Mengenal Teknik Memancing Handline

Mengenal Teknik Memancing Handline
Memancing pada umumnya menggunakan joran, reel, tali pancing (senar pancing), kail dan umpan. Tapi kondisi yang tidak memungkinkan membuat angler kadangkala tidak bisa menggunakan peralatan dan perlengkapan standar memancing. Salah satu teknik memancing yang seringkali digunakan angler untuk memancing dari perahu, pinggiran pelabuhan, dermaga atau muara adalah menggunakan teknik memancing handline. Dari namanya, handline hanya mengandalkan tangan tanpa bantuan joran dan reel pancing dan tangan sobat langsung berhubungan dengan senar pancing yang dilengkapi dengan kail. Rangkaian pancing handline sendiri bisa menggunakan pelampung atau menggunakan timah pemberat. Atau juga seperti ngoncer, yaitu membiarkan umpan hidup bebas berenang tanpa pelampung maupun timah pemberat.

handline fishing, memancing hanya menggunakan senar, memancing tanpa joran dan reel, cara memancing handline, teknik memancing handline
Ilustrasi Handline Fishing (Facebook: turtlefiji)


Pada teknik memancing handline, angler memakai botol mineral bekas, gulungan senar atau benda lainnya untuk menempatkan tali pancing dan memasangnya di beberapa titik memancing atau di beberapa bagian perahu. Teknik handline biasanya dilakukan pemancing dengan beberapa alasan berikut:
  • Jumlah joran atau reel yang terbatas. Ketika memancing di atas kapal, biasanya hanya menggunakan satu atau dua joran untuk menjaga fokus saat sambaran datang. Terlalu banyak joran akan membuat kehilangan fokus dan bisa jadi melewatkan datangnya sambaran sehingga ikan lolos, atau joran bisa saja terbawa masuk ke dalam air. Menggunakan teknik handline membuat angler menjadi lebih santai dan tidak perlu khawatir joran terjatuh karena hanya mengandalkan tali atau senar pancing.
  • Digunakan oleh anak buah kapal (ABK) yang membantu kapten, karena kebanyakan saat menunggu angler yang menyewa perahu memancing, ABK ini membantu dengan menggunakan teknik handline karena prakts (tidak perlu bawa reel dan joran).
  • Memancing di spot-spot yang terlarang. Biasanya di area dalam pelabuhan, memancing tidak diperbolehkan apalagi kelihatan membawa joran. Angler menyiasati dengan hanya membawa gulungan tali pancing agar tidak terdeteksi petugas.

Cara Membuat Rangkaian Memancing Teknik Handline
Tidak terlalu sulit untuk membuat rangkaian memancing menggunakan teknik handline. Hanya perlu menyiapkan gulungan senar, kail dan pemberat (ukuran pemberat mengikuti arus dan kedalaman). Angler kebanyakan hanya menggunakan satu buah mata kail yang langsung diikat bisa menggunakan leader atau langsung tersambung dengan tali pancing utama.


Kelebihan Dan Kelemahan Teknik Handline
Kelebihan menggunakan teknik handline tentu saja bisa dilakukan oleh siapapun termasuk oleh pemancing pemula yang belum lihai menggunakan joran dan reel. Teknik handline juga murah meriah karena tidak perlu membeli joran dan reel yang harganya relatif mahal. Kelebihan berikutnya adalah sensasi getaran yang lebih berasa karena tangan langsung memegang gulungan senar pancing. Sedangkan kelemahan atau kekurangan memancing dengan menggunakan teknik handline adalah, resiko tangan terluka saat fight jika ikan yang menyambar berukuran besar. Lalu, karena senar langsung ditarik dengan tangan, sering terjadi ketika menaikkan ikan senar pancing akan kusut.

Tips Memancing Menggunakan Teknik Handline
Bagi sobat Aliems' Journey yang ingin mencoba menggunakan teknik handline saat memancing, berikut beberapa tips agar saat menggunakan teknik memancing yang hanya mengandalkan senar pancing dan kekuatan tangan ini berjalan sukses.
  • Selalu gunakan sarung tangan. Telapak tangan sobat akan bekerja dengan keras jika mendapatkan sambaran ikan yang berukuran besar. Gesekan senar pancing dan kulit tangan akan menyebabkan kulit tangan anda terluka.
  • Ikat dengan kuat gulungan senar atau tindih dengan benda besar ketika anda memakai lebih dari satu buah rangkaian handline. Hal tersebut untuk menghindari agar rangkaian handline yang sobat pasang tidak terbawa saat disambar ikan.
  • Selalu menggunakan senar leader (terutama berbahan flourocarbon) agar rangkaian pancing tidak mudah terdeteksi oleh ikan di dalam air.
  • Menggunakan kail tipe circle hook yang aman tanpa perlu menggentak. Simak selengkapnya mengenai kelebihan kail circle hook lewat tulisan ini.
Nah, demikian ulasan mengenai teknik memancing menggunakan handline. Selamat bermain dengan kekuatan tangan dan lihai-lihailah mengatur dan menggulung senar pancing agar tidak mudah kusut dengan melakukan tips cara membuat senar pancing menjadi kuat, lentur, mudah tenggelam dan tidak cepat kusut melalui ulasan di tulisan ini.

Begitulah memancing.

Aliemsurya

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal Teknik Memancing Handline"

Posting Komentar

Spam dan Sejenisnya Adalah Penyakit Berbahaya, Jadi Jangan Ditularkan Di Blog Ini Ya Bray