Mancing Ngotrek, Teknik Mancing Tanpa Umpan Dengan Hasil Maksimal

Mancing Ngotrek, Teknik Mancing Tanpa Umpan Dengan Hasil Maksimal
Memancing di tengah laut dengan target ikan besar seperti Kuwe, Tengiri, Barracuda akan membutuhkan umpan jitu yang berukuran besar pula. Salah satu umpan yang paling sering dipakai oleh angler ketika memancing di tengah laut adalah menggunakan ikan hidup, baik berukuran kecil sampai dengan ikan hidup berukuran besar. Dan, salah satu cara untuk mengumpulkan umpan berupa ikan hidup tersebut adalah dengan memancing menggunakan teknik ngotrek.

pancingan kotrekan, ngotrek, rangkaian pancing kotrekan, sabiki fishing rig, mancing ngotrek, kail sabiki
Mancing Teknik Ngotrek (Sumber: aliexpress.com)


Apa Itu Mancing Ngotrek?
Memancing ngotrek pada umumnya dilakukan tanpa menggunakan umpan alami (umpan hidup atau dari potongan tubuh hewan). Ngotrek sebenarnya adalah salah satu teknik memancing menggunakan lures (umpan tiruan). Lures yang dimaksud adalah modifikasi bulu, benang, tali atau kain warna-warni yang diletakkan didekat mata kail. Gerakan joran, serta ombak dan pendaran cahaya dari bahan lures membuat lures kotrekan ini menyerupai planton atau ikan-ikan kecil yang hidup sehingga menjadi rebutan bagi ikan-ikan yang berukuran lebih besar. Satu rangkaian pancing kotrekan biasanya terdiri dari banyak kail (mulai dari 3 sampai 25 mata kail, tergantung dari ikan target).

Cara Membuat Pancing Kotrekan
Cara membuat pancing kotrekan sebenarnya cukup simpel. Sobat Aliems' Journey hanya memanfaatkan bahan-bahan yang ada seperti bulu burung (merpati atau lainnya), modifikasi tali rapia, tali perak atau tali sutra yang semuanya dilekatkan menggunakan lem atau tali di dekat mata kail. Jika sobat Aliems' Journey tidak mau repot, jenis pancing kotrekan (biasa yang terkenal adalah kail atau pancingan "sabiki") banyak dijual di toko pancing maupun merchant online. Untuk harganya bervariasi, tergantung dari banyaknya jumlah mata kail, bahan yang digunakan serta ikan target yang akan sobat pancing.

jual pancing sabiki, contoh pancing kotrekan, cara membuat pancing kotrekan, tips mancing kotrekan, ikan yang dipancing dengan kotrekan, ngotrek ikan selar, ikan kembung, ikan tembang
Contoh Rangkaian Pancing Kotrekan / Sabiki (Sumber: aliexpress.com)


Ikan Yang Sering Dipancing Dengan Teknik Ngotrek
Beberapa ikan yang populer dan sering dipancing menggunakan kotrekan antara lain tongkol, tembang, selar, kembung. Memancing teknik ngotrek juga bisa digunakan untuk target ikan menengah sampai besar seperti ikan tuna, kakap rubby, sampai cakalang.

Bisakah Pancingan Kotrekan Dipakai Menggunakan Handline?
Sangat bisa. Kotrekan adalah jenis rangkaian pancing jadi bisa digunakan dengan menggunakan joran dan reel atau hanya menggunakan senar (alias teknik handline).

Apakah Bisa Pancing Kotrekan Dipasang Umpan?
Tidak masalah. Umpan untuk rangkaian pancing kotrekan kadangkala diperlukan ketika sambaran terasa minim. Umpan yang biasa dipakai adalah potongan udang (udang kupas), potongan cumi atau ikan kecil.

Dengan Sangat Banyaknya Mata Kail, Kapan Saat Tepat Mengangkat Joran Ketika Menggunakan Pancingan Kotrekan?
Target memancing menggunakan rangkaian pancing kotrekan adalah jenis-jenis ikan yang berkelompok atau bergerombol. Biasanya pada kelompok ikan, ketika salah satu anggotanya mulai memakan, maka member yang lain juga melakukan hal yang sama. Ketika satu ikan menyambar kail kotrekan, harapannya ikan yang lain juga melakukan hal yang sama. Jadi ketika ada ikan yang terasa menyambar joran, kita gentak, ada sambaran lagi, gentak lagi begitu seterusnya sampai mendekati atau sesuai dengan jumlah mata kail yang ada dikotrekan baru joran atau senar pancing kita gulung. Jika setiap sambaran langsung gulung, capek mas broo... 😆!!

Apakah Bisa Melakukan Teknik "Bom" Agar Ikan Bisa Bergerombol Sebelum Melakukan Teknik Ngotrek?
Ya, tentu saja. Malah sangat disarankan agar sobat Aliems' Journey melakukan bom dulu untuk memancing ikan berkerumun. Caranya, pakai udang rebon yang ditempatkan di plastik dengan ujung plastik yang terbuka. Lalu kaitkan dengan kail dan turunkan sampai ke dasar perairan. Gerak-gerakkan joran agar rebon mulai keluar dari kantung plastik. Lalu, gulung perlahan sambil kembali menggerak-gerakkan (atau menyentak) joran dengan tujuan agar selain di dasar, udang rebon juga tersebar di atasnya.

Nah, demikian hal-hal yang berkaitan dengan mancing menggunakan teknik ngotrek atau menggunakan rangkaian pancing kotrekan. Jika memancing di tengah laut, kegiatan ngotrek ini biasanya menjadi menu wajib bagi angler. Selain untuk umpan, ikan-ikan yang dipancing dengan teknik ini juga sangat layak untuk dikonsumsi dan pasti disukai istri anda di rumah.

Begitulah ngotrek.

Aliemsurya
 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mancing Ngotrek, Teknik Mancing Tanpa Umpan Dengan Hasil Maksimal"

Posting Komentar

Spam dan Sejenisnya Adalah Penyakit Berbahaya, Jadi Jangan Ditularkan Di Blog Ini Ya Bray