Cara Membaca Informasi Senar Pancing Dari Box Kemasan

Cara Membaca Informasi Senar Pancing Dari Box Kemasan
Memilih senar pancing terbaik yang digunakan sesuai dengan spot merupakan hal paling penting dalam memancing. Senar pancing yang sesuai dengan ikan target akan memaksimalkan peluang mendapatkan ikan target tanpa takut senar akan putus. Permasalahan utama yang dialami oleh angler pemula adalah minimnya pengetahuan tentang berapa ukuran dari senar tersebut baik diameter senar maupun panjang senar serta kekuatan (daya putus) senar ketika digunakan untuk menarik ikan target yang berukuran besar.

Abaikan cara memilih senar pancing untuk ikan-ikan berukuran kecil, karena efeknya tidak akan terlalu dominan. Tapi sebaliknya, jika sobat Aliems' Journey sudah memasuki zona spot air laut dengan ikan target yang lebih besar, pemilihan senar pancing maupun senar leader yang dipakai untuk rangkaian pancing adalah hal mutlak yang harus dipertimbangkan oleh seorang angler. Kejadian ikan target yang berkali-kali lepas (mocel) akibat senar putus adalah hal yang paling sering terjadi ketika angler yang memancing di tengah laut membawa piranti pancing yang ala kadarnya (termasuk membawa senar yang biasa digunakan mancing di spot sungai atau pinggiran laut).

Informasi mengenai senar pancing, tips memilih senar pancing terbaik dan cara memilih senar leader sudah pernah penulis bahas di tulisan berikut ini

 

Tulisan kali akan membahas tentang cara membaca informasi senar pancing dari box kemasan. Mengapa informasi ini sangat penting untuk diketahui terutama oleh angler pemula? Karena akhir-akhir ini hampir semua kebutuhan manusia termasuk peralatan dan perlengkapan pancing bisa dibeli melalui sistem pembelian online. Berbagai merek senar pancing baik dari dalam dan luar negeri akan dapat mudah ditemukan dan bisa dibeli hanya dengan menggunakan aplikasi e-commerce langganan sobat Aliems' Journey. Sebelumnya, simak beberapa istilah-istilah yang akan ditemui di box kemasan senar pancing atau di deskripsi senar pancing yang dijual secara online.

  • Merek = Nama produk atau bisa juga pabrik yang mengeluarkan senar pancing
  • Roll = gulungan senar; 1 roll berarti 1 gulungan senar yang akan sobat beli
  • Panjang Senar = Biasanya ditampilkan dalam satuan meter atau yard (1 yard = 0,9144 meter)
  • Diameter = ukuran senar pancing, umumnya ditampilkan dalam ukuran "mm"; semakin besar diameter, ukuran senar akan semakin besar
  • Kekuatan = biasanya dalam pounds (lbs); 1lbs = 0,453592 kg; jika dalam kemasan tertulis 20lbs maka senar tersebut akan putus maksimal pada 20lbs (atau sekitar 9kg)
  • Nylon / Nilon = Jenis senar berbahan nilon biasanya terdiri dati satu lintingan senar (sering disebut sebagai monofilamen).
  • Leader = Senar yang ditempatkan diujung, sebagai ujung tombak rangkaian pancing dan tempat untuk mengikat kail.
  • Fluorocarbon = Senar berbahan fluorocarbon biasanya dipakai untuk leader karena lebih keras dan kaku dan transaparan agar tidak terlihat oleh ikan.
  • Braided = biasa disebut sebagai senar PE, ada yang terdiri dari 2 linting senar (X2), 4 lintingan benang (X4) atau 8 lintingan (X8) semakin banyak lintingan, kekuatan senar akan semakin kuat terutama dalam menahan abrasi.
  • Abrasi = tingkat gesekan senar dengan benda-benda di dalam spot mancing, seperti karang, batu, besi dan lainnya. 

Sebagai contoh, sobat Aliems' Journey bisa melihat gambar-gambar berikut.

Sumber Gambar: Tokopedia

Dari contoh gambar di atas informasi yang bisa sobat Aliems' Journey peroleh dari kemasan senar pancing tersebut adalah:
  • Senar tersebut adalah jenis monofilament (nilon / bukan  fluorocarbon)
  • Merek atau produk dari Orca
  • Tipe 3.0 (tipe yang diberikan oleh produsen senar pancing)
  • Panjang senar dalam 1 roll adalah 300 meter
  • Diameter senar 0.28mm
  • Kekuatan test adalah 9.1kg (sekitar 20lbs / pounds)

Sumber Gambar: Bukalapak

Selanjutnya, dari gambar senar di atas, sobat bisa mendapatkan informasi sebagai berikut.
  • Senar tersebut adalah jenis monofilament fluorocarbon (biasanya digunakan sebagai senar leader)
  • Merek atau produk dari Blood (Big Game)
  • Panjang senar dalam 1 roll adalah 300 meter
  • Diameter senar 0.467mm
  • Kekuatan test adalah 49lb (25.79 kg)

Sumber Gambar: Bukalapak

Contoh terakhir adalah gambar di atas. Dari gambar senar di atas, sobat bisa mendapatkan informasi sebagai berikut.
  • Senar tersebut adalah jenis braided (senar PE)
  • Merek atau produk Power Braid dari Mugen
  • Tipe senar PE X8 (terdiri dari 8 lilitan senar)
  • Panjang senar dalam 1 roll adalah 100 meter
  • Diameter senar 0.36mm
  • Kekuatan test adalah 60lb (27 kg)
Nah, itulah informasi-informasi yang penulis sajikan di atas adalah informasi yang minimal harus sobat Aliems' Journey ketahui ketika akan membeli senar pancing baik secara manual maupun membeli secara online.

