Teknik Mancing Neger Untuk Ikan Gabus, Cara Praktis Memancing Ikan Gabus Tanpa Perlu Repot

Memancing Ikan Gabus Dengan Teknik Neger
Ikan Gabus Ukuran Monster - Giant Snakehead (http://www.animalplanet.com)

Teknik Mancing Neger Untuk Ikan Gabus, Cara Praktis Memancing Ikan Gabus Tanpa Perlu Repot. Halo, mancing mania! Tulisan kali ini akan membagikan tips kuno cara memancing ikan gabus di sawah, sungai atau rawa. Tips memancing jadul tapi masih ampuh dipraktekkan sampai dengan saat ini, guys! Istilah yang dikenal untuk memancing Ikan Gabus adalah dengan menggunakan teknik neger atau jeger, yaitu cara memancing Ikan Gabus tanpa perlu repot menunggui joran anda seperti memancing pada umumnya. Anda hanya perlu pasang umpan, simpan joran dan tinggal lalu selang beberapa waktu anda kembali dan melihat kembali joran yang anda pasang tadi. Nah, simak ulasan lengkapnya berikut ya guys.


Baca Juga: Jangan Dibuang!! Ikan Ini Ternyata Berkhasiat & Kandungan Gizinya Tinggi

Sekilas Info Ikan Gabus

Ikan Gabus adalah salah satu ikan populer baik di Indonesia maupun di luar negeri. Ikan yang dijuluki dengan nama snakehead fish ini mudah dikenali karena bentuk menyerupai torpedo dan ciri khas kepalanya yang memipih menyerupai kepala ular. Dikutip dari Wikipedia, ikan ini dikenal dengan banyak nama di pelbagai daerah: bocek, boncel, aruan, haruan, kocolan, bogo, bayong, bogo, licingan, kutuk, kabos dan lain-lain. Sedangkan nama ilmiah Ikan Gabus adalah Channa striata (Bloch, 1793).

Olahan masakan daging ikan gabus
Salah Satu Masakan Olahan Daging Ikan Gabus - Ikan Gabus Asin Balado Cabe Hijau (https://selerasa.com/)
Ikan Gabus dapat ditemukan di daerah rawa, danau sungai maupun sawah. Ikan ini merupakan salah satu jenis ikan predator favorit di kalangan anglers. Di habitat alaminya, ikan ini memburu ikan-ikan kecil, katak, serangga, keong sebagai makanannya. Dengan teknik casting yang tepat, baik menggunakan umpan hidup maupun umpan tiruan Ikan Gabus bisa terpancing dengan mudah. 
Baca Juga: Cara Membuat Senar Leader Untuk Memancing
Ikan Gabus memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi karena memiliki kandungan protein terutama albumin yang sangat tinggi. Ikan Gabus dikonsumsi oleh pasien yang baru selesai menjalani operasi karena albuminnya merangsang pembentukan sel baru dan menyembuhkan luka. Kebanyakan ikan gabus dikonsumsi dengan cara digoreng tapi di beberapa daerah ada juga yang membuatnya sebagai ikan asin dan memiliki cita rasa yang lezat.

Cara Mancing Ikan Gabus Dengan Neger

Memancing Ikan Gabus memang mengasyikkan. Predator satu ini terkenal sangat buas dalam menyambar umpan yang ada didekatnya. Jika biasanya para anglers memancing menggunakan teknik casting dengan menggunakan umpan tiruan yang menyerupai katak dan sebagainya, maka teknik yang tradisional sering dipakai orang-orang jaman dulu di kampung-kampung adalah dengan cara neger atau kalau dalam bahasa Cirebon, Indramayu dan sekitarnya disebut jeger.

Neger hanya memerlukan joran dari bambu, tali pancing yang kuat, kail/hook ukuran besar dan umpan hidup berupa katak kecil. Berbeda dengan cara mancing pada umumnya, neger hanya memasang umpan dan meletakkan alat pancingnya di sepanjang aliran sungai, pinggiran rawa atau di area sawah yang masih dihuni Ikan Gabus. Jumlah pancing biasanya lebih dari satu dan diletakkan menyebar di daerah spot yang memiliki potensi dihuni oleh Ikan Gabus.

Untuk membuat pancing teger tidak susah. Berikut bahan-bahan, peralatan dan cara membuatnya.


