Tips Mencegah Ikan Lepas Saat Momen Strike Sampai Dengan Landed

Tips Mencegah Ikan Lepas Saat Momen Strike Sampai Dengan Landed

Momen strike adalah satu momen yang paling ditunggu oleh semua anglers. Saat umpan sedang disambar dan di bawa kabur ikan adalah momen yang membuat adrenalin semua anglers meningkat. Momen ini juga sebagai penentuan, apakah ikan yang menyambar umpan sobat akan terkait kail (hook up) atau justru lepas alias mocel. Jikapun ikan sudah hook up, ada dua langkah lagi yang juga sama-sama menentukan yaitu proses fight melawan ikan dan mendaratkan ikan atau menempatkannya ke wadah penyimpanan ikan.

mencegah ikan lepas saat strike, ikan mocel saat strike, cara menggulung reel saat strike ikan besar
Ilustrasi Strike - Sumber Gambar: Youtube Zoffinger


Bagi pemancing pemula, momen strike biasanya akan disikapi dengan terburu-buru karena adrenalin naik. Mereka biasanya ingin sesegera mungkin mendaratkan ikan tanpa mempertimbangkan faktor lainnya. Akibatnya, tidak jarang ikan yang sudah hook up justru terlepas akibat ketidak hati-hatian pada saat momen stike, momen fight sampai dengan momen mendaratkan ikan. Oleh karena itu, penulis mencoba memberikan tips, cara mencegah ikan lepas atau mocel dai mulai saat strike sampai dengan landed untuk sobat Aliems' Journey terutama bagi para anglers pemula atau yang baru mengenal dunia mancing.

Baca Juga: Joran Terbawa Sambaran Ikan? Lakukan Hal Berikut Untuk Mencegahnya

Perlukah Menggentak Joran Saat Strike?

Fungsi menggentak joran saat strike adalah untuk memastikan kail yang tersambar bersama ikan bisa menancap di bagian mulut atau dalam perut ikan (jika di telan). Menurut saya momen gentak perlu atau bahkan sangat perlu, tergantung bagaimana ikan menyambar umpan yang sobat pasang. Jika ikan sudah yakin hooked up, biasanya kail tertelan bersama dengan umpan ditandai dengan joran yang terus menerus bergerak (menekuk bagian ujungnya).

Jika sobat mengalami momen seperti ini, joran bisa digentak dengan power yang sedikit sampai sedang saja, ikan akan hooked up. Hooked up ditandai dengan ada perlawanan dari ikan dan joran akan terasa berat dari sebelumnya. Adakalanya, ikan yang sudah memasukkan umpan ke dalam mulut akan melepaskan (memuntahkan lagi umpannya). Jadi, menggentak joran juga sangat perlu agar pada saat masuk ke mulut ikan, kail bisa menancap sempurna, dan ikan tidak bisa memuntahkan lagi umpan yang sudah berada di dalam mulutnya.

Baca Juga: Tips Melepas Lem Super Yang Terlanjur Merekat Pada Kolongan (Section) Joran Pancing

Apakah Jenis Kail Pancing Berpengaruh Pada Saat Momen Strike?

Sebagai piranti utama untuk menancapkan ke mulut ikan sebelum ditarik, kail pancing pasti berpengaruh pada saat momen strike, terutama pada bentuk hook dan ketajamannya. Bentuk hook yang menyerupai lingkaran (circle hook) adalah kail yang populer saat ini dan dipercaya bisa meminimalisir ikan lepas saat strike. Tanpa perlu di gentak berlebihan dan hanya mengencangkan senar pancing ikan bisa terjerat. Ketajamana mata kail juga harus diperhatikan. Hindari kail yang sudah berkarat, atau yang sering dipakai. Kail yang berkarat akan membuat tumpul mata kail sehingga ikan bisa lepas saat momen strike. Sementara kail yang terlalu lama dan sering dipakai kemungkinan akan menurun tingkat ketajamannya jika sering tersangkut benda-benda keras di dasar perairan.
loading...

Baca Juga: Mengenal Berbagai Jenis Kail Pancing

Bagaimana Cara Menggulung Reel Yang Benar Saat Fight Melawan Ikan?

Setelah melewati momen strike dan hooked up, sobat Aliems' Journey akan mengalami fase krusial lainnya yaitu fight untuk melawan ikan sampai ikan takluk dan bisa didaratkan (landed). Faktor paling penting pada saat fight adalah piranti yang digunakan, baik joran, reel maupun senar pancing. Jika piranti mumpuni dan sesuai dengan bobot ikan yang diangkat, maka sobat tidak akan menemui kesulitan yang berarti. Tapi jika sobat menggunakan piranti yang tidak sesuai dengan peruntukkannya maka jika ikan terlampau besar hal yang akan terjadi adalah senar putus, reel rusak atau joran patah dan tentu saja ikan akan lepas.

Faktor lainnya yang ikut menentukan adalah cara menggulung reel pada saat fight. Jika sobat hanya fokus terus menggulung tanpa tahu kapan harus berhenti, kapan harus mengangkat joran, dan kapan saatnya mengendorkan dan mengencangkan drag reel, maka ikan yang seharusnya bisa terangkat bisa mocel seketika.

Baca Juga: Cara Memilih Reel Pancing Terbaik

Cara menggulung reel pancing yang benar saat fight adalah sebagai berikut. Saat ikan menarik tali pancing sobat, jika tarikan terlalu kuat, sobat kendurkan sedikit drag, yang penting senar bisa terulur sedikit demi sedikit dan reel yang di topang joran (posisi joran diangkat) bisa menahan tarikan ikan. Saat tarikan ikan mengendur, anda kembali kencangkan drag reel dan gulung ikan sambil turunkan joran ke arah bawah. Begitu seterusnya sampai ikan benar-benar tidak berdaya. Dibutuhkan tingkat kesabaran ekstra dan kelihaian sobat dalam memainkan drag reel dan joran agar ikan yang sudah hooked up bisa landed.

Bagaimana Cara Mendaratkan Ikan Berukuran Besar

Jika sobat Aliems' Journey berhasil fight melawan ikan, momen lainnya adalah cara mendaratkan ikan. Jika ikan yang sobat dapatkan berukuran relatif kecil sampai sedang, mungkin tidak akan bermasalah. Masalah akan muncul jika ikan berukuran besar atau sangat besar, sementara anda memancing di pinggir dermaga yang jarak antara dermaga dan airnya cukup tinggi.

Adakalanya akibat ketidak tenangan anglers, ikan yang sudah terkapar di pinggir malah terlepas akibat salah saat akan diangkat. Perlu kerjasama sobat dengan rekan sobat lainnya atau anglers lain yang biasanya sukarela akan membantu mengangkat ikan berukurun besar baik menggunakan jaring (caduk) maupun ganco. Momen yang tepat, tidak terburu-buru dan bisa membaca kondisi ikan ikut menentukan kesuksesan sobat dalam mengangkat ikan target yang sudah ada di depan mata.

Baca Juga: Mengenail Istilah-istilah Dalam Memancing

Nah, demikian ya sob, sedikit tips berdasarkan pengalaman pribadi penulis. Semoga bermanfaat terutama untuk pemancing pemula yang masih memiliki jam terbang minim terutama saat mendapatkan sambaran dari ikan-ikan berukuran cukup besar.

Salam mancing mania.

aliemsurya

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Mencegah Ikan Lepas Saat Momen Strike Sampai Dengan Landed"

Posting Komentar

Spam dan Sejenisnya Adalah Penyakit Berbahaya, Jadi Jangan Ditularkan Di Blog Ini Ya Bray