Tips Memancing Menggunakan Umpan Hard Lures

Tips Memancing Menggunakan Umpan Hard Lures. Memancing adalah olahraga dan juga seni. Dikatakan olahraga, karena memerlukan tenaga untuk eksplorasi tempat mancing baik di laut, danau, sungai. Kadangkala anda harus mendaki gunung dan turuni lembah bahkan menerobos hutan belantara untuk mencari spot mancing alam terbaik. Pada saat strike dan fish on, tenaga dan konsentrasi anda juga diperlukan agar ikan target yang sudah tersangkut di kail tidak lepas tanpa merusak senar, joran dan reel anda. Memancing adalah seni, karena anda harus kreatif untuk mendapatkan ikan dengan berbagai cara terutama menggunakan variasi umpan. Kreasi untuk mencari variasi umpan ikan pada akhirnya menghasilkan produk umpan tiruan atau lures.


Jenis dan Tipe Umpan Tiruan Lures
Jenis dan Tipe Umpan Tiruan atau Lures



Baca Juga: Istilah-istilah Dalam Memancing, Lengkap!

Lures atau umpan tiruan digunakan sebagai umpan dengan meniru umpan alami yang terdapat dihabitatnya. Variasi lures pada umumnya dibagi menjadi dua berdasarkan bahannya, yaitu hard lures dan soft lures. Hard lurese bisa berbentuk spoon, jig, ikan kecil atau minow. Sedangkan softlures bentuknya menyerupai cacing tanah, menyerupai ulat atau belatung, menyerupai serangga, katak, ikan kecil, tikus dan lain sebagaianya. Pemancing pemula biasanya akan sangat asing menggunakan lures karena harus menguasai teknik dasar dalam memancing terlebih dulu sebelum akhirnya mencoba menggunakan lures.


Baca Juga: Cara Memasang Umpan Cacing Yang Benar

Hal-hal berikut ini harus anda perhatikan ketika menggunakan hard lures sebagai umpan untuk memancing.

1. Cara Memilih Hard Lures Terbaik

Tujuan utama memancing dengan menggunakan lures adalah meniru sebaik mungkin mangsa ikan tersebut di habitat alaminya. Menggunakan berbagai macam variasi lures baik dari bahan, warna, dan bentuk lures yang berbeda mungkin akan cocok untuk memancing ikan tertentu, tetapi belum tentu bisa dipakai untuk ikan lainnya. Jenis dan ukuran lures juga umumnya ditentukan oleh jenis ikan yang akan anda targetkan. Contohnya, ikan kakap putih yang pada habitat alamninya di laut memangsa udang, tidak akan cocok jika anda menggunakan lures berbentuk ikan, apalagi ukuran lures tersebut besar. Anda disarankan menggunakan lures yang juga berbentuk udang dan mengkombinasikan berbagai warna dan bahan yang digunakan.


Baca Juga: Cara Membuat Rangkaian Pancing Glosor

a. Jenis Spoon Lures

Jenis spoon lures dengan kombinasi warna merah dan putih wajib untuk anda coba. Imajinasi yang digambarkan ketika menggunakan spoon lures ini adalah mencoba membuat umpan yang mirip dengan ikan yang sedang terluka dan mengeluarkan darah. Spoon lures di gunakan di dalam air, tidak mengambang di permukaan air. Ikan predator yang sedang lapar akan sangat menyukai umpan spoon lures.


Umpan Tiruan Jenis Spoon Lures
Umpan Tiruan Jenis Spoon Lures
b. Jenis Jig Lures

Jig mungkin salah satu lures yang paling umum digunakan oleh anglers baik untuk memancing di spot laut maupun di air tawar. Seperti halnya lures lain, jig di buat sedemikian rupa sehingga menyerupai umpan alami yang melayang di dalam air. Kail yang tersembunyi di dalam bulu-bulu jig memberi manfaat tersendiri, karena selain tersembunyi, anglers juga bisa menambahkan umpan hidup lainnya melalui kail ini, meskipun bagi sebagian anglers hal tersebut dirasa tidak terlalu berpengaruh.
Lures Berbentuk Jig
Lures Berbentuk Jig


Baca Juga: Resep Jitu Mancing Galatama

c. Lure Crankbait


Saya belum menemukan terjemahan untuk jenis lure crankbait ini dalam bahasa Indonesia. Yang jelas, anglers profesional tidak akan asing dengan lure jenis ini. Biasanya lures ini sangat direkomendasikan untuk memancing Ikan Bass. Crankbait biasanya terbuat dari plastik atau kayu dengan kail di bagian depan dan belakang. Pada ujung bagian depan di desain menyerupai paruh bebek.


Lures Jenis Crankbait
Lures Jenis Crankbait
d. Lure Jenis Spinning

Jenis spinning lures juga harus anda coba gunakan untuk memancing dengan menggunakan lures. Jenis lure ini adalah kombinasi dari spoon, crancbait dan  juga jig lures. Efek "bising" khas spoon lures menimbulkan suasana seolah-olah ada ikan kecil yang sedang panik membuat  ikan predator bernafsu untuk  menyambarnya.