Cara Membuat Joran & Rangkaian Pancing Teger Ikan Gabus
Cara Membuat Joran & Rangkaian Pancing Teger Ikan Gabus

Bahan dan Peralatan

  1. Bambu, bisa masih berbentuk batangan atau sudah dipotong-potong untuk joran
  2. Tali senar pancing, ukuran diameter 0,4mm ke atas
  3. Kail/Hook ukuran 10 - 12
  4. Pisau, gergaji, golok, ampelas untuk membuat joran dari bambu
  5. Umpan katak hidup, bisanya sangat banyak disisi sungai atau sawah pada saat pagi atau sore hari
Cara Membuat Rngkaian Pancing Teger Ikan Gabus


  1. Ambil bambu dan potong dengan gergaji atau golok, anda hanya memerlukan bambu sepanjang satu meter untuk membuat joran teger dengan 1-2 cm
  2. Kecilkan bagian dalam bambu dengan menggunakan golok atau pisau sampai kondisi bambu menjadi cukup lentur. Kondisikan supaya bagian  ujung atas ada tempat untuk mengaitkan dan bagian bawah diruncingkan untuk mempermudah menancapkan joran di spot pemancingan. 
  3. Anda tidak perlu membuat kulit bambu biarkan seperti adanya karena itulah bagian terkuat dan membuat joran anda menjadi lentur.
  4. Setelah dirasa cukup lentur haluskan dengan ampelas supaya serpihan bambu-bambu kecil tidak melukai tangan anda.
  5. Cara yang sama anda gunakan untuk membuat 5 atau 10 atau bahkan lebih joran untuk neger ikan gabus. Semakin banyak alat teger dipasang, potensi untuk mendapatkan Ikan Gabus tentu saja akan semakin besar.
  6. Gunting tali pancing dan anda hanya perlu sekitar 30-40 cm saja untuk dikaitkan ke joran. 
  7. Pasang atau simpul dengan kuat kail/hook yang akan anda pakai.
Baca Juga: Cara Membuat Rangkaian Pancing Cabang

Cara Mencari Katak dan Memasangnya Sebagai Umpan Teger

Katak atau anak katak yang masih beukuran kecil (kira-kira sebesar jempol tangan) akan anda gunakan untuk umpan Ikan Gabus dengan cara pancing teger. Untuk mencari katak, anda yang berada di daerah perkotaan, tidak ada padang rumput atau aliran sungai, mungkin akan susah untuk mendapatkannya. Tapi jika anda tinggal di daerah pedesaan, mencari katak kecil bukan hal yang sulit. Anda hanya perlu menyusuri pinggiran sungai atau sawah yang berumput  pada pagi atau sore hari dan menggunakan kayu atau bilah bambu untuk dipukulkan ke rerumputan. Katak kecil akan melompat ke sungai dan anda tinggal menunggu ke arah mana katak tersebut bergerak, dan anda bisa menangkapnya dengan tangan.

Anak Katak Untuk Umpan Hidup Pancing Teger Ikan Gabus (https://seputarmancing50.blogspot.co.id/)

Cara memasang katak ke kail yaitu dengan menusuk bagian ekor sampai ujung kail anda tonjolkan ke punggung katak. Lalu, pancing teger anda tancapkan di tempat yang potensial. Seperti diuraikan di atas, tali yang diperlukan hanya 30-40 cm saja. Tali pancing yang pendek memiliki tujuan ketika katak sebagai umpan hidup di pasang, tidak akan kabur terlalu jauh dan posisinya akan sedikit menggantung di atas permukaan air. Gerakan tubuh katak hanya akan berputar-putar di sebelah joran, tidak akan melompat terlalu jauh.

Baca Juga : Cara Membuat Pancingan Belanak Dari Botol Bekas

Waktu yang tepat untuk memancing teger Ikan Gabus adalah siang menjelang sore atau sore sampai malam dan malam sampai pagi hari. Anda bisa melihatnya selang waktu 3 sampai 4 jam sekali sambil membawa tempat ikan dan tentu saja katak untuk mengganti umpan yang habis atau mati. Pengalaman saya, tingkat keberhasilan mendapatkan Ikan Gabus ini cukup tinggi jika kondisi sawah sedang dalam kondisi yang tepat. Ikan Gabus akan melimpah di sawah satu atau dua bulan setelah musim tandur (padi selesai di tanam). Dari 10 buah alat teger jika sedang mujur, anda bisa mendapatkan 4-5 ekor Ikan Gabus. Sisanya, zonk atau ada dua sampai tiga pancing yang justru disantap oleh ular sawah. Pernah suatu kali, mungkin Ikan Gabus ukurannya terlalu besar sehingga hilang terseret pada saat umpan disambar. Kadangkala, selain Ikan Gabus, Ikan Lele atau Betok dengan ukuran besar juga ikut terpancing 

Demikian guys, cara membuat perangkap ikan gabus dengan menggunakan teknik neger. Silahkan dicoba di gunakan di tempat-tempat dan spot potensial yang masih terdapat Ikan Gabus. Anda tidak perlu menunggu lama dan bisa anda tinggalkan sambil bersantai atau melakukan aktifitas di rumah.

Selamat mencoba dan salam mancing mania....



~Aliem Surya~

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Teknik Mancing Neger Untuk Ikan Gabus, Cara Praktis Memancing Ikan Gabus Tanpa Perlu Repot"

Posting Komentar

Spam dan Sejenisnya Adalah Penyakit Berbahaya, Jadi Jangan Ditularkan Di Blog Ini Ya Bray