Tips Cara Memancing Ikan Barakuda (Alu-Alu)

Tips Memancing Ikan Barakuda (Alu-Alu)
Ikan Alu-Alu, begitulah nama lokal yang terkenal untuk ikan barakuda (Inggris, barracuda). Ikan yang memiliki tampang seram dengan barisan gigi-gigi yang panjang dan tajam ini merupakan salah satu ikan primadona bagi angler yang hobi memancing di spot laut. Nama latin ikan barakuda (jenis barakuda besar)  adalah Sphyraena barracuda. Anggota dari genus ikan barakuda Sphyraena meliputi  sekitar 20 jenis di antaranya jenis barakuda besar (Sphyraena barracuda), jenis barakuda sirip hiu (Sphyraena acutipinnis), jenis barakuda guinea (Sphyraena afra), jenis barakuda pasifik (Sphyraena argentea) dan jenis barakuda lainnya.

tips mancing ikan barakuda, ikan barracuda, ikan alu-alu, penampakan ikan barakuda, umpan mancing ikan barakuda, cara casting ikan barakuda, morfolodi barakuda, karakter ikan barakuda
Ikan Barakuda Berukuran Besar


Morfologi Dan Karakteristik Ikan Barakuda (Alu-Alu)
Ikan barakuda memiliki tubuh berbentuk memanjang dilengkapi dengan sisik halus. Ciri khas barakuda ada pada bagian mulutnya yang meruncing dengan bagian mulut atas berikuran lebih pendek dari mulut bagian bawah. Memiliki gelembung renang yang besar dan tubuh aerodinamis menyebabkan ikan barakuda memiliki kemampuan berenang yang sangat cepat dan dinamis. Gigi-gigi yang banyak, panjang dan tajam menjadikan ikan yang sangat agresif dalam memburu mangsanya ini sering kali dijuluki sebagai ikan begal (rampok). Seringkali terjadi ketika seorang angler sedang fight dengan ikan lain berukuran kecil atau sedang tiba-tiba mendapat sambaran dari ikan begal barakuda yang mencoba merampok ikan yang sudah terkait di kail angler tersebut.
 


Pada umumnya ikan barakuda berwarna abu-abu gelap, hijau tua, putih, atau biru di bagian atas tubuhnya, dengan sisi keperakan dan perut putih. Warna sisik pada tubuh bervariasi tergantung dari jenis atau spesies barakuda tersebut. Barakuda hidup terutama di lautan, tetapi spesies tertentu, seperti barakuda besar bisa hidup di air payau. Beberapa spesies ikan barakuda tumbuh cukup besar (hingga 65 inci atau panjang 165 cm).

kumpulan ikan barakuda, ikan barakuda dalam kelompok, kawanan ikan barakuda, ikan barakuda
Ikan Barakuda Dalam Kelompok (IDN Times)



Ikan barakuda memiliki karakteristik lebih aktif di malam hari (nokturnal) untuk mulai berkegiatan seperti berburu mangsa dan menjelajah berasama kelompok besarnya. Barakuda kecil sampai sedang hidup secara berkelompok dan akan saling melindungi satu sama lain bila terjadi ancaman. Sementara barakuda berukuran besar umumnya cendurung menyendiri (soliter), meskipun pada beberapa jenis ada yang tetap bersama kelompoknya sampai berukuran besar. Berada dalam kelompok besar menyebabkan barakuda akan saling melindungi satu sama lain, saling belajar untuk bertahan hidup dan berburu. Jika Sobat Aliems' Journey pernah melihat tornado di dalam laut yang terdiri dari ratusan hingga ribuan ikan mungkin itu adalah kawanan barakuda yang tengah mempertahankan keselamatan kelompoknya.

Baca Juga: Karakteristik Dan Keunikan Ikan Kakap Putih (Barramundi) Yang Perlu Angler Ketahui


Habitat Dan Spot Mancing Ikan Barakuda (Alu-Alu)
Secara umum ikan barakuda bisa hidup di semua perairan yang beriklim tropis sedang kecuali Samudra Pasifik Timur dan Laut Mediterania. Menurut penelitian, laut tropis merupakan spot ternyaman yang paling disukai barakuda untuk hidup dan berkembang biak. Ikan barakuda dewasa biasanya menyukai struktur laut yang banyak terumbu karang karena menjadi lokasi strategis untuk berburu (banyak terdapat ikan jenis lain yang berukuran lebih kecil). Jadi, jika sobat ingin memancing ikan barakuda atau alu-alu, lautan dengan banyak terumbu karang adalah spot paling potensial. Meskipun demikian pinggiran dermaga atau kanal-kanal laut yang ada di sekitar dam dan pelabuhan juga sering dikunjungi kawanan barakuda. Ketika ikan yang menjadi mangsa alami dari barakuda biasanya berupa ikan selar, ikan kembung, ikan tembang, cumi-cumi dan dan ikan berukuran lainnya sedang melimpah jumlahnya di sekitar kawasan pinggiran atau laut dangkal, maka potensi spot tersebut untuk disatroni kawanan barakuda akan sangat besar.

