Spot Mancing Laut Dam Tanjung Priok

Spot Mancing Laut Dam Tanjung Priok
Daerah Khusus Ibukota Jakarta (DKI Jakarta) memiliki spot mancing area laut di daerah Jakarta Utara. Jika anda ingin merasakan sensasi mancing laut di Ibukota negara ini, anda harus ke wilayah utara karena letaknya yang berbatasan dengan pesisir pantai. Salah satu spot mancing laut di daerah Jakarta Utara adalah di Dam (bendungan) Tanjung Priok. Untuk menjangkau lokasinya, anda harus menyeberang menggunakan perahu nelayan yang akan mengantarkan anda ke spot yang dekat dengan Pelabuhan Tanjung Priok ini.
Baca Juga: Sensasi Mancing Malam Di Dermaga Ancol


Spot Mancing Laut Dam Tanjung Priok
Spot Mancing Laut Dam Tanjung Priok

Persiapan Mancing Laut Di Dam Tanjung Priok
Memancing di laut memerlukan persiapan yang sedikit ekstra jika dibandingkan memancing di air tawar. Salah satu umpan mancing di laut yang harus anda siapkan tentu saja udang, dan anda harus membawa udang hidup agar tetap bisa anda gunakan untuk umpan mancing. Jikapun kemudian udang mati, daging udang masih relatif fresh untuk di gunakan sebagai umpan di spot mancing Dam Tanjung Priok. Salah satu cara agar udang tetap hidup adalah anda harus membawa box khusus udang yang dilengkapi aerator sehingga kandungan oksigen relatif lebih banyak dan udang bisa bertahan lebih lama. Jika anda hanya mengandalkan udang mati, daging udang akan cepat membusuk dan mudah hancur sehingga lebih sulit untuk digunakan sebagai umpan mancing.


Box Tempat Menyimpan Udang Hidup Dilengkapi Aerator
Box Tempat Menyimpan Udang Hidup Dilengkapi Aerator
Baca Juga: Cara Tepat Memasang Udang Sebagai Umpan Pancing 

Untuk membeli udang hidup di sekitaran Jakarta Utara, anda bisa menanyakan kepada penduduk sekitar atau nelayan yang akan mengantarkan anda ke spot mancing laut di Dam Tanjung Priok, biasanya ada yang menjual udang hidup untuk umpan mancing di laut. Jika kondisi sedang ramai (banyak pemancing lain yang datang ke spot), stok udang biasanya hanya tinggal sedikit atau bahkan habis sama sekali. Disarankan, jika anda berdomisili di luar Jakarta, anda harus menyiapkan dan memastikan stok udang ini ada, karena jika anda dadakan mencari udang, dikhawatirkan waktu anda akan terbuang percuma hanya untuk menjadi penjual udang. Jadi segera cari informasi penjual udang, buat semacam perjanjian tidak tertulis lewat telepon untuk memastikan stok udang untuk umpan memancing anda tersedia. Jadi anda bisa janjian dengan penjualnya sebelum anda menuju spot mancing.


Baca Juga: Destinasi Mancing Liar Di Jakarta Utara
Persiapan memancing laut di spot Dam Tanjung Priok yang harus disapkan adalah menyiapkan joran, reel, senar pancing, dan perlengkapan lainnya seperti kili-kili khusus untuk memancing di laut. Karena anda akan memancing dipinggir laut dan banyak terdapat beton dan batu penahan di sekitar Dam Tanjung Priok, maka anda harus membawa joran laut berukuran panjang 1,8m atau lebih. Joran berukuran pendek bisa anda gunakan di pinggir untuk memancing ikan-ikan kecil seperti Ikan Pepetek, Ketang-Ketang dan sejenisnya. Menyiapkan reel untuk memancing di laut ukuran 5.000 ke atas dan juga senar pancing yang kuat (nilon berdiameter besar atau juga senar PE/Braided). Anda juga harus membawa timah berukuran besar agar lemparan umpan bisa menjangkau tempat yang jauh dan lebih dalam untuk mendapatkan potensi sambaran ikan besar. Jangan lupa membawa alat penerang seperti lampu, senter dan sebagainya karena spot memancing malam di Dam Tanjung Priok tidak dilengkapi dengan lampu penerang tidak seperti di Dermaga Ancol.

