Tips Memancing Di Tengah Laut Untuk Pemancing Pemula

Tips Memancing Di Tengah Laut Untuk Pemancing Pemula

persiapan mancing di tengah laut, obat untuk mabuk laut, sewa perahu mancing, mancing ke pulau, mancing ngapung
Ilustransi Mancing Ngapung Di Tengah Laut
Sobat Aliems’ sudah pernah mancing di tengah laut? Pasti jawabannya ada yang sudah bahkan sering, ada yang baru sekali, banyak juga yang belum pernah sama sekali. Alasannyapun beragam. Ada yang takut ngapung (mancing di tengah laut) dengan perahu, ada yang takut mabuk laut, ada yang belum pernah mencoba karena tidak ada teman untuk patungan sewa perahu, dan terakhir karena kantung kering alias bokek. Kelompok terakhir ini biasanya yang menutupi ke"bokek"an nya dengan pemikiran “Halah, ngapain mancing ke tengah, dapat juga belum pasti, kepala puyeng kena ombak, mesti modal banyak! Mending juga mancing di pinggiran laut bisa sambil santai dengan modal sedikit. Dapat ya syukur, boncos juga biarin aje daahh, belom rejeki!”

Okelah!  Sobat Aliems’ pasti punya alasan masing-masing kenapa lebih suka mancing di pinggir dan sebaian lagi lebih antusias untuk mancing di tengah laut. Tidak usah diperdebatkan, karena nanti tidak berujung debatnya alias debat kusir. Sesama anglers baik yang mancing di sawah, di selokan, di sungai, danau sampai laut dilarang saling menyalahkan satu sama lain. Yang penting mancing, hiburan sekaligus menyalurkan hobi. Menanti sambaran di spot mancing manapun adalah hal yang menyenangkan bagi seorang angler. Kalau saran saya sih, sesekali mancing di tengah laut tidak ada salahnya. Toh tidak setiap minggu atau setiap bulan. Hitung-hitung buat pengalaman, bukan begitu, sob?

Persiapan Memancing Di Tengah Laut

Oke, sobat Aliems’ Journey, bagi anda yang belum pernah sama sekali mencoba memancing di tengah laut, melalui tulisan ini saya akan berbagi informasi mengenai persiapan apa saja yang harus sobat lakukan sebelum berangkat memancing di tengah laut.

Deal Spot Mancing Dan Biaya Patungan Untuk Sewa Perahu, Umpan, Akomodasi

Yang pertama adalah adanya kesepakatan antara sobat dan rekan-rekan sobat untuk tujuan mancing akan memilih spot mancing yang mana, lalu buat budget untuk sewa perahu, membeli umpan dan akomodasi lainnya. Jika semua setuju dan biaya kasar sudah diputuskan bersama, sobat tinggal mencari tukang perahu yang biasa di sewa untuk memancing di tengah laut.
Tanpa perahu sobat Aliems’ Journey tidak akan bisa pergi memancing di tengah laut. Jadi pastikan sobat bersama rekan sudah deal untuk sewa perahu. Perahu yang disewa disesuaikan dengan jumlah pemancing yang akan ikut. Jika sobat hanya sendiri bagaimana cara agar bisa tetap mancing di tengah laut? Caranya sobat harus tergabung dengan komunitas mancing di media sosial dan sobat bisa membuat thread untuk mengajak anggota komunitas bergabung. Atau sebaliknya, sobat mencari anggota lain yang berencana memancing ke tengah laut dan sobat ikut bergabung. Tak ada salahnya untuk semakin menambah teman dan berbagi pengalaman memancing dengan teman-teman baru sobat.



Baca Juga: Tips Memancing Di Pinggiran Dermaga Laut

Persiapan Kebugaran Badan Untuk Memancing Di Tengah Laut

Pastikan kondisi badan sobat fit banget. Terutama yang baru pertama memancing. Sediakan cukup makanan, minuman dan jangan sampai perut sobat kosong. Kondisi badan yang kurang fit, ditambah hembusan angin laut plus ombak akan membuat anda mabuk laut. Selain anda tidak merasa nyaman, mabuk laut akan membuat anda hanya bisa berbaring dan tidak bisa menikmati suasana mancing di tengah laut. Jangan lupa juga membawa pelindung kepala, pelindung badan seperti jaket atau sweeter.

