Spot Mancing Kakap Putih Sungai Cipunegara Patimban Subang

Spot Mancing Kakap Putih Sungai Cipunegara Patimban Subang

Halo Sobat Aliems’ Journey, tulisan kali ini akan mengulas tentang spot mancing Ikan Kakap Putih atau Baramundi di Sungai Cipunagara, yang merupakan salah satu spot favorit anglers di sekitar wilayah Pantura (Kerawang, Subang, Indramayu). Sungai Cipunagara atau Cipunegara adalah salah satu sungai di Provinsi Jawa Barat. Panjangnya sekira 147,3 kilometer mengalir dari dari Gunung Bukit Tunggul di Pegunungan Bandung Utara dan bermuara ke Laut Jawa. Sungai ini melintasi tiga kabupaten yaitu Kabupaten Subang, Kabupaten Sumedang dan Kabupaten Indramayu. Hulu Sungai Cipunagara secara administratif masuk ke wilayah Desa Cipunagara, Kecamatan Cisalak, Kabupaten Subang sedangkan muara sungai terletak di Desa Patimban, Kecamatan Pusakanagara, Kabupaten Subang (wikipedia).


spot mancing sungai cipunagara, spot mancing pantura, spot mancing kakap putih, spot mancing baramundi, pelabuhan patimban


Petunjuk Arah Menuju Spot Mancing Sungai Cipunagara Patimban Subang

Dari arah Jakarta, Bandung, Karawang dan sekitarnya, arahkan kendaraan anda menuju ke jalan pantura Karawang – Indramayu (tidak masuk tol). Tujuan anda adalah pasar Pusaka Ratu di daerah Pusaka Negara lalu setelah kurang lebih 50 meter belok kiri menuju Jl. Ciawitali. Jika dari arah Tegal, Cirebon, Indramayu, anda belok kanan persis di persimpan jalan menuju Jl. Ciawi Tali. Lanjutkan perjalanan melewati SMAN Pusaka Negara, terus arahkan mengikuti arah (warna biru) sesuai dengan gambar di bawah. 


loading...
Setelah sampai Desa Patimban, sobat Aliems’ Journey sudah tidak terlalu jauh dari spot mancing Sungai Cipunagara. Saya sarankan sobat mengaktifkan Google Maps dan GPS. Jika bingung anda tidak perlu ragu untuk menanyakan warga sekitar. Sebagian jalan yang sobat lewati menuju ke arah spot mancing Baramundi di Sungai Cipunagara nampak rusak, agak berbatu tajam, dan masih didominasi oleh tanah liat akan menyulitkan anda terutama pada waktu hujan.


spot mancing pantura, spot mancing ikan kakap putih pantura, pelabuhan patimban, sarang kakap putih sungai cipunagara
Peta Menuju Spot Mancing Kakap Putih Cipunagara Patimban Subang



Tempat Jual Udang Hidup Di Spot Mancing Sungai Cipunagara Patimban Subang

Setelah masuk ke Jl. Ciawitali sobat Aliems’ Journey bisa perhatikan sisi kanan-kiri jalan untuk menemukan penjual udang hidup untuk memancing di spot mancing Sungai Cipunagara. Sobat juga bisa menanyakan ke warga setempat. Sebisa mungkin sobat menemukan penjual udang sebelum sampai spot karena dikhawatirkan sesampainya sobat di spot, stok udang kosong terutama jika memancing di hari libur atau weekend. Oh ya, mengenai perbekalan untuk memancing, sepanjang jalan menuju spot banyak ditemukan warung kelontongan dan minimarket yang bisa sobat kunjungi untuk membeli bekal saat mancing nanti.


Baca Juga: Spot Mancing Daerah Cirebon Dan Sekitarnya


Kondisi Spot Mancing Sungai Cipunagara Patimban Subang

Sekitar 45-60 menit perjalanan dari awal masuk Jl. Ciawitali, Sobat Aliems’ Journey akan sampai di spot mancing ikan Kakap Putih di sungai Cipunagara Subang. Kondisi jalan yang tidak semuanya mulus menyebabkan sobat harus memacu kendaraan lebih lambat. Sementara kondisi spot mancing di sungai Cipunagara sendiri dengan lebar yang layaknya sungai besar yang muara ke laut sangat potensial di huni berbagai jenis ikan.

Ikan target yang dicari para anglers di spot mancing sungai Cipunagara Patimban Subang adalah ikan Kakap Putih atau Baramundi berukuran besar (babon) yang memang selalu ada sepanjang musim baik hujan maupun kemarau. Sementara untuk teknik yang pada umumnya dipakai pemancing di lokasi mancing adalah menggunakan joran panjang (surfing) dan menggunakan pelampung.


Baca Juga: Tips Memancing Ikan Baramundi (Kakap Putih)


Kelebihan dan Kekurangan Spot Mancing Sungai Cipunagara Patimban Subang

Setiap spot mancing tentu saja memiliki kelebihan (+) serta ada juga kekurangannya (-), begitu pula jika sobat memancing di spot mancing ikan Kakap Putih di Sungai Cipunagara Subang. Berikut di antaranya


Kelebihan Spot Mancing Sungai Cipunagara Patimban Subang

(+) Spot mancing sangat potensial, sungai yang lebar dan dekat dengan muara laut.
(+) Tidak susah untuk mencapai ke spot karena warga sekitar banyak yang tahu.
(+) Mudah untuk mencari perbekalan untuk memancing dan mencari umpan terutama udang hidup.
(+) Ikan Barramundi di sungai ini hampir selalu ada di semua musim


Baca Juga: Spot Mancing Liar Di Sungai Banjir Kanal Timur Jakarta

Kekurangan Spot Mancing Sungai Cipunagara Patimban Subang

(-) Jalan menuju spot di dominasi jalan belum diaspal sehingga perlu berhati-hati
(-) Jalan di spot masih berupa tanah liat, sehingga ketika hujan tiba akan susah untuk dilewati
(-) Cukup banyak ikan hama (pengganggu) selain ikan target yang ikut memangsa umpan

Nah, demikian Sobat Aliems’ Journey, sedikit ulasan mengenai spot mancing Sungai Cipunagara Subang sebagai salah satu spot untuk para anglers berburu ikan Kakap Putih atau Baramundi. Semoga ulasan singkat ini bisa berguna sebagai referensi bagi sobat semua sebelum berangkat ke spot.



aliemsurya

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Spot Mancing Kakap Putih Sungai Cipunegara Patimban Subang"

Posting Komentar

Spam dan Sejenisnya Adalah Penyakit Berbahaya, Jadi Jangan Ditularkan Di Blog Ini Ya Bray