Menjangkau Lokasi Mancing Laut Di Dam Tanjung Priok
Untuk menjangkau lokasi mancing di Dam Tanjung Priok anda bisa memulainya dengan mengarahkan GPS ke destinasi pabrik PT. Bogasari Flour Mills karena lokasi untuk menjangkau Dam Tanjung Priok di mulai tepat di muara sungai di samping pabrik Bogasari, tepatnya di muara terusan Kali Sunter Jakarta Utara. Biasanya, anglers yang membawa kendaraan roda dua (motor), akan menitipkannya di Polsek yang ada di samping muara. Biaya untuk menitipkan motor adalah 10rb rupiah per motor dan anda harus bayarkan ke petugasnya di awal. Untuk yang menggunakan mobil, mungkin anda harus mencoba menanyakan ke petugasnya tempat titip mobil yang aman di sekitar kawasan tersebut.


Baca Juga: Sensasi Tarikan Babon Bawal Di Kolam Mancing Tenajar Kertasemaya


Pelabuhan Nelayan Untuk Memulai Perjalanan Ke Spot Dam Tanjung Priok
Pelabuhan Nelayan Untuk Memulai Perjalanan Ke Spot Dam Tanjung Priok

Setelah kendaraan anda tertitipkan dengan aman, anda hanya perlu sedikit berjalan ke arah kanan dari Kantor Polsek dan perahu sudah standby untuk mengantarkan anda menjangkau lokasi mancing laut di Dam Tanjung Priok. Biasanya, perahu akan menunggu sampai penumpang agak banyak. Jika kondisi sedang sepi, anda akan lebih lama menunggu. Jangan khawatir, bagi anda yang masih kekurangan logistik dan perbekalan seperti rokok, air minum, makanan ringan, anda bisa membelinya di warung yang ada tepat di depan pangkalan perahu. Anda harus sediakan secukup mungkin karena di lokasi tidak akan ada penjual makanan atau minuman. Tarif atau ongkos menyeberang dari pelabuhan nelayan menjangkau lokasi di Dam Tanjung Priok adalah 20rb Rupiah untuk sekali perjalanan. Jadi, untuk pulang-pergi anda harus menyiapkan 40rb Rupiah.


Baca Juga: Mencoba Kolam Mancing Kiloan Di Big Fish Strike Saung Desa Pebayuran Bekasi


Kantor Polsek Untuk Menitipkan Kendaraan Bermotor Sebelum Anda Ke Spot Dam Tanjung Priok
Kantor Polsek Untuk Menitipkan Kendaraan Bermotor Sebelum Anda Ke Spot Dam Tanjung Priok

Jika penumpang sudah mencukupi, perahu akan segera berangkat menuju spot mancing laut di Dam Tanjung Priok. Sepanjang perjalanan, apalagi jika malam hari, anda akan melihat berbagai kapal besar yang bersandar di Pelabuhan Tanjung Priok, gemerlap lampu yang sangat indah, serta kerlap-kerlip lampu mercusuar. Bagi anda yang baru pertama kali berada di lokasi ini, perjalanan yang ditempuh sekitar 15-25 menit dari pelabuhan nelayan sampai dengan spot mancing di Dam Tanjung Priok tidak akan terasa karena anda akan terpukau dengan pemandangan yang ada di sekitar Pelabuhan Tanjung Priok. 

Sesampainya di lokasi, anda bisa memilih spot yang sangat banyak di sepanjang Dam Tanjung Priok. Spot paling diminati adalah di daerah gerbang Dam Tanjung Priok di mana jika kapal masuk, gerbang tersebut dibuka yang menyebabkan air laut masuk dan bercampur dnegan air dari dalam Dam. Di spot ini ratusan anglers dan mancing mania akan berjubal memenuhi Dam.


Pemandangan Menuju Lokasi Spot Mancing Laut Dam Tanjung Priok
Pemandangan Menuju Lokasi Spot Mancing Laut Dam Tanjung Priok
Baca Juga: Menginap, Berenang, Memancing Di Cipaku Garden Hotel Bandung

Memancing Di Dam Tanjung Priok
Jika anda ingin menikmati sensasi bersama ratusan anglers lainnya, maka memancinglah di spot laut yang berada di ujung depan Dam Tanjung Priok. Namun, jika anda ingin menyepi dan menghindari keramaian, anda bisa memberi kode kepada pemilik perahu agar perahu bisa segera menepi. Anda bisa melihat sekitar Dam dan bisa menentukan lokasi mana yang masih jarang di tempati oleh anglers lainnya. Tidak perlu menunggu lama segera siapkan lampu atau alat penerang lainnya. Anda bisa memakai senter dari handphone tapi lebih disarankan anda membawa alat penerang yang cukup besar karena lokasi sekitarnya cukup gelap. Anda akan kesulitan untuk merangkai peralatan dan perlengkapan memancing jika hanya mengandalkan senter dari handphone anda.