Cara mengatasi Mabuk Laut Saat Memancing Di Tengah Laut

Dikutip dari liputan6.com, beberapa cara di bawah ini bisa membantu sobat Aliems’ Journey untuk mengatasi mabuk laut
  • Tidak bermain gadget saat perahu berjalan dan terkena ombak
  • Minum Soda, satu gelas soda mengandung asam folat dan gula tinggi dapat mengatasi mual
  • Minum obat anti mual (antimo, dramamine, dll)
  • Jangan Membaca karena akan cepat membaut kepala sobat pusing dan mual
  • Tidur saat di perjalanan, sehingga saat sobat sampai di spot kondisi badan lebih segar
Sementara cara lain yang pernah saya lakukan untuk mencegah mabuk laut, sobat bisa dengan menutup bagian perut (pusar) dengan koyo agar perut selalu hangat.

Biasanya bagi pemula, mabuk laut adalah hal yang wajar, seiiring berjalannya waktu dan seringnya sobat memancing di tengah laut, maka kondisi mabuk laut akan teratasi dengan sendirinya. Lalu, jika terus menerus setiap trip mancing ke tengah laut mabuk harus gimana? Nah, kalo itu namanya bakat sob! Anda berbakat sebagai pemabuk laut.. hehe... solusinya ya mancing di pinggir aja sob. Ngapain jauh-jauh ngapung di tengah laut kalo cuma ngadon mabuk sama molor di perahu? Bikin sempit dan makan tempat aja…haaaha

Baca Juga: Cara Mengobati Luka Bakar Akibat Sengatan Matahari Saat Memancing

Persiapan Piranti Pancing Untuk Memancing Di Tengah Laut

Memancing di tengah laut tentu saja berbeda dengan di pinggiran laut. Untuk itu persiapan sobat untuk piranti pancing yang dibawa tidak sama dengan ketika memancing di pinggiran karena target memancing di tengah laut adalah ikan-ikan besar yang jarang ditemui di pinggiran laut. 
loading...


Baca Juga: Tips Cara Memilih Joran Terbaik

Dari mulai joran pancing, tidak perlu menggunakan joran panjang (surfing) karena anda tidak harus melempar umpan jauh-jauh dari perahu. Menggunakan joran surfing malah akan membuat anda susah sendiri karena tidak nyaman dan mengganggu rekan-rekan sobat lainnya yang ada diperahu. Cukup membawa joran pendek 120-180cm asalkan memiliki kekuatan yang mumpuni dalam menghadapi tarikan ikan, anda akan merasa nyaman saat memancing di tengah laut.

Untuk reel pancing dan tali pancing, kail pancing, timah pemberat gunakan yang berukuran lebih besar karena target anda bukan ikan recehan yang biasa anda pancing di pinggiran. Reel dan tali pancing yang berukuran kecil akan merepotkan anda jika mendapat sambaran ikan berukuran jumbo di tengah laut. Begitu juga dengan kail pancing, harus berukuran lebih besar dari biasanya.

Baca Juga: Cara Membuat Rangkaian Dasaran Untuk Memancing Di Laut


Nah, demikian beberapa tips dan persiapan untuk memancing di tengah laut khusus bagi pemancing pemula. Untuk persiapan lainnya, jangan malu dan ragu untuk kontak rekan-rekan sobat yang sudah punya pengalaman memancing lebih dulu. Pastikan semua persiapan matang dan perbekalan mencukupi. Prinsipnya lebih baik ada lebih daripada anda kekurangan setelah sampai di tengah laut.

Selamat ngapung dan semoga sukses, sob!


aliemsurya
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Memancing Di Tengah Laut Untuk Pemancing Pemula"

Posting Komentar

Spam dan Sejenisnya Adalah Penyakit Berbahaya, Jadi Jangan Ditularkan Di Blog Ini Ya Bray