Menentukan Waktu Yang Paling Cocok Untuk Memancing Ikan Barakuda
Karakteristik ikan barakuda seperti yang diuraikan di atas adalah lebih aktif untuk berburu pada malam hari (nokturnal), untuk itu waktu yang cocok untuk memancing ikan barakuda adalah saat malam hari. Ikan barakuda sangat mengandalkan ketajaman mata saat berburu mangsa. Mereka akan reaktif terhadap cahaya dan cenderung mendatangi sumber cahaya. Saat pagi, siang atau sore hari sebenarnya jika ikan ini sedang melintas kemungkinan juga akan menyambar umpan, tapi ikan barakuda cenderung lebih pasif saat siang hari dibandingkan dengan saat malam hari. Cocok kan kalau ikan ini dijuluki ikan begal? Tampang seram, galak, dan aktif malam hari..😅

Umpan Jitu Untuk Memancing Ikan Barakuda
Ikan predator seperti barakuda atau alu-alu biasanya menyukai umpan hidup berukuran besar. Jarang sekali ikan barakuda berukuran besar menyambar umpan berupa udang hidup. Karatker ikan barakuda yang umumnya sering berburu dalam kelompok yang berjumlah besar memungkinkan sobat Aliems' Journey akan mengalami strike bertubi-tubi jika mendapatkan momen yang pas (ketika kerumunan ikan barakuda berada di spot yang sobat pancing). Ikan hidup seperti tembang, selar, kembung adalah umpan yang paling sering dipakai jika sobat memancing di tengah laut dengan teknik ngoncer atas (permukaan air). Jika memancing di pinggiran dermaga bisa menggunakan teknik casting menggunakan umpan tiruan atau lures (spoon, popping) atau menggunakan umpan berupa belut.


Rangkaian Pancing Ikan Barakuda
Seperti memancing ikan tengiri, memancing ikan barakuda juga harus memakai senar neklin atau slink kawat sebagai senar leader karena gigi-gigi tajam yang dimiliki oleh barakuda akan mudah merusak leader jika memakai leader berbahan nilon atau fluorocarbon. Baik teknik ngoncer maupun casting, maka wajib hukumnya memakai leader kawat agar tidak putus saat umpan disambar oleh barakuda. Untuk umpan belut biasanya memakai lebih banyak kail yang nantinya akan dikaitkan di seluruh bagian tubuh belut mulai dari kepala sampai ekor. Berikut contoh rangkaian pancing yang digunakan untuk memancing ikan barakuda.

umpan mancing ikan barakuda, rangkaian pancing ikan barakuda, kail untuk ikan barakuda, leader untuk ikan barakuda


Apakah Ikan Barakuda Berbahaya Bagi Manusia?
Dilihat dari tekstur giginya ikan ini sangat patut untuk diwaspadai. Meskipun tampang ikan barakuda sangat seram, kejadian ikan ini menyerang manusia di dalam air sebenarnya jarang terjadi. Tetapi, jika sobat Aliems' Journey sedang menyelam (snorkeling) dan menjumpai ikan ini, tidak disarankan untuk mendekati atau memagang bagian tubuhnya. Ketika memancing dan saat strike sampai mendaratkan ikan ini agar juga selalu waspada dan jauhkan ikan ini dari bagian tubuh anda. 


Rasa Daging Ikan Barakuda
Ikan Barakuda populer baik sebagai makanan dan ikan buruan. Di luar negeri daging ikan barakuda  dimakan sebagai fillet atau steak. Untuk spesies barakuda yang lebih besar, seperti barakuda besar, pernah dilaporkan  menyebabkan kasus keracunan makanan. Mereka yang telah didiagnosis keracunan makanan ini menunjukkan gejala ketidaknyamanan gastrointestinal (perut), kelemahan anggota tubuh, dan ketidakmampuan untuk membedakan panas dan dingin secara efektif. Harga daging ikan barakuda (dijual dalam bentuk fillet) sekitar 65 ribu rupiah per kilogram (6.500 per 1 ons). Untuk rasa daging barakuda sendiri sebenarnya tidak seenak daging ikan kakap atau tengiri. Sebagian besar angler lebih menikmati sensasi saat fight melawan ikan barakuda dibandingkan dengan menikmati rasa daging atau olahan masakannya.

Begitulah barakuda.

Aliemsurya



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Cara Memancing Ikan Barakuda (Alu-Alu)"

Posting Komentar

Spam dan Sejenisnya Adalah Penyakit Berbahaya, Jadi Jangan Ditularkan Di Blog Ini Ya Bray