Spot Mancing Laut Dam Tanjung Priok
Spot Mancing Laut Dam Tanjung Priok

Memancing di spot Dam Tanjung Priok memungkin anda keleluasaan untuk memancing dan menikmati sensasi mancing di pinggir laut, baik menghadap keluar Dam maupun ke arah pelabuhan, anda bisa melempar ke mana saja sesuai yang anda suka. Anda bisa melempar ke tengah untuk target ikan besar atau di pinggir untuk mendapatkan ikan kecil. Anda juga bisa melakukan teknik casting dengan menggunakan soft lures atau hard lures.


Baca Juga: Istri Sedang Hamil, Suami Dilarang Mancing, Mitos Atau Fakta?

Ikan Hasil Memancing Di Dam Tanjung Priok
Lalu, ikan target apa yang ingin didapatkan di spot mancing Dam Priok? Biasanya yang diincar adalah Kakap Putih (Barramundi) berukuran besar, Kerapu, Baronang. Ikan-ikan jenis lainnya biasanya berukuran lebih kecil seperti Ikan Ketang-Ketang, Ikan Tanda-Tanda, Anakan Kerapu, Ikan Pepetek, Ikan Bloso bisa anda dapatkan dengan cukup mudah menggunakan umpan udang potongan. Untuk sambaran ikan besar, anda harus bersabar dan rajin mengganti udang anda dengan udang hidup yang baru untuk mendapatkan potensi sambaran yang lebih besar.


Jenis Ikan Yang Sering Terpancing Di Dam Tanjung Priok
Jenis Ikan Yang Sering Terpancing Di Dam Tanjung Priok

Tips Memancing Spot Laut Dam Tanjung Priok

  • Berangkat sore atau malam hari dan selesai pagi menjelang siang untuk menghindari cuaca yang sangat panas.
  • Siapkan sunblock, pelindung wajah, sarung tangan, alas kaki agar bagian tubuh anda tidak terbakar ketika matahari beranjak naik.
Baca Juga: Mengatasi Dan Mengobati Luka Bakar Akibat Memancing
  • Membawa alat penerang, lampu LED mini yang bisa disambungkan dengan charger atau HP anda melalui kabel OTG agar anda tidak kesulitan dalam pencahayaan di lokasi spot
  • Membawa jaket atau penghangat tubuh karena pada malam hari angin laut cukup kencang
  • Siapkan perbekalan yang cukup baik makanan, minuman, rokok karena tidak ada penjual logistik di sekitar spot mancing
  • Membawa perangkap untuk Ikan Belanak. Anda dapat melihat dan mendeteksi keberadaannya ketika pagi datang. Ikan ini terlihat menggerombol dan bergerak bersama kelompoknya di permukaan air.
Baca Juga: Cara Mudah Membuat Perangkap Ikan Belanak
  • Waspada dengan batu sekitar dam, pengalaman saya, ikan besar yang sudah fish on dan hook up lenyap begitu saja ketika sampai di pinggir. Tali senar leader bergesekan dengan batu dan langsung putus seketika. Hal ini mungkin terjadi karena menggunakan joran berukuran pendek, pada saat ikan terseret ke pinggir tenaga ikan masih cukup besar. Berbeda halnya jika anda membawa joran panjang, anda bisa melumpuhkan ikan terlebih dahulu di tengah laut sebelum menyeretnya ke pinggir. Intinya, hati-hati dan berusaha menghindarkan ikan agar tidak terlalu dekat dengan batu-batu di bawah Dam.
  • Membawa alat P3K karena batu-batu dan beton di sekitar spot mancing kadangkala ada yang rapuh ketika anda injak dan menyebabkan anda tergelincir serta mengalami luka.
  • Tidak menambah beban sampah di sekitar spot memancing. Sudah cukup banyak sampah bekas para anglers yang berserakan dan didominasi oleh sampah plastik. Untuk itu selalu menjaga agar tidak membuang sampah bekas logistik anda sembarangan. Bantu membersihkannya dengan cara membakar sekaligus bisa anda manfaatkan sebagai api unggun untuk menghangatkan badan.
Demikian guys, ulasan mengenai spot mancing laut di Dam Tanjung Priok yang berlokasi di utara Jakarta. Selamat mencoba dan good luck. Semoga anda beruntung mendapatkan ikan target berukuran besar.

Salam "plung leeupp....!!"


~aliemsurya~

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Spot Mancing Laut Dam Tanjung Priok"

Posting Komentar

Spam dan Sejenisnya Adalah Penyakit Berbahaya, Jadi Jangan Ditularkan Di Blog Ini Ya Bray