Tips Mancing, Cara Memilih dan Membuat Senar Leader

cara membuat senar leaders fishing line
Contoh Senar Leader (www.bassjack.com)


Tips Mancing, Cara Memilih dan Membuat Senar Leader. Hallo, mancing mania!! Seberapa pentingkah senar leader untuk kegiatan memancing anda? Atau anda masih bingung bagaimana cara memilih dan membuat tali pancing atau senar leader?


Pertanyaan di atas akan muncul di benak para pemancing pemula atau amatir. Sebenarnya, jika ikan target yang anda buru hanya berupa ikan-ikan kecil di sungai atau di kolam, senar leader tidak akan terlalu membawa efek berarti buat hasil mancing anda. Beda halnya jika anda memancing di danau, sungai, atau laut untuk memburu ikan-ikan target dengan ukuran yang besar, yang mana gigitan atau sirip dan anggota tubuh ikan lainnya bisa membuat senar anda putus atau rusak. Di sinilah senar leader wajib diperlukan oleh anda.


Baca Juga: Cara Membuat Rangkaian Pancing Cabang

Namun tidak ada salahnya, jika anda berjaga-jaga. Maksudnya, mungkin saja ketika anda sedang berburu ikan kecil, umpan anda tiba-tiba disambar oleh ikan besar. Jika senar leader anda hanya senar biasa dengan simpul yang biasa pula, maka senar anda akan putus dan rejeki besar di depan mata anda akan lenyap begitu saja. Untuk itu senar leader tetap akan anda butuhkan untuk mengantisipasi hal tersebut.



Contoh Rakitan Senar Leader
Contoh Rakitan Senar Leader (britishfishing.co.uk)

Suatu rangkaian pancing yang baik sejatinya harus memiliki senar khusus yang dinamakan senar leader. Dinamakan senar leader karena bagian ini  adalah ujung terdepan dari senar pancing yang menghubungkan mata kail dengan tali pancing utama. Leader harus berbeda dengan tali utama karena senar ini harus memiliki karakter yang lebih kuat dan tidak mudah rusak atau koyak terhadap tarikan atau gigitan ikan. Dan, karena berhubungan langsung dengan kail berisi umpan yang nantinya akan disambar oleh ikan, tali leader juga harus memiliki sifat kamuflase, artinya di dalam air sebisa mungkin tali ini tidak terdeteksi oleh ikan.


Baca Juga : Tips Memilih Senar Pancing Terbaik


Jika disimpulkan, tali senar leader yang baik memiliki karakteristik sebagai berikut:

  • Kuat dan tahan koyak (disesuaikan dengan jenis ikan target)
  • Memiliki sifat kamuflase (transparan) di dalam air sehingga tidak terdeteksi oleh ikan.
Dibandingkan dengan senar tipe braided (PE), tipe senar leader yang digunakan biasanya adalah jenis monofilamen dan untuk ikan tertentu yang memiliki gigi-gigi tajam, menggunakan senar kawat (wire atau nickline). Ini bukan sebuah aturan yang baku ya, guys. Jika memang lebih nyaman dengan menggunakan senar PE, silahkan dipakai. Masing-masing anglers punya strategi sendiri untuk merangkai senar leader. Tentu saja berdasarkan pengalaman masing-masing dalam memancing.

Bagaimana cara membuat rangkaian senar leader yang baik? 


Membuat senar leader juga tidak ada aturan baku. Artinya masing-masing anglers memiliki selera tersendiri serta tergantung ikan target yang anda buru. Umumnya, anda harus menyiapkan bahan-bahan berikut untuk membuat senar leader. 



  • Tali pancing monofilament atau wire (kawat)
  • Swivel / Kili-kili
  • Kail
  • Pemberat

Langkah pertama adalah tentukan apakah Anda memerlukan kawat atau hanya berupa senar monofilamen. Gunakan gunting/cutter/gunting kuku untuk memotong pemimpin dengan panjang yang dibutuhkan. Pastikan anda menambahkan 8-10 inci ke setiap ujungnya untuk mengikat simpul. Pada dasarnya, anda yang terbiasa membuat simpul tipe apapun bisa anda gunakan untuk membuat senar leader. Baik satu rangkaian, dua rangkaian berbentuk cabang atau tiga rangkaian semua bisa anda pakai, dan masing-masing disesuaikan dengan tujuan memancing dan ikan target yang dipakai. 

Untuk istilah lokal dikenal juga dengam teknik glosoran atau memancing dasaran atau menggunakan pelampung, dan anglers memiliki metoda yang berbeda untuk membuat senar leader. Begitupun jika menggunakan leader berupa kawat, pada dasarnya sama saja dengan menggunakan senar monofilamen, hanya berbeda dari cara membuat simpulnya. 


Baca Juga: Cara Membuat Rangkaian Pancing Dasaran / Glosor

Nah, demikiannya guys, pembahasan tentang cara memilih senar leader bagaimana cara memilih dan cara merangkainya. Intinya senar leader adalah senar terdepan dan terkuat yang didesain agar tidak mudah rusak ketika ikan sudah memakan umpan anda. 


Salam mancing mania, 



~Aliemsurya~



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Mancing, Cara Memilih dan Membuat Senar Leader"

Posting Komentar

Spam dan Sejenisnya Adalah Penyakit Berbahaya, Jadi Jangan Ditularkan Di Blog Ini Ya Bray