Cara Membagi Pecahan Nominal Uang Menggunakan Rumus Excel

Cara Membagi Pecahan Nominal Uang Menggunakan Rumus Excel. Adakalanya, pada saat membagikan gaji atau bonus secara cash, artinya memberikan uang kepada karyawan secara tunai, anda kebingungan berapa jumlah pecahan uang seratus ribu, lima puluh ribu, sampai dengan pecahan terkecil yang anda butuhkan. Jika jumlah karyawan hanya sedikit dan jumlahnya bulat, tentunya tidak bermasalah. Namun, akan sedikit membingungkan jika karyawannya jumlahnya banyak dan jumlah gajinya tidak bulat. Tentunya anda harus menghitung dulu berapa pecahan yang anda perlukan ketika anda akan melakukan tarik tunai rekening perusahaan anda.

Dengan menggunakan rumus excel, anda bisa membuat rencana berapa masing-masing pecahan atau nominal uang yang anda butuhkan. Jadi, ketika anda di bank, anda tinggal menyebutkan masing-masing pecahan yang akan anda tarik sehingga anda tidak perlu repot untuk menukar uang yang ada dengan pecahan-pecahan nominal yang lebih kecil.


Rumus yang akan anda gunakan nantinya adalah "INT". Sebenarnya deskripsi rumus ini adalah untuk membulatkan angka ke bawah ke bilangan bulat terdekat. Rumus ini hanya rumus perantara, sisanya adalah perpaduan logika anda dalam mengolah rumus sederhana. Saya berikan contoh sebagai berikut.
Baca Juga: Cara Menampilkan Terbilang Excel Secara Otomatis
Bagian Payroll PT.ABC akan membagikan bonus kepada 10 orang karyawannya sebagai berikut. (Klik gambar di bawah untuk memperbesar)

Cara Membagi Pecahan Nominal Uang Menggunakan Excel
Cara Membagi Pecahan Nominal Uang Menggunakan Excel
Pada gambar tersebut, Bagian Payroll memerlukan total uang sebesar Rp 175.029.800 untuk 10 orang karyawannya yang akan mendapatkan bonus. Dengan menggunakan tabel seperti di atas, Bagian Payrolltidak perlu lagi pusing baik pada saat tarik uang ke bank maupun jumlah pecahan masing-masing amplop karyawan karena semuanya sudah terdata. Tinggal ambil ke bank sesuai tabel, lalu masukkan ke masing-masing amplop karyawan berapa pecahan seratus ribu, berapa lima puluh ribu dan seterusnya. Sangat praktis bukan? Lalu bagaimana cara membagi pecahan nominal uang tersebut?
Baca Juga: Cara Merubah Tampilan Excel Agar Formula Bisa Terlihat
Langkah pertama buatlah template excel seperti tabel di atas. Anda hanya perlu memasukkan formula atau rumus excel di tiap cell untuk masing-masing nominalnya. Simak gambar di bawah! Anda akan memasukkan formula untuk kolom pecahan seratus ribu di kolom "E".

Cara Membagi Pecahan Nominal Uang Menggunakan Rumus Excel
Rumus Untuk Pecahan Seratus Ribu Rupiah


Rumus yang bisa anda input adalah = INT($D7/$E$4)

Seperti yang diuraikan di atas "INT" adalah untuk mencari hasil agar bulat. Jika ada desimal akan dibulatkan. Logikanya, tidak mungkin anda akan mendapatkan pecahan seratus ribu rupiah jumlahnya 1,5 kan? Hanya ada 1, 2, 3 dan seterusnya. Itulah fungsi rumus INT yang digunakan dalam membagi pecahan nominal uang. Selanjutnya, tanda $ (Dollar) adalah untuk "nilai mutlak". Ketika anda akan copy rumus tersebut ke baris di atau kolom lain, cell yang direfer tidak bergeser. Hasil dari rumus tersebut untuk pecahan seratus ribu adalah sebagai berikut.



