Mengenal Nama- Nama Ikan Yang Biasa Terpancing Di Pinggiran Laut

Mengenal Nama- Nama Ikan Yang Biasa Terpancing Di Pinggiran Laut

Halo Sobat Aliems’ Journey! Bagi sobat yang masih tergolong anglers pemula, saat mancing di laut tentu masih merasa kebingungan saat kail sobat berhasil menjerat seekor ikan. Ikan apa ini namanya? Begitu yang tersirat dalam pikiran sobat, sambil coba-coba menebak atau searching di internet. Tenang sobat, pada edisi kali ini, saya akan memberikan informasi untuk beberapa nama jenis ikan yang biasa terpancing di pinggiran laut, dermaga, DAM, muara dan daerah-daerah pinggiran lainnya.

Ikan Kakap Putih

Ikan Kakap Putih adalah nama ikan yang merupakan salah satu target buruan yang paling popular ketika memancing di pinggiran laut atau muara. Ukurannya yang besar, tarikannya yang bikin adrenalin mendadak mengalir deras menjadikan ikan ini sebagai salah satu target penting. Nama lain dari ikan ini adalah Barramundi. Perhatikan gambar di bawah untuk mengenali predator air dangkal tersebut.
loading...

ikan pinggiran laut, nama ikan laut, ikan kakap putih, barramundi, baramundi


Baca Juga: Tips Memancing Ikan Kakap Putih

Ikan Kerapu

Ikan Kerapu adalah nama ikan laut yang juga biasa terpancing jika sobat memancing di pinggir laut yang banyak batu, karang, rumpon buatan. Warna dan bentuknya yang khas memudahkan sobat untuk mengingatnya. Ikan ini begitu menyambar umpan yang anda pasang seringkali langsung bersembunyi di sarang yang dihuninya. Jika tidak cepat tanggap saat sambaran datang, ikan Kerapu akan susah terangkat karena kail atau timah pemberat ikut masuk ke dalam sarang.

ikan pinggiran laut, nama ikan laut, ikan kerapu, kerapu macan, kerapu batu, kerapu muara


Baca Juga: Tips Memancing Ikan Kerapu Di Pinggiran Laut

Ikan Tompel (Tanda-Tanda) / Jenaha

Jika sobat Aliems’ Journey mendapat ikan berwarna keemasan dengan bentuk sekilas mirip Ikan Mas dengan ciri khas ada spot atau tanda hitam di punggung dekat ekor, maka dipastikan nama ikan tersebut adalah Ikan Tompel atau Ikan Tanda-Tanda. Jika ukurannya besar dengan bobot 1kg ke atas orang menyebutnya Ikan Jenaha. Ikan tompel / Jenaha adalah salah satu anggota dari kelompok Ikan Kakap yang memiliki rasa yang sangat enak dan gurih. Itulah kenapa banyak anglers pinggiran yang menjadikan ikan ini sebagai salah satu target buruan untuk dipancing.

ikan pinggiran laut, nama ikan laut, ikan tompel, ikan tanda-tanda, ikan jenaha


Ikan Kerong/Kerong-Kerong

Ikan Kerong atau Kerong-Kerong adalah nama ikan pinggiran yang paling sering terjerat kail pancing. Jumlahnya yang melimpah kadangkala menjadi ikan yang paling dominan saat menyambar umpan yang Sobat Aliems’ Journey pasang. Sebagian anglers karena ukurannya kecil dan acapkali mengganggu untuk mendapatkan ikan yang lebih besar, menganggap Ikan Kerong adalah hama. Ikan Kerong juga kerap membuat jengkel anglers karena bisa membuat umpan hidup (seperti udang) menjadi tidak berdaya karena secara terus menerus akan memakan bagian tubuh udang dari kaki, ekor sampai akhirnya kepala udang.

ikan pinggiran laut, nama ikan laut, ikan kerong

Baca Juga: Tips Mancing Di Dermaga Laut

Ikang Ketang-Ketang

Nama ikan pinggiran berikutnya adalah Ikan Ketang-Ketang. Ikan ini bentuknya khas, tips dan lebar dengan duri punggung yang besar dan panjang. Warna kulitnya abu kecoklatan dengan banyak spot warna hitam di sekujur tubuhnya. Ikan ini pemakan segala makanan yang ditemui di pinggir laut, muara bahkan kolam-kolam bandeng yang berdekatan dengan laut atau aliran sungai yang menuju muara. Karena rakusnya, jika sobat Aliems' Journey memancing dengan umpan selain udangpun, ikan ini bisa terpancing. Anglers biasanya menggunakan adonan bakwan (empleng) maupun roti. Sobat harus berhati-hati dengan duri tajam yang ada di bagian tubuh Ikan Ketang-Ketang karena sangat beracun jika terkena bagian tubuh sobat.

ikan pinggiran laut, nama ikan laut, ikan pipih totol hitam, ikan ketang


Ikan Samge / Gulama

Nama Ikan Samge atau disebut juga Ikan Gulama, sekilas warna dan bentuknya mirip dengan Ikan Kakap Putih. Tapi jika diamati secara detail akan sangat berbeda. Ikan Samge berukuran kecil biasanya dijadikan Ikan Asin oleh nelayan karena tekstur dagingnya yang rapuh, ikan ini tidak cocok untuk masak dengan cara dibakar. Umpan menggunakan udang matii maupun udang hidup paling sering digunakan oleh para anglers untuk memancing ikan ini. Jika sudah terpancing dan masuk ke dalam wadah seperti koja/waring, Ikan Samge tidak bisa  bertahan lama di dalam wadah alias cepat mati.

