Cara Menyembuhkan Luka Bakar Terkena Matahari Ketika Memancing

Cara Menyembuhkan Luka Bakar Terkena Matahari Ketika Memancing. Halo sobat mancing mania ...! Bagi anda para penggila mancing tentu tidak perduli cuaca hujan lebat maupun panas menyengat. Jika rasa ingin mancing sudah membuncah di dalam kepala, anda pasti akan terjang semua jenis cuaca demi memuaskan hasrat memancing anda. Masalah dapat ikan atau tidak, urusan belakangan. Yang penting mancing, dan itu sudah membuat anda merasa senang. Satu masalah yang sering dijumpai dan dialami oleh saya sendiri adalah kulit gosong dan melepuh karena terkena sinar matahari yang menyengat. Nah, jika anda salah satu yang mengalami hal serupa, simak tips berikut untuk mencegah dan cara menyembuhkan luka bakar akibat terkena sinar matahari ketika memancing.
Kulit Ruam dan Melepuh Akibat Terkena Sinar Matahari Berlebih
Kulit Ruam dan Melepuh Akibat Terkena Sinar Matahari Berlebih (https://inti-kesehatan.blogspot.co.id)

Cara Mencegah Luka Bakar Terkena Matahari Ketika Memancing

Oke guys, sebelum menuju ke arah menyembuhkan luka bakar terkena matahari ketika anda sedang memancing, anda terlebih dulu harus berupaya mencegah agar sinar matahari yang terik ketika siang bolong tidak membuat kulit tangan, kaki atau muka anda menjadi gosong atau bahkan melepuh. Untuk itu, siapkan perlengkapan berikut sebelum anda menuju lokasi memancing terutama jika lokasi memancing anda di pantai atau laut lepas.





Baca Juga: Cara Membuat Perangkap Ikan Dari Botol Bekas


Pakaian, Peralatan & Perlengkapan Untuk Memancing
Pakaian, Peralatan & Perlengkapan Untuk Memancing (http://mancinggembira.blogspot.co.id)
  • Siapkan masker atau buff, pelindung kepala, payung dan kacamata hitam peredam UV.
  • Memakai kaos, jaket lengan panjang berwarna cerah. Warna hitam atau gelap cenderung menyerap panas sehingga anda akan berasa gerah dan lebih cepat merasa panas.
  • Memakai anti UV atau sunblock atau "tabir surya". Harganya memang sedikit mahal dibandingkan lotion kulit biasa, tapi akan sangat terasa khasiatnya jika anda pernah mengalami rasanya kulit terbakar.
Salah Satu Produk Sunblock atau Tabir Surya Untuk Proteksi Kulit Anda Dari Sengatan Matahari
Salah Satu Produk Sunblock atau Tabir Surya Untuk Proteksi Kulit Anda Dari Sengatan Matahari (tokopedia.com)
Selain memakai semua perlengkapan yang disebutkan di atas, sebisa mungkin anda mencari spot memancing yang sedikit teduh atau dekat dengan pohon. Terlalu terdedah panas dalam jangka waktu lama akan membuat anda mengalami dehidrasi tanpa anda sadari. Sering terjadi ketika anda memancing di tepi pantai yang panas, dengan air dan kelembaban yang tinggi membuat anda merasa tidak panas. Akan tetapi, selang beberapa lama, anda akan merasa pusing, mata berkunang. Ini gejala awal dehidrasi. Untuk menangkalnya, selalu konsumsi air putih selang waktu tertentu agar tubuh anda tidak mengalami dehidrasi.

Cara Menyembuhkan Luka Bakar Terkena Matahari Ketika Memancing

Lanjut ya guys..! Jika Anda terlanjur tidak mengindahkan panas dan terlalu bernafsu memancing dan berakibat kulit anda menjadi gosong, melepuh dan ada rasa perih serta gatal didaerah kulit yang terbakar. Ikuti langkah-langkah berikut untuk mengobatinya yang penulisa sarikan dari wikihow.