Cara Membagi Pecahan Nominal Uang Menggunakan Rumus Excel
Jumlah Total Pecahan Seratus Ribuan Yang Perlu Diambil Dari Bank
Jadi, dari total uang bonus sebesar Rp 175.029.800, anda memerlukan pecahan seratus ribu sebanyak 1.746 lembar atau 174.600.000 adalah dalam bentuk pecahan nominal seratus ribu rupiah. Sampai dengan langkah ini, anda yang tadinya mungkin masih meraba-raba tujuan tulisan ini mungkin sudah mulai paham ya, guys.
Baca Juga: Kesulitan Impor CSV Pajak Keluaran Di Program E-Faktur, Begini Cara Mengatasinya
Selanjutnnya, anda akan mencari rumus apa yang akan anda tampilkan di pecahan lima puluh ribu rupiah. Di sini, anda hanya perlu mengembangkan sedikit logika untuk menampilkannya. Simak gambar berikut.


Cara Membagi Pecahan Nominal Uang Menggunakan Rumus Excel
Rumus Untuk Pecahan Lima Puluh Ribu Rupiah
Rumus yang bisa anda input adalah = INT($D7-(E$4*E7))/$F$4)

Untuk pecahan lima puluh ribu rupiah, anda harus ingat bahwa sebelumnya sudah mendapatkan jumlah untuk pecahan seratus ribu rupiah, sehingga anda harus mengurangkan terlebih dahulu dengan total uang dalam pecahan seratus ribu rupiah. Lihat formula "-(E$48E7)". Jika anda bingung dengan apa yang saya jelaskan di tulisan ini, saran saya akan lebih mudah jika anda langsung praktekkan di excel anda. Hasil untuk pecahan lima puluh ribu adalah sebagai berikut.


Jumlah Total Pecahan Lima Puluh Ribu Yang Perlu Diambil Dari Bank
Berdasarkan gambar di atas, dari total uang bonus anda memerlukan sebanyak lima lembar pecahan lima puluh ribu rupiah yang bisa anda minta ke pihak bank. Dalam kalimat lain, nantinya di dalam amplop Ani, Budi, Didi, Bunga, dan Indri tidak perlu ada pecahan lima puluh ribuan, sementara di dalam amplop Ina, Andi, Agus, Eki dan Yanti masing-masing akan dapat satu lembar pecahan lima puluh ribu rupiah.

Selanjutnya untuk pecahan dua puluh ribu rupiah, sepuluh ribu rupiah dan seterusnya. Anda pakai logika yang sama dengan cara di atas. Anda sudah mendapatkan nominal pecahan sebelumnya, jadi anda harus mengurangkan terlebih dahulu. Jika saya simpulkan untuk masing-masing nominal pecahan rumusnya akan diperoleh sebagai berikut (klik untuk memperbesar gambar).


Cara Membagi Pecahan Nominal Uang Menggunakan Rumus Excel
Rumus Untuk Pecahan Dua Puluh Ribu Sampai Dengan Seratus Rupiah


Baca Juga: Cara Menghapus Blank Cell Sekaligus Tanpa Perlu Repot

Dan, hasilnya bisa anda lihat seperti gambar pertama di tulisan ini. Lalu apa fungsi kolom dengan judul "Help"? Kolom itu hanya untuk membantu memastikan rumus yang anda input sudah benar sehingga jumlah masing-masing pecahan rupiahnya juga benar. Anda hanya perlu mebuat summary dari hasil perkalian jumlah nominal rupiah dengan nominalnya. Agar tidak bingung lihat rumus dibawah ini.



Cara Membagi Pecahan Nominal Uang Menggunakan Rumus Excel
Rumus Di Kolom Help Untuk Membantu Cek Hasil Kerja Excel Anda Sudah Benar
Demikian ya guys, cara membagi pecahan nominal uang menggunakan rumus excel. Agak sedikit rumit, ribet dan tidak simpel, tapi itu yang saat ini penulis pakai untuk kebutuhan di kantor yang berhubungan dengan pembagian uang dalam bentuk cash. Sedikit ribet di awal pada saat memasukkan rumus tidak menjadi masalah ya guys, daripada setiap akan membagikan gaji secara cash anda selalu ribet menukarkan uang ke pecahan kecil. Semoga bermanfaat.


Salam,

~aliemsurya~

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membagi Pecahan Nominal Uang Menggunakan Rumus Excel"

Posting Komentar

Spam dan Sejenisnya Adalah Penyakit Berbahaya, Jadi Jangan Ditularkan Di Blog Ini Ya Bray