang searah, pada umumnya diaplikasikan pada reel-reel tipe jigging untuk menghentikan rotor secara halus dan akurat sehingga pemancing tidak terganggu oleh suara atau getaran yang biasanya muncul pada reel-reel yang belum dilengkapi dengan fitur ini. Produsen reel pancing menggunakan istilah mereka sendiri-sendiri dalam menamakan fitur ini seperti super stopper, infinite anti reverse dan lain lain.

Baca Juga: Berikut Kelebihan Reel Pancing Dengan Sistem Power Handle


Tujuan utama dari menempatkan ball bearing pada reel pancing adalah untuk mengurangi gesekan, menciptakan kemudahan gerak, dan meningkatkan kecepatan reel saat memancing. Ball bearing akan sangat membantu kerja reel pancing. Tanpa ada ball bearing maka sobat akan merasa lebih sulit untuk melemparkan umpan atau menggulung senar saat strike. Pada saat melempar umpan, spul yang ada pada reel pancing harus bisa bergerak bebas agar senar pancing bisa terlepas dengan mudah dari dalam spul. Jadi, dengan bantuan ball bearing pada reel pancing sobat, akan memungkinkan untuk melakukan jarak casting maksimum (lemparan yang lebih jauh). Dengan ball bearing anda bisa menghemat tenaga karena tidak perlu bersusah payah dalam menggulung senar atau pada saat fight melawan ikan yang berukuran besar.

Berapa Jumlah Minimum Ball Bearing Pada Reel Yang Direkomendasikan?

Kebanyakan reel yang berkualitas baik akan memiliki setidaknya empat bantalan bola, yang memungkinkan bola untuk terpisah di dalam raceway secara merata dan memberikan beberapa tingkat kontrol gesekan. Empat buah ball bearing umumnya dianggap sebagai jumlah minimal pada suatu reel pancing dan sebagian besar saran menyarankan lima buah ball bearing untuk menghasilkan reel pancing yang berkualitas. Sobat mungkin memperhatikan bahwa beberapa reel pancing diiklankan sebagai 4 + 1 atau 5 + 1. Angka pertama dalam persamaan ini merujuk pada jumlah sebenarnya dari ball bearing, sedangkan +1 mengacu pada roller bearing.

Lebih Banyak Ball Bearing, Maka Reel Pancing Akan Semakin Bagus?

Banyak orang percaya bahwa semakin banyak ball bearing yang dimiliki reel memancing, kualitasnya akan semakin baik. Pendapat ini bisa dianggap benar karena semakin banyak ball bearing, semakin sedikit gesekan yang ada, sehingga secara keseluruhan kerja reel pancing menjadi lebih lancar jika dibandingkan dengan reel pancing yang memiliki lebih sedikit ball bearing. Namun, jumlah ball bearing yang lebih tinggi tidak selalu menghasilkan kinerja yang lebih baik jika kualitas bahan pembuat dari ball bearing tersebut rendah. Sobat mungkin sering melihat melihat spesifikasi reel pancing yang dijual secara online yang memiliki 12 atau 13 ball bearing. Reel tersebut bisa dikatakan bagus, tetapi jika bearingnya berkualitas buruk, maka reel pancing ini belum tentu lebih baik daripada reel lainnya yang hanya dilengkapi dengan 5 ball bearing tetapi dengan kualitas bearing sangat tinggi.

Baca Juga: Agar Reel Tetap Awet, Begini Cara Benar Melepaskan Rangkaian Yang Tersangkut Di Dasar Spot Mancing


Jadi, menentukan kualitas reel pancing tidak semata-mata langsung ditentukan oleh banyaknya jumlah ball bearing yang dipasang, tetapi lebih kepada kualitas dari ball bearing itu sendiri. Faktor lain yang dapat menunjukkan kualitas reel adalah apakah bantalan bola dilindungi atau tidak (memiliki shield atau tidak). Reel pancing mungkin awalnya dapat bekerja sama dengan atau tanpa perisai, namun umur ball bearing cenderung bisa bertahan lebih lama ketika terdapat perisai yang melindungi ball bearing itu sendiri. Banyak yang lebih menyarankan bahwa lebih baik memilih reel yang menggunakan sedikit ball bearing tapi dilengkapi dengan perisai, daripada yang menggunakan banyak ball bearing  tanpa perisai. Perisai juga akan menjadi sangat penting jika sobat menggunakan reel pancing untuk spot laut  (di air asin). 

Begitulah ball bearing.

Aliemsurya

Referensi

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Reel Pancing Dengan Jumlah Bearing Banyak Kualitasnya Akan Mumpuni?"

Posting Komentar

Spam dan Sejenisnya Adalah Penyakit Berbahaya, Jadi Jangan Ditularkan Di Blog Ini Ya Bray