Lidah Buaya, Salah Satu Obat Alami Untuk Mengatasi Kulit Yang Teriritasi Matahari
Lidah Buaya, Salah Satu Obat Alami Untuk Mengatasi Kulit Yang Teriritasi Matahari (http://lifestyle.kompas.com)
  1. Setelah merasakan panas dan ada gatal atau ruam yang muncul dari kulit anda sehabis memancing, berendam dengan air dingin. Air dingin akan membantu meredakan rasa panas dan gatal. Pada saat mandi, tidak menggunakan scrub karena akan membuat kuliT anda semakin teriritasi.
  2. Mengoleskan lotion yang mengandung lidah buaya ke kulit anda yang terinfeksi. Selain menetralisir efek panas akibat terbakar, lidah buaya juga mempercepat proses penyembuhan. Akan lebih baik jika anda menggunakan tanaman lidah buaya asli. Patahkan salah satu batangnya dan oleskan gel yang keluar dari batang tanaman tersebut. Lidah buaya berdasarkan penelitian ilmiah berhasil mempercepat penyembuhan luka bakar 9 hari lebih cepat. Jika memakai lotion yang mengandung lidah buaya, simpan lotion di dalam lemari es sampai dingin dan oleskan ke kulit anda dalam kondisi dingin.
  3. Selain menggunakan lidah buaya, Oatmeal adalah obat alami lain untuk meredakan luka bakar akibat sinar matahari. Ekstrak oat diketahui memiliki khasiat sebagai obat antiradang yang bermanfaat untuk mengatasi kulit yang terbakar matahari. Untuk menggunakannya, buatlah oatmeal encer, dinginkan selama 1 atau 2 jam dalam lemari es, kemudian oleskan langsung ke kulit yang terbakar dan biarkan hingga kering. Bilas dengan air dingin perlahan-lahan, karena oatmeal juga adalah bahan pengeksfoliasi lembut, jadi jangan sampai Anda memperparah iritasi kulit.
  4. Menjaga kelembapan kulit yang terbakar dengan mengoleskan lotion atau pelembab kulit. yang mengandung vitamin C dan E, MSM, lidah buaya, ekstrak mentimun dan/atau calendula, yang semuanya dapat menenangkan dan memperbaiki kerusakan pada kulit. Hindari menggunakan pelembab yang mengandung: benzokain atau lidokain karena dapat menyebabkan alergi pada beberapa orang dan memperparah luka bakar akibat sinar matahari; , jangan gunakan mentega, petroleum jelly (Vaseline), atau produk berbahan minyak lainnya pada kulit yang terbakar matahari, karena produk tersebut dapat menghambat pelepasan panas dan keluarnya keringat.
  5. Menjaga cairan tubuh dengan lebih sering mengkonsumsi air minum, buah-buahan dan sayuran sehingga kuli semakin cepat memulihkan kondisinya yang sedang terinfeksi dan iritasi.
  6. Mengonsumsi antiinflamasi nonsteroid (AINS) segera setelah kerusakan kulit. AINS dapat mengurangi pembengkakan dan kemerahan pada kulit yang merupakan ciri khas luka bakar akibat sinar matahari, serta mungkin mencegah kerusakan kulit dalam jangka panjang. Aspirin adalah salah satu produk yang menggunakan AINS. Namun obat-obatan yang termasuk ke dalam AINS tersebut cenderung keras bagi lambung, jadi minumlah obat bersama makanan dan batasi penggunaannya tidak lebih dari 2 minggu. Aspirin juga tidak cocok untuk anak-anak sehingga tidak boleh sembarang digunakan pada anak-anak. Parasetamol (Panadol) dan analgesik lainnya juga dapat membantu meredakan nyeri luka bakar, namun tidak berefek terhadap peradangan dan pembengkakannya. Cara terbaik adalah mencari krim, lotion, atau gel yang mengandung AINS maupun pereda nyeri karena mampu menghantarkan obat lebih cepat langsung ke kulit yang terbakar. 
  7. Berobat ke dokter, ketika luka bakar yang anda alami terasa begitu mengganggu dan tidak mengalami penurunan signifikan setelah melakukan proses pengobatan di langkah 1-6.
Aspirin, Salah Satu Obat Untuk Meredakan Sakit Akibat Kulit Teriritasi Matahari
Aspirin, Salah Satu Obat Untuk Meredakan Sakit Akibat Kulit Teriritasi Matahari (http://www.knowabouthealth.com)
Apakah Setiap Orang Dengan Jenis Kulit Berbeda Mengalami Luka Bakar Matahari?
Bagi anda yang memiliki kulit lebih cerah, putih atau kuning, anda akan merasa lebih cepat panas dan teriritasi ketika terpapar di bawah sinar matahari. Menurut penelitian, 15 menit adalah waktu yang dibutuhkan sinar ultraviolet membakar anda yang memiliki kulit putih. Sementara bagi yang kulitnya cenderung agak gelap, anda akan bisa bertahan selama berjam-jam ketika terpapar sinar matahari tanpa mengalami iritasi. 

Ingin membuktikan hal ini? Coba aja guys, ajak teman anda yang kulitnya lebih gelap untuk memancing di tempat terbuka seperti di pinggir laut. Sementara anda merasa kepanasan dan mulai iritasi, teman anda akan cuek bebek sambil menikmati kopi dan sebatang rokok.. 😂😂

Ogh ya... Satu hal yang anda harus ingat ya, guys! Ketika cuaca mendung, jangan punya pikiran bahwa anda akan aman dari terpaan sinar matahari. Tetap menggunakan pelindung karena sinar ultraviolet akan tetap mengenai anda. 
Baca Juga : Cara Membuang Perangkap Khusus Untuk Ikan Belanak
Demikian ya guys, cara mencegah dan cara menyembuhkan luka bakar terkena matahari ketika memancing. Lebih baik mencegah daripada mengobati. Rasa kulit terbakar itu, hmmm.... sangat menyiksa ya, guys! So... tetap memancing dengan aman tanpa harus mengalami iritasi akibat terkena sinar matahari. Semoga informasi ini bermanfaat dan salam mancing mania.



~Aliem Surya~

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menyembuhkan Luka Bakar Terkena Matahari Ketika Memancing"

Posting Komentar

Spam dan Sejenisnya Adalah Penyakit Berbahaya, Jadi Jangan Ditularkan Di Blog Ini Ya Bray