Spot Mancing Di Wilayah Kota Cirebon Dan Sekitarnya

Spot Mancing Di Wilayah Cirebon Dan Sekitarnya
Mencari spot atau lokasi memancing itu gampang-gampang susah ya guys. Jika anda kurang menjelajah atau tidak bergabung dengan komunitas mancing suatu daerah, maka anda hanya akan meraba-raba tempat mana yang merupakan spot mancing potensial dan patut anda kunjungi. Jika anda berniat memancing di wilayah Cirebon dan sekitarnya,  anda harus mengetahui beberapa tempat mancing yang potensial baik untuk target mancing air tawar maupun untuk mancing air laut. Salah satu keunggulan Kota Udang (julukan Kota Cirebon) yang tidak semua kota lain miliki adalah Cirebon memiliki laut sehingga anglers bisa menikmati sensasi memancing baik di darat maupun di laut.
Baca Juga: Berburu Monster Kakap Di Spot Mancing Dam Tanjung Priok Jakarta Utara


Spot Mancing Wilayah Cirebon
Spot Mancing Wilayah Cirebon

Wilayah Cirebon dan sekitarnya biasanya disebut wilayah tiga Cirebon meliputi, Cirebon (baik kota maupun kabupaten), Kuningan, Majalengka dan Indramayu. Semuanya memiliki spot mancing tersendiri dan yang memiliki area laut adalah daerah Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon serta Kabupaten Indramayu. Jadi jika anda ingin mencari lokasi atau spot mancing laut, anda harus datang ke daerah tersebut. Berikut beberapa lokasi memancing di Cirebon dan sekitarnya yang bisa anda jadikan sebagai referensi.


Baca Juga: Menggunakan Teknik Pancing Garon, Babon Patin Ini Terciduk Dari Danau Sunter

1. Pelabuhan Cirebon (Jongor)
Spot mancing wilayah kota Cirebon dan sekitanya yang pertama adalah di sekotar Pelabuhan Kota Cirebon. Spotnya terkenal dengan nama Jongor. Untuk mencapai lokasi anda terlebih dahulu harus mendatangi wilayah Pelabuhan Cirebon. Informasi dari Komunitas Mancing Cirebon (Komaci) ikan target yang diburu para anglers di spot Jongor ini adalah Ikan Kakap Putih (Barramundi) berukuran jumbo. Dari pelabuhan menjangkau ke spot mancing di Jongor anda akan diseberangkan dengan perahu nelayan. Adapun ongkos yang harus anda keluarkan untuk menjangkau spot adalah 15rb Rupiah untuk sekali jalan (PP 30rb Rupiah). Untuk informasi lebih detail tentang spot mancing, logistik serta perjalanannya silahkan bergabung di Group Facebook Komunitas Mancing Cirebon (Komaci). Dan untuk informasi tentang kapal nelayan yang bisa mengantarkan anda menjangkau spot mancing di Jongor anda bisa menghubungi Mas Jaya Abadi.


loading...
Pelabuhan Jongor Spot Mancing Di Wilayah Kota Cirebon Dan Sekitarnya
Pelabuhan Jongor Spot Mancing Di Wilayah Kota Cirebon Dan Sekitarnya

Baca Juga: Refreshing Keluarga, Menginap, Berenang, Memancing Di Cipaku Garden Hotel Bandung

