Kelebihan Dan Kekurangan Circle Hook, Kail Unik Anti Nyangkut Yang Ramah Terhadap Ikan

Kelebihan Dan Kekurangan Circle Hook, Kail Unik Anti Nyangkut Yang Ramah Terhadap Ikan

Apa kabar sobat Aliems' Journey? Kail pancing (fishing hook) bersama dengan joran, reel dan senar adalah piranti utama dalam memancing. Tanpa ada kail pancing, ikan tidak akan bisa tersangkut ketika menyambar umpan. Kail pancing dengan bahan dan bentuk yang beraneka ragam didesain sedemikian rupa sehingga ketika umpan dimangsa oleh ikan, dengan bantuan gentakan atau tidak, akan menancap di bagian mulut ikan. Bentuk yang beraneka ragam juga memudahkan anglers untuk memilih kail mana yang paling cocok untuk memancing jenis ikan tertentu. Tentu saja semua anglers akan mencari bentuk kail terbaik, dengan bahan yang kuat, harga yang tidak terlalu mahal tapi cocok untuk semua jenis ikan dan juga aman digunakan di semua jenis spot mancing. Salah satu tipe bentuk kail pancing yang bisa jadi andalan anglers adalah kail dengan tipe circle hook.


kail circle hook, jenis-jenis kail pancing, kelebihan dan kekurangan kail circle hook, ukuran kail circle hook


Semua ulasan tentang kail pancing pernah penulis kupas di link ini. Selama memancing penulis sendiri lebih sering menggunakan kail yang biasa dipakai pada umumnya (tipe J). Adapun kail dengan tipe circle hook sering penulis amati ketika melihat tayangan video tutorial memancing dari anglers di luar negeri. Sebagian besar dari mereka menggunakan tipe kail circle hook. Rasa penasaran membuat penulis mencoba mencari tahu tentang kelebihan dan kekurangan tipe kail circle hook. Akan tetapi kendala yang dialami penulis waktu itu adalah kurang populernya kail tipe circle hook di Indonesia, sehingga cukup susah untuk membelinya di toko pancing langganan dekat rumah.


Baca Juga: Tips Membeli Peralatan Pancing Secara Online

Seiring meningkatnya teknologi dan semakin menjamurnya e-commerce di Indonesia, penulis akhirnya beberapa kali menjumpai jenis kail circle hook di tempat belanja online. Kebanyakan masih dikirim langsung dari luar negeri dengan harga yang relatif lebih tinggi jika dibandingkan dengan kail tipe biasa pada umumnya. Akhir-akhir ini sudah cukup banyak toko pancing online lokal yang juga menjual kail tipe circle hook. Sehingga rasa penasaran untuk mencoba kail berbentuk unik ini bisa segera terwujud. Jika sobat tidak pernah mencoba maka tidak akan pernah tahu apa kelebihan dan kekurangan jenis kail pancing tipe circle hook ini yang di luar negeri sana sangat populer dan digunakan oleh hampir semua anglers.


Apa Itu Kail Pancing Circle Hook?

Kail pancing circle hook adalah tipe kail yang termasuk ke dalam tipe G. Dinamakan tipe G karena bentuknya menyerupai huruf "G". Yang membedakan tipe G dengan kail pada umumnya adalah lingkar batang yang membentuk bulatan (circle) dengan ujung mata kail (bagian tajam) menghadap ke bagian batang kail (shank) membentuk sudut 90 derajat. Silahkan sobat Aliems' Journey simak perbedaan mendasar antara kail tipe biasa dengan kail circle hook melalui gambar di bawah ini.
loading...


perbedaan kail circel hook dengan kail biasa, kelebihan kail circle hook
Perbedaan Kail Pancing Circle Hook Dengan Kail Biasa 



Apa Kelebihan Kail Pancing Tipe Circle Hook?

Desain ujung mata kail yang unik dengan menghadap ke bagian batang memberikan keistimewaan tersendiri bagi kail tipe circle hook. Beberapa kelebihan kail pancing circle hook sebagai berikut:


  • Pada saat momen strike tidak perlu gentakan pada joran. Cukup hanya mengencangkan tali senar sambil menggulung maka ikan akan hook up. Jikapun perlu menggentak, hanya dengan power yang sangat minim saja, asal senar bisa kencang.
  • Kail circle hook  98% tersangkut di bibir ikan, tidak tertelan, sehingga sangat ramah terhadap ikan. Ikan yang di release bisa sukses melanjutkan hidup di habitatnya jika dibandingkan dengan ikan yang tertangkap dengan kail yang sedikit masuk ke mulut atau bahkan tertelan.
  • Kail lebih mudah dilepas karena sebagian besar hanya tersangkut di bibir ikan.
  • Dengan ujung mata kail yang menghadap ke batang, kail unik ini juga anti nyangkut di spot yang banyak terdapat karang. Dan juga tidak berbahaya untuk anglers yang bersangkutan karena resiko tertancap ujung mata kail menjadi lebih minim.
  • Cocok digunakan untuk mancing ikan yang cara makannya dengan menyambar dan membawa kabur umpan. Sebagian anglers juga merasa cocok ketika menggunakan jenis kail circle hook untuk mancing ngoncer.
  • Cocok untuk digunakan di spot yang susah untuk menggentak joran secara maksimal.
  • Cocok digunakan oleh pemancing anak-anak, pemula atau pemancing yang terlalu santai (tidak terlalu mengawasi joran pancing) karena jika ikan menyambar umpan tanpa perlu gentak joran, ikan akan dengan mudah tersangkut sendiri (hook up) di kail tipe circle hook.
Baca Juga: Mengenal Fungsi Kili-Kili & Peniti Pancing


Apa Kelemahan Kail Pancing Tipe Circle Hook?

  • Jika kebiasaan gentak kuat masih refleks dilakukan, kemungkinan besar ikan justru akan terlepas
  • Tipe kail yang kurang aktif, tidak cocok untuk diterapkan di teknik casting (poping, jigging).
  • Harga relatif lebih mahal jika dibandingkan dengan jenis kail pancing yang dipakai pada umumnya.


Contoh Spot Mancing Yang Kurang Optimal Untuk Gentak Joran


Bagaimana Cara Memasang Umpan Di Kail Pancing Tipe Circle Hook?

Baik menggunakan umpan hidup maupun umpan mati, sobat Aliems' Journey bisa tempatkan umpan di badan kail tanpa menutupi ujung mata kail.


Kail Circle Hook Belinya Dimana?

Jika di toko pancing langganan tidak tersedia, sobat Aliems' Journey bisa mencoba membelinya secara online. Berbagai merek kail circle hook saat ini tersedia secara online tinggal sesuaikan dengan budget yang sobat keluarkan. Kalau penulis membelinya secara online langsung dari China dengan alasan harganya relatif lebih murah.

Demikian ya sob, ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan circle hook, kail dengan bentuk yang unik, anti nyangkut dan ramah terhadap ikan. Semoga bermanfaat.

aliemsurya

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kelebihan Dan Kekurangan Circle Hook, Kail Unik Anti Nyangkut Yang Ramah Terhadap Ikan"

Posting Komentar

Spam dan Sejenisnya Adalah Penyakit Berbahaya, Jadi Jangan Ditularkan Di Blog Ini Ya Bray