Cara Merawat Baterai Smartphone Agar Awet Dan Tidak Mudah Rusak

Cara Merawat Baterai Smartphone Agar Awet Dan Tidak Mudah Rusak. Baterai smartphone merupakan komponen yang paling penting agar smartphone anda tetap bisa digunakan. Baterai adalah nyawa bagi smarphone anda, tanpa baterai mustahil anda bisa mengoperasikan smartphone untuk berbagai tujuan. Seiring bertambahnya waktu, baterai baik yang bisa di lepas maupun yang tertanam dalam smartphone anda akan mengalami penurunan kualitas. Penurunan kualitas baterai biasanya ditandai dengan baterai yang cepat habis padahal anda baru saja melakukan proses isi ulang (charging) atau istilahnya baterai smartphone cepat drop.


Cara Merawat Baterai Smartphone Agar Awet Dan Tidak Mudah Rusak

Agar baterai smatphone anda awet atau tahan lama dan tidak mudah rusak dan tidak cepat drop, cara pemakaian smartphone, penggunaan aplikasi dan cara mencharge harus diperhatikan. Berikut beberapa cara agar baterai smartphone awet dan tidak mudah rusak.


Baca Juga: Cara Mudah Membuat Efek Tulisan Bold, Miring, Tercoret Pada Pesan Whatsapp

Menghemat Pemakaian Baterai

Salah satu cara agar baterai smartphone anda awet adalah tidak memberikan beban pemakaian yang berat dan berlebihan pada baterai. Artinya, anda harus efektif dalam menggunakan smarphone agar konsumsi baterai tidak berlebihan. Semakin hemat anda memakai smarphone, tentu saja baterai juga akan terjaga kondisinya dan akan semakin awet. Nah guys... anda bisa  melakukan cara-cara berikut agar pemakaian baterai tidak boros.


Mematikan HP Saat Charge Adalah Cara Yang Benar
Mematikan HP Saat Charge Adalah Cara Yang Benar
  • Mematikan Smartphone ketika charging atau saat malam hari atau saat tidak ada sinyal. Mematikan smartphone ketika charging akan semakin mempercepat pengisian dan saat smartphone anda tidak mendapatkan sinyal, proses searching sinyal akan menyedot konsumsi baterai yang sangat tinggi.
  • Jika anda tidak mematikan sinyal dan masih memerlukan smartphone, maka matikan indikator pencarian sinyal atau gunakan mode pesawat (airplane mode) untuk menghemat pemakaian baterai.
  • Kebanyakan smartphone zaman now menggunakan baterai jenis lithium-ion. Untuk itu anda tidak boleh mengisinya sampai penuh. Baterai berbasis litium dirancang untuk diisi lebih awal dan sesering. Anda juga tidak boleh membiarkan baterai terlalu rendah karena akan dapat merusak baterai. Sering mengcharges dan tidak membiarkannya terlalu penuh atau terlalu kosong akan memperpanjang umur baterai jenis litium.
  • Matikan fungsi getar di ponsel Anda. Gunakan hanya nada dering. Fungsi getar yang anda gunakan akan memakai konsumsi baterai yang lebih tinggi. Dan, jika anda menggunakan volume nada dering, gunakan volume yang dengan level yang paling rendah.
  • Matikan lampu smartphone. Lampu latar pada smartphone adalah lampu yang berfungsi membuat ponsel lebih mudah dibaca dalam cahaya terang atau ketika kondisi gelap. lampu latar ini jelas menggunakan daya baterai. Jika tidak memungkinkan untuk dimatikan, anda bisa mengubah pengaturan agar lampu latar menyala sesingkat mungkin agar pemakaian baterai pada smartphone anda tidak boros.
  • Tidak menggunakan aplikasi smartphone yang tidak perlu. Jika anda ingin menghemat baterai, hindari koneksi internet secara terus menerus atau tidak menggunakan kamera apalagi dengan blitz. 
  • Hindari menelpon dalam jangka waktu yang lama karena akan menambah konsumsi baterai pada smartphone anda
Mematikan Wifi & Bluetooth Untuk Menghemat Konsumsi Baterai
Mematikan Wifi & Bluetooth Untuk Menghemat Konsumsi Baterai
  • Mematikan bluetooh dan wifi serta GPS
  • Mengurangi tingkat kecerahan layar smarphone anda
  • Atur sinyal internet anda. Jika lokasi anda tidak memungkinkan untuk menerima sinyal 4G, maka segera ubah menjadi sinyal 3G atau 2G. Anda bisa mempelajari caranya di link berikut.
  • Hindari menggunakan gambar atau video bergerak atau animasi untuk latar belakang layar smartphone anda. Latar belakang animasi akan menguras baterai lebih cepat. Jika memungkinkan, gunakan latar belakang/background berwarna hitam.
Memperpanjang Umur Baterai

Cara agar baterai smartphone anda awet bisa dimulai pada saat anda membeli smarphone baru. Pada saat anda akan menggunakan smartphone baru, pastikan agar baterai baru anda terisi penuh sebelum digunakan. Jadi, charges dulu ya guys, sampai indokator penuh. Lanjutkan charges sampai 5-6 jam kemudian untuk jenis baterai litium-ion. Sedangkan untuk jenis nikel anda harus mengisinya sampai dengan 16 jam. Proses ini dinamakan inisiasi baterai baru yang berguna agar baterai smarphone anda menjadi awet.