2. Pantai Kejawanan
Selain di Pelabuhan Jongor, spot mancing berikutnya di wilayah kota cirebon dan sekitarnya adalah di Pantai Kejawanan. Pantai Kejawanan merupakan salah satu obyek wisata yang cukup popular di Kota Cirebon. Lokasinya masih dekat dengan area pelabuhan. Anda bisa mencari spot mancing laut di pinggir Pantai Kejawanan atau menyeberang ke beton-beton pemecah ombak yang lokasinya berada lebih ke tengah. Anda bisa meminta jasa perahu nelayan untuk mengantarkan ke spot tersebut hanya dengan merogoh kocek 5rb Rupiah saja untuk sekali jalan (PP 10rb Rupiah). Sama seperti di Pelabuhan Jongor, ikan target yang diburu di spot Kejawanan adalah Ikan Kakap Putih (Barramundi) berukuran besar. 
Pantai Kejawanan Merupakan Salah Satu Spot Mancing Wilayah Kota Cirebon Dan Sekitarnya
Pantai Kejawanan Merupakan Salah Satu Spot Mancing Wilayah Kota Cirebon Dan Sekitarnya
Di spot mancing Pantai Kejawanan Cirebon juga banyak ditemukan para anglers yang memancing Ikan Belanak menggunakan pancing khusus dengan botol dan umpan terigu. Para mancing mania yang berasal dari kota Cirebon dan sekitarnya bisa mengumpulkan 3kg Ikan Belanak dengan menggunakan cara ini. Jadi, tidak ada salahnya jika anda memancing di spot ini anda bisa menyiapkan perangkap sederhana untuk Ikan Belanak. Cara membuatnya sangat mudah, anda bisa mempelajarinya di sini.


Baca Juga: Tarikan Mantap Babon Bawal Di Kolam Pemancingan Tenajar Kertasemaya Indramayu

3. Pantai Dadap Indramayu
Spot mancing di wilayah kota Cirebon dan sekitarnya bergeser ke Kabupaten Indramayu. Salah satu spot yang masih banyak dikunjungi oleh anglers adalah Pantai Dadap. Sebagian mancing mania memilih memancing di pinggir pantai dan di beton-beton pemecah batu. Tak jarang juga yang menyewa perahu nelayan untuk menjangkau rig (tempat pengeboran minyak punya Pertamina). Meskipun kadangkala dilarang mendekati zona rig (untuk faktor keselamatan), kebanyakan anglers memiliki cara tersendiri untuk bisa mendekati wilayah tersebut. 


Pantai Dadap Indramayu Salah Satu Spot Mancing Wilayah Kota Cirebon Dan Sekitarnya
Pantai Dadap Indramayu Salah Satu Spot Mancing Wilayah Kota Cirebon Dan Sekitarnya


Baca Juga: Kuliner Sambil Mancing Di Rumah Makan Teh Haji Citalang Purwakarta
Ikan yang juga menjadi target di spot mancing laut Pantai Dadap Indramayu adalah Ikan Kakap Putih, Kuwe Gerong, Tenggiri, Kerapu dan Baronang. Para mancing mania bisa menyewa perahu nelayan untuk melakukan teknik mancing casting dari atas perahu baik menggunakan udang hidup, maupun teknik mancing menggunakan soft lures maupun hard lures.


Ikan Tenggiri Dan Kuwe Hasil Mancing Di Dekat Rig Indramayu
Ikan Tenggiri Dan Kuwe Hasil Mancing Di Dekat Rig Indramayu

Selain memancing di dekat rig biasanya lokasi spot mancing di wilayah kota Cirebon, Indramayu dan sekitarnya yang juga merupakan favorit anglers adalah di bagan. Bagan adalah salah satu tempat di laut yang biasanya sengaja dibuat oleh nelayan dengan tujuan khusus untuk membuat spot mancing. Nelayan membangun bagan menggunakan bambu. Biasanya ikan akan banyak mendekati spot di sekitar bagan. Memancing dengan menyewa perahu nelayan di spot laut wilayah Cirebon dan sekitarnya membutuhkan uang untuk sewa kapal dan umpan yang ditarif sekitar 800-900rb Rupiah sehari (atau tergantung waktu yang diberikan oleh kapten kapal).


Baca Juga: Cari Kolam Mancing Nyaman Di Purwakarta, Wanayasa Tempatnya


Rig & Bagan, Spot Mancing Wilayah Kota Cirebon Dan Sekitarnya
Rig & Bagan, Spot Mancing Wilayah Kota Cirebon Dan Sekitarnya

4. Muara dan Bendungan Kali Bondet Cirebon
Spot mancing wilayah kota Cirebon selanjutnya adalah Muara dan Bendungan Kali Condet Celancang Kabupaten Cirebon. Spot mancing ini berada cukup dekat dengan kompleks pemakamam Sunan Gunung Jati. Ada sungai besar (Kali Bondet) yang mengarah ke laut membuat lokasi ini menjadi spot mancing potensial bagi warga Cirebon dan sekitarnya. Jalan utama yang melewati spot mancing ini adalah jalan penghubung utama antara Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon dan Kabupaten Indramayu. Ikan target yang diburu di spot mancing ini adalah Barramundi, Sembilang berukuran besar serta ikan-ikan lainnya.