ikan pinggiran laut, nama ikan laut, ikan samge, ikan blama, ikan gulama

Ikan Kapi-Kapi / Ikan Daun

Nama ikan yang juga sering terpancing di pinggiran laut adalah Ikan Kapi-Kapi. Ikan ini jika pada musimnya tiba akan datang bergerombol dengan rombongannya mendekati pinggiran laut. Ciri khas ikan Kapi-Kapi adalah bentuknya yang lebar mirip kipas atau daun. Orang luar menyebutnya sebagai leaf fish karena bentuknya yang menyerupai daun. Jika sobat Aliems’ Journey strike ikan ini, maka sensasi cukup menantang karena tarikannya mirip ikan Bawal berukuran besar. Ciri lainnya ada spot di tubuhnya yang berwarna keperakan.
loading...

ikan pinggiran laut, nama ikan laut, ikan kapi-kapi, ikan daun, ikan pipih besar bertotol


Baca Juga: Tips Mancing Malam Hari Di Pinggiran Laut

Ikan Baronang

Ikan Baronang memiliki keunikan karena sebagian besar adalah kelompok ikan herbivora yang hanya aktif pada siang hari sedangkan pada malam hari cenderung pasif dan istirahat di sarang mereka seperti di balik batu, karang, beton atau rumpon buatan. Anglers biasanya memancing menggunakan tegek dan kail khusus yang mereka namakan kail garong, yang mana dua atau lebih kail di gabung menjadi satu. Adapun umpan yang anglers biasa pakai menggunakan lumut laut. Sekilas ikan ini mirip dengan Ikan Ketang-Ketang, namun dari body shape nya berbeda karena ikan ini lebih oval dibanding Ikan Ketang-Ketang yang cenderung membulat.

ikan pinggiran laut, nama ikan laut, ikan baronang, negek, garongers, pancing garong


Baca Juga: Tips Cara Memancing Ikan Baronang

Ikan Alu-Alu (Barracuda)

Nama Ikan Alu-Alu adalah ikan yang terdengar kurang familiar tapi sebenarnya sangat tenar di kalangan para anglers laut. Ikan yang dalam istilah umum disebut Ikan Barracuda dikenal berwujud menyeramkan dan berukuran tubuh besar, yaitu sampai panjang enam kaki dan lebar satu kaki. Tubuhnya panjang dan ditutupi oleh sisik yang halus. Ikan ini biasanya dipancing di tengah laut, atau pinggir pulau. Tapi jika di pinggiran laut melimpah umpan, gerombolan ikan Alu-Alu akan ke pinggir laut. Sobat Aliems’ Journey jika ingin memancing ikan ini, berdasarkan pengalaman para anglers, menggunakan belut sebagai umpannya.

ikan pinggiran laut, nama ikan laut, ikan barracuda, barakuda, ikan alu-alu


Ikan Bandeng, Ikan Kuro, Ikan Belanak, Ikan Bulan-Bulan

Nama berikutnya untuk ikan yang sering terpancing di pinggiran laut adalah kelompok Ikan Bandeng dan 3 nama ikan lainnya yang sekilas memiliki bentuk yang sama saru dengan lainnya yaitu Ikan Bandeng, Ikan Kuro, Ikan Belanak dan Ikan Bulan-Bulan (Tarpon). Ikan Bandeng dan Belanak memang dipancing dengan cara berbeda dengan memancing Ikan Kuro dan Ikan Bulan-Bulan karena memerlukan umpan yang berbeda. Sedangkan Ikan Kuro dan Tarpon bisa dipancing dengan menggunakan umpan udang hidup seperti memancing dipinggiran laut pada umumnya.
loading...

ikan pinggiran laut, nama ikan laut, ikan bandeng, ikan belanak, ikan kuro, ikan bulan-bulan, ikan tarpon


Ikan Sembilang, Lundu Laut, Keropak (Kelompok Catfish)

Kelompok ikan yang terakhir berikut ini adalah nama-nama ikan yang juga paling sering terpancing di pinggiran seperti Ikan Sembilang (lele laut), Ikan Lundu Laut, Ikan Keropak, Ikan Manyung dan sejenisnya yang tergabung ke dalam kelompok ikan berkumis (Catfish). Untuk melihat secara detil perbedaan masing-masing catfish silahkan akses link berikut.


ikan pinggiran laut, nama ikan laut, ikan sembilang, ikan lele laut, ikan keropak, ikan kedukang, ikan keting, ikan baung, catfish


Nah, sobat Aliems’ Journey, demikian ulasan tentang beberapa nama ikan yang sering terpancing di pinggiran laut, muara, DAM dan lainnya. Nama ikan yang saya ambil berdasarkan nama local atau nama umum di daerah Jakarta dan sekitarnya. Mungkin nama-nama ikan tersebut akan berbeda di daerah lainnya. Dan, dari nama-nama ikan yang diulas di atas mungkin masih ada ikan-ikan lainya yang belum saya ulas. Semoga bermanfaat bagi sobat Aliems’ Journey semua.

Salam mancing!

-aliemsurya-

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal Nama- Nama Ikan Yang Biasa Terpancing Di Pinggiran Laut "

Posting Komentar

Spam dan Sejenisnya Adalah Penyakit Berbahaya, Jadi Jangan Ditularkan Di Blog Ini Ya Bray