Cara Menguji Kekuatan Senar Pancing
Bagaimana sih sebenarnya cara mengetahu dan menguji kekuatan senar pancing sehingga masing-masing tipe senar berbeda-beda kekuatannya? Apakah yang tertulis di dalam kemasan yang dikeluarkan oleh produsen senar pancing akan selalu sama dengan kenyataan di lapangan? Saya mengalami kejadian ketika menggunakan senar leader kekuatan 25lbs (10kg) ternyata putus saat mengangkat kerapu dengan bobot kurang lebih 1kg atau 2kg. Kenapa hal tersebut bisa terjadi?

Kekuatan senar pancing adalah ukuran seberapa kuat senar pancing tersebut dalam menahan beban. Produsen senar pancing akan melakukan tes dengan menggunakan universal testing machine dengan menarik senar sepanjang 50 cm dengan kecepatan tarikan 200 mm permenit, kemudian senar diuji sampai putus untuk melihat kekuatan maksimalnya.

Nah, contoh kasus ketika sobat Aliems' Journey sedang fight dengan ikan yang perkiraan bobotnya sudah bisa ditentukan, tapi ternyata senar leader atau senar pancing utama sobat putus bukan berarti produsen senar pancing membohongi sobat lewat informasi di box kemasan, tapi senar pancing juga memiliki karakteristik lainnya yang ikut mempengaruhi kekuatan pancing secara keseluruhan (ini biasanya jarang ditampilkan pada box atau kemasan senar pancing). Pertama, senar akan mengalami perpanjangan mulur pada saat menarik beban, sampai titik maksimal dari senar itu sampai dengan tidak dapat mulur lagi (elongation). Senar yang memiliki daya mulur terbaik biasanya terbuat dari bahan nilon, sementara senar dengan bahan PE sama sekali tidak memiliki daya mulur.


Faktor kedua, yang ikut mempengaruhi kekuatan senar secara keseluruhan adalah, apakah senar yang sobat pakai memiliki ketahanan gesek (abrasion resistance), dalam arti senar yang  memiliki abrasion resistance yang baik tidak mudah terkikis/abrasi apabila terkena batu karang, penuntun senar pada joran dan tempat jalannya senar pada reel. Produsen senar pancing akan melakukan tes dengan menggesek senar sampai putus dengan menggunakan amplas berputar dan dihitung jumlah putarannya. Makin banyak jumlah putaran, menunjukkan senar semakin tahan terhadap gesekan.


Abrasion Resistance (Sumber: Shopee)


Kembali pada kasus senar leader 25lbs yang tidak kuat fight melawan kerapu dengan bobot sekitar 2kg kemungkinan besar terjadi karena faktor abrasion resistance yang kurang bagus. Kerapu biasanya bersembunyi bebatuan, karang atau rumpon buatan. Ketika menyambar umpan, kerapu akan langsung bersembunyi di daerah karang, batu atau rumpon, sehingga ketika sobat fight, senar leader yang merupakan ujung tombak rangkaian pancing akan bergesekan langsung. Meskipun beban kerapu sekitar 2kg namun ketika ditambah kekuatan (daya tarik dari kerapu itu sendiri ketika fight), maka beban yang dipikul senar bisa lebih dari 2kg, dan faktor gesekan senar dengan benda-benda di sekitar spotlah yang dominan sehingga menyebabkan senar leader 25lbs yang sobat gunakan putus.


Informasi Tambahan Mengenai Senar Pancing
Selain kekuatan, ukuran, bahan, ada informasi lainnya yang juga tidak tercantum di dalam box kemasan pancing yaitu mengenai kelenturan senar (flexibility) yang merupakan resistensi senar saat senar tersebut ditekuk. Tes dilakukan dengan mengukur resistensi senar pada saat ditekuk. Makin besar resintensinya menunjukkan senar semakin kaku. Senar leader berbahan flourocarbon adalah jenis senar yang memiliki resistensi yang tinggi.

Informasi terakhir mengenai senar pancing adalah kekuatan senar saat dibuat ikatan (simpul) (knot strength) yakni kekuatan ikat pada simpul, di mana senar akan putus disimpul. Produsen senar akan melalukan tes kekuatan simpul dengan membuat simpul pada tengah-tengah senar yang akan diuji, sampai senar putus pada simpul.

Nah, demikian cara membaca informasi senar pancing dari box kemasan. Setelah mengetahui berbagai karakteristik dan faktor yang mempengaruhi kekuatan suatu senar pancing, sobat akan bisa memilih senar terbaik yang cocok untuk digunakan di spot favorit sobat semua. 

Begitulah senar pancing.

Aliemsurya

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membaca Informasi Senar Pancing Dari Box Kemasan"

Posting Komentar

Spam dan Sejenisnya Adalah Penyakit Berbahaya, Jadi Jangan Ditularkan Di Blog Ini Ya Bray