Spot Mancing Kali Bondet Di Wilayah Kota Cirebon Dan Sekitarnya
Spot Mancing Kali Bondet Di Wilayah Kota Cirebon Dan Sekitarnya
Baca Juga: Sensasi Mancing Malam Di Dermaga Ancol

5. Kalibangka Rawaurip Kabupaten Cirebon
Spot berikutnya adalah daerah Kalibangka Rawaurip Kabupaten Cirebon. Spot mancing ini berada di wilayah perbatasan Cirebon dan Jawa Tengah (dekat ke Losari). Spot mancing di Kalibangka Rawaurip Cirebon cukup popular di kalangan para anglers Cirebon dan sekitarnya untuk memburu Ikan Kakap Putih (Barramundi). Sungai di daerah ini menjadi tempat bagi indukan Kakap Putih untuk memijahkan telurnya sehingga sangat potensial untuk mendapatkan sambaran Barramundi berukuran monster.


Spot Mancing Kalibangka Rawaurip, Di Wilayah Kota Cirebon Dan Sekitarnya
Spot Mancing Kalibangka Rawaurip, Di Wilayah Kota Cirebon Dan Sekitarnya

6. Embung Kirota Kalideres Kaliwedi Kabupaten Cirebon
Daerah yang sering mengalami kekeringan di sekitar Kalideres Kabupaten Cirebon membuat pemerintah membangun sebuah waduk kecil (embung) untuk penampungan air sebagai sumber air untuk irigasi sawah warga. Adanya waduk kecil ini mendatangkan berkah tersendiri karena selain ketersediaan air, embung Kirota juga menjadi spot atau lokasi mancing favorit bagi warga Cirebon dan sekitarnya. Untuk menjangkau lokasi jika anda dari arah Palimanan, maka arahkan kendaraan anda menuju Jakarta dan belok kanan ke arah Arjawinangun, lalu lanjut ke jalan Raya Arjawinangun-Gegesik-Jagapura. Lokasi Embung Kirota berada di sebelah kiri jalan.


Embung Kirota, Spot Mancing Di Wilayah Kota Cirebon Dan Sekitarnya
Embung Kirota, Spot Mancing Di Wilayah Kota Cirebon Dan Sekitarnya
Baca Juga: Umpan Jitu Untuk Mancing Ikan Bawal

Ikan target yang sering diburu di spot mancing yang kerap dipakai warga Cirebon dan sekitarnya bersantai bahkan tidak sedikit yang asyik berpacaran tanpa malu-malu ini adalah Ikan Nila, Ikan Patin serta Ikan Tawes (Ikan Lalawak / Ikan Lawak). Anda hanya perlu menyiapkan uang tunai 5rb Rupiah untuk mendapatkan ijin memancing di daerah ini. 


Ikan Target Waduk Kirota, Spot Mancing Di Wilayah Kota Cirebon Dan Sekitarnya
Ikan Target Waduk Kirota, Spot Mancing Di Wilayah Kota Cirebon Dan Sekitarnya

Demikian guys.... beberapa spot atau lokasi mancing di wilayah kota Cirebon, Indramayu dan sekitarnya. Silahkan gali informasi lagi lebih banyak dengan bergabung dengan beberapa komunitas pemancing lokal untuk menanyakan lebih detil tentang spot lokasi yang akan anda tuju sehingga anda mendapat informasi yang memadai dan kunjungan anda ke Kota Udang untuk mencari ikan target tidak sia-sia.

Salam mancing mania,


~aliemsurya~
Loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Spot Mancing Di Wilayah Kota Cirebon Dan Sekitarnya"

Posting Komentar

Spam dan Sejenisnya Adalah Penyakit Berbahaya, Jadi Jangan Ditularkan Di Blog Ini Ya Bray