Lures Jenis Spinning
Lures Jenis Spinning


Baca Juga: Tips Membuat Senar Pancing Menjadi Lebih Kuat

2. Mengetahui Teknik Memainkan Lures

Salah satu teknik memancing yang paling banyak dipelajari dan terbukti paling efektif adalah teknik walking dog. Nama teknik ini karena memiliki kesamaan dengan orang ketika sedang berjalan-jalan dengan anjing Rovernya. Dimana Sang Rover akan bergerak ke kanan, atau ke kiri di depan tubuh anda dan anda harus tetap menjaga pegangan rantai yang mengikat Rover. Atau, agar anda lebih mudah untuk mengingat teknik ini, anda bayangkan saja dengan berjalan zig-zag. Itulah hasil yang anda peroleh dari pergerakan umpan dengan teknik ini, yang mana lures anda akan berjalan secara zig-zag dari titik spot lemparan umpan sampai kembali mendekati anda. Biasanya, untuk melakukan teknik, anda menggunakan umpan jenis lures yang dimainkan di permukaan air.


Teknik Walking Dog
Teknik Memancing Dengan Lures Walking Dog

Untuk menjalankan teknik walking dog ini anda harus melemparkan umpan anda dan arahkan ujung joran ke arah air pada sudut 45 derajat. Gerakkan ujung batang ke bawah ke sudut 90 derajat dengan gerakan menyentak. Putar pegangan reel 1 kali putar setiap anda menyentak. Gerakkan joran perlahan pada awalnya, lalu secara bertahap tingkatkan kecepatan sehingga gerakan yang ditimbulkan seolah-olah umpan anda adalah ikan kecil yang sedang berenang menjauh.


Baca Juga: Trik Menyambung Dua Senar Pancing Agar Kuat Dan Rapi

3. Tips Memancing Seperti  Seorang Anglers Profesional

Memancing sangat mirip catur, perlu taktik, teknik, ketenangan agar bisa mendapatkan ikan target. Kebanyakan pemula menyentak senar terlalu banyak dan terburu-buru menyeret umpan tiruan atau lures. Padahal, sangat penting juga untuk memutar reel secara perlahan, menggunakan gerakan yang tenang dan memainkan reel serta senar pancing anda dengan lembut. Meskipun, ketika anda tidak mendapatkan sambaran sama sekali anda harus tetap mempertahankan cara memainkan reel, sentakan pada joran sampai umpan benar-benar sampai ke tangan anda. 



Baja Juga: Tips Membeli Peralatan Mancing Online Murah Berkualias

Tips memancing agar terlihat seperti anglers profesional berikutnya adalah, anda harus mecocokkan warna air dengan lures yang akan anda gunakan. Air pada saat senja atau malam hari membutuhkan umpan berwarna terang sehingga dengan mudah dapat dilihat oleh anda  dan tentu saja oleh ikan target. Sementara untuk kondisi air berwarna jernih atau cerah anda bisa gunakan lures dengan variasi warna gelap seperti coklat, biru, hitam, dan hijau.

Jangan terus casting di area yang sama. Saat memancing, sangat penting untuk bergerak dan menghindari selalu melemparkan lures hanya di area tertentu. Ikan tidak sebodoh yang Anda pikirkan, dan mereka akan mulai mengenali lures bukan mangsa alaminya dan tentu saja hal ini  membuatnya kurang efektif. Sering pindah tempat adalah salah satu trik agar lures anda bisa disambar oleh ikan target. Selain itu, anda harus mencoba semua bagian air dan kedalaman yang berbeda sampai Anda menemukan ikannya. 

Baca Juga: Resep Jitu Racikan Umpan Murah Meriah Manjur

Periksa umpan tiruan atau lures anda. Segera bersihkan jika ada kotoran atau sampah yang tersangkut di badan lures, atau ganti lures anda jika ada bagian yang patah, kail yang ujungnya tidak tajam dan sebagainya. Ketika anda menarik kembali lures, luangkan beberapa detik untuk memeriksa kondisi lures dan menggantinya pada jangka waktu tertentu. Pastikan umpan Anda bersih dan siap untuk digunakan. Belajarlah untuk merawat umpan anda. Penting juga untuk menjaga kail yang terpasang pada lures agar tidak berkarat. 

Demikian ulasan mengenai teknik memancing menggunakan umpan hard lures dan beberapa tips agar anda bisa melakukannya seperti pemancing profesional. Semoga bermanfaat.


Salam mancing mania,



~aliemsurya~

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Memancing Menggunakan Umpan Hard Lures"

Posting Komentar

Spam dan Sejenisnya Adalah Penyakit Berbahaya, Jadi Jangan Ditularkan Di Blog Ini Ya Bray