Baca Juga: Albothyl Dilarang, Pakai Obat Alami Ini Sebagai Gantinya!

Selanjutnya anda harus menjaga baterai tersebut agar awet, tahan lama alias tidak mudah rusak. Untuk jenis baterai litium-ion, jangan paksakan sampai daya baterai benar-benar kosong. Jika sudah mendekati habis segera matikan dan charges. Membiasakan baterai litium-ion dalam kondisi benar-benar tanpa daya akan mempersingkat umur baterai smartphone anda.

Cara untuk memperpanjang umur baterai selanjutnya adalah menjaga baterai agar tetap dalam kondisi dingin. Caranya, anda bisa sesekali memasukkan baterai ke lemari es. Baterai smartphone anda akan bertahan paling lama jika digunakan di dekat suhu ruangan yang sejuk. Hindari menyimpan di tempat yang terpapar panas.  Menyimpan terlalu lama di dalam saku celana yang ketat juga akan menyebabkan baterai cepat panas. Jika kondisi baterai terlalu panas segera matikan dan restart smartphone anda. Beberapa smartphone ada yang dilengkapi dengan aplikasi untuk membuat baterai menjadi dingin. Anda bisa gunakan jika memang diperlukan.


Baca Juga: Cara Mudah Menaman Alpukat Di Dalam Pot

Cara Mencharge Baterai Lithion-Ion Yang Benar

Mengisi daya baterai yang benar adalah menyesuaikan dengan tipenya. Sebagian besar smartphone yang lebih baru memiliki baterai lithium-ion, sementara yang lebih tua umumnya memiliki baterai berbasis nikel. Jadi, pastikan anda selalu membaca label di bagian belakang baterai atau dalam spesifikasi teknis di manual untuk menentukan secara tepat baterai mana yang anda pakai di smartphone yang anda miliki. 


Berikut cara charge baterai litium-ion yang benar:
  • Selalu mendahulukan colokan ke stopkontak terlebih dahulu baru kemudian colokkan ke smartphone anda. Jika terbalik, akan ada efek tegangan kejut yang jika terus berulang akan merusak baterai litium-ion di smartphone anda.
  • Jangan mengisi baterai pada saat kondisinya panas. Diamkan beberapa saat atau matikan sampai kondisi baterai dingin, baru anda charges. Charge baterai dalam kondisi panas akan menyebabkan kerusakan. Lebih lanjut ada beberapa kasus baterai yang meledak pada saat di charge dalam kondisi panas atau terlalu lama.
  • Charges baterai jangan sampai daya baterai benar-benar kosong atau habis.
  • Charges secara berulang, misalnya anda cabut ketika kondisi baterai sudah 80 persen. Lalu anda kembali charges ketika kondisinya 20 persen. 

Baca Juga: Jalur Mudik 2018 Jakarta-Surabaya  Tersambung Tol, Berikut Rute Yang Harus Anda Lewati!

Cara Mendeteksi Baterai Smartphone Yang Rusak

Melakukan perawatan baterai smartphone seperti yang diuraikan di atas akan membuatnya menjadi awet dan tidak mudah rusak. Selain itu, anda juga harus bisa mendeteksi dan mengenali baterai smartphone yang telah mengalami kerusakan. Baterai smartphone yang kondisinya sudah tidak bagus biasanya memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

Penggelembungan Adalah Indikator Baterai Yang Mengalami Kerusakan
Penggelembungan Adalah Indikator Baterai Yang Mengalami Kerusakan

  • Baterai yang mengalami kerusakan, pada saat charges, waktu yang digunakan untuk menjadikan baterai tersebut full kembali menjadi lebih singkat.
  • Baterai terasa lebih hangat dari biasanya ketika siklus isi ulang.
  • Baterai menjadi lebih hangat dari biasanya selama anda menggunakan smartphone
  • Casing baterai biasanya menjadi bengkak atau menggembung. 
Jika baterai smartphone anda sudah menunjukkan ciri-ciri seperti di atas terutama sampai pada fase baterai membengkak atau menggembung, segera ganti baterai anda dengan baterai yang baru.



Salam blogger,

~aliemsurya~

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Merawat Baterai Smartphone Agar Awet Dan Tidak Mudah Rusak"

Posting Komentar

Spam dan Sejenisnya Adalah Penyakit Berbahaya, Jadi Jangan Ditularkan Di Blog Ini Ya Bray