Ini Dia Enam Peluang Bisnis Dan Usaha Sampingan Tanpa Perlu Modal

Ini Dia Enam Peluang Bisnis Dan Usaha Sampingan Tanpa Perlu Modal. Hari gini gak punya kerja sampingan? Sepertinya ketinggalan ya, guys! Tidak perlu mengeluh kebutan yang masih meningkat, sementara penghasilan rutin anda sangat pas-pasan. Era revolusi dunia menuju ke arah digitalisasi seperti sekarang ini seharusnya membuat anda lebih mudah mencari peluang bisnis dan  pekerjaan sampingan di luar kerjaan rutin anda. Peluang bisnis dan kerja sampingan di era teknologi dan serba online alias menggunakan internet semakin banyak bermunculan, bahkan anda tidak perlu mengeluarkan modal untuk menjalani bisnis tersebut.

 Peluang Bisnis Dan Usaha Sampingan Tanpa Perlu Modal
 Ilustrasi Peluang Bisnis Dan Usaha Sampingan Sistem Online

Berikut daftar peluang bisnis dan kerja sampingan yang bisa lakukan tanpa perlu repot mengeluarkan modal.

1. Membuat Blog Dan Jadilah Blogger

Saya mengenal blog sejak kuliah, namun pergaulan dengan teman-teman yang belum tahu tentang manfaat membuat blog dan menjadi seorang blogger membuat saya sedikit apatis. Saya hanya menulis sesuatu yang tidak jelas arahnya, lalu vakum dalam jangka waktu lama. Saya mulai lagi dengan blog baru, menulis lagi, menghilang lagi dan seterusnya. Sampai akhirnya, saya menemukan seorang kawan yang mengerti tentang blog, mau sedikit berbagi ilmu dan selebihnya saya belajar secara otodidak, mengembangkan blog dan sampai akhirnya jadilah blog ini.

Bukankah harus memiliki modal untuk membeli domain blog? Benar, saya memilih jalan paling pintas untuk bisa berafiliasi dengan google adsense. Anda tidak perlu mengikuti cara saya karena anda bisa mengembangkan blog dari platform bawaannya di blogger atau blogspot atau wordpress dan mengajukan kerjasama dengan google adsense. Dan, banyak kok yang tanpa perlu membeli domain, blognya bagus dan penghasilannya lebih banyak daripada blogger yang sudah mempunyai domain sendiri.

Baca Juga: Cara Menampilkan Iklan Tepat Di Bawah Judul Postingan Blog

Menjadi seorang blogger adalah salah satu peluang usaha yang bisa dilakukan oleh anak sekolah, mahasiswa, pekerja swasta, maupun mengisi waktu pada saat pensiun tiba. Belajar membuat blogger dan selalu konsisten membuat konten yang bagus akan membantu blog anda berkembang dari waktu ke waktu. Semakin banyak page view dari blog anda, maka potensi penghasilan tambahan anda dari blog akan semakin besar.


2. Menjadi Penulis Lepas

Selain blogger, anda bisa juga menjadi seorang penulis lepas. Apa bedanya antara ngeblog dengan menjadi penulis lepas? Yang jelas keduanya mengandalkan kemampuan menulis anda. Bedanya, blogger mengelola sendiri suatu blog atau situs dan anda menjadi admin, pemilik dan penulis blognya. Sementara untuk menjadi penulis lepas, anda hanya perlu menulis di platform lain yang disediakan oleh pihak ketiga. Contoh platform yang memungkinkan anda untuk bergabung menjadi penulis lepas adalah seword.com, UCMedia, Baca Berita (Babe) dan platform lainnya.

Baca Juga: Cara Mendaftar Menjadi Penulis di UC Media

Nantinya, anda akan dibayar oleh penyedia platform tersebut berdasarkan jumlah pembaca, kualitas konten dan sebagainya tergantung kesepakatan yang disediakan pihak penyedia platform. Menjadi penulis lepas dan dikombinasikan membuat serta mengelola blog sendiri adalah hal yang istimewa dan akan memberikan anda penghasilan tambahan melalui kemampuan menulis. Satu hal yang harus anda lakukan adalah konsistensi dan selalu meningkatkan kualitas tulisan dari waktu ke waktu.

Menjadi Penulis Lepas Untuk Menghasilkan Pendapatan Sampingan
Menjadi Penulis Lepas Untuk Menghasilkan Pendapatan Sampingan

Benarkah tanpa modal? Bukankan saya harus beli kuota untuk mengirimkan tulisan saya ke penyedia platform? Yaelahhhh, guyss!! Pulsa dan kuota smartphone di zaman now sudah menjadi kebutuhan primer, lho! Anda beli paket pulsa untuk sebulan dan kadang-kadang masih bersisa, kan? Nah, daripada buat download bokep dan main game online serta buat eksis di media sosial tanpa hasil, mending buat ngeblog dan menjadi penulis lepas. Tul, gak guys?

3. Memanfaatkan Kendaraan Di Rumah

Anda memiliki kendaraan, mobil misalnya? Mobil anda dipakai rutin setiap hari untuk kerja? Nah, lagi trending nih, guys... Anda bisa bekerja sama dengan penyedia iklan yang dipasang dikendaraan seperti Ubiklan, KarAds, StickEarn dan lainnya. Nantinya, mobil anda akan ditempeli iklan bisa di seluruh bodi mobil atau dibagian tertentu dari mobil saja, seperti dibagian kaca belakang, misalnya. Anda akan dibayar dengan suatu kesepakatan dengan pihak penyedia iklan tergantung klausul yang ditawarkan oleh pihak penyelenggara iklan. Kisaran pendapatan sampingan dari memasang iklan pada mobil anda ini adalah 1-2jt, atau bisa jadi lebih. Tidak punya mobil? Jangan khawatir, motor pun anda bisa gunakan untuk memasang iklan. Contohnya pada gambar di bawah ini, dan anda pasti sering menemuinya di jalan, kan?

Pasang Iklan Di Motor Untuk Penghasilan Tambahan
Pasang Iklan Di Motor Untuk Penghasilan Tambahan

Atau anda punya mobil, motor yang tidak dipakai? Bekerja samalah dengan seseorang yang mau mengoperasikan kendaraan tersebut untuk dipakai sebagai ojek atau taksi online untuk mengoptimalkan peluang bisnis serta pendapatan sampingan anda. Caranya, daftarkan atas nama anda atau nama rekanan yang akan membawa kendaraan anda ke Grab, Gojek atau Uber. Tentunya anda harus pula mengikuti peraturan yang berlaku tentang kendaraan yang bisa di pakai sebagai ojek atau taksi online dan buatlah kesepakatan antara anda sebagai pemilik kendaraan dan rekanan anda sebagai pengendaranya. Berdasarkan pengalaman saya, penghasilan tambahan dari kerjasama ini cukup lumayan dan bisa membantu menutupi kebutuhan hidup.

Baca Juga: Cara Ampuh Menghilangkan Noda Lunturan Cover Di Bodi Mobil

4. Mebuat Toko Virtual Online Atau Berjualan Onlie

Anda mempunyai toko konvensional yang menjual produk tertentu, menjual alat pancing misalnya? Atau menjual baju, sepatu dan produk lainnya? Mulailah berpikir untuk membuat toko virtual atau online untuk ikut memasarkannya melalui internet. Jika anda sudah memiliki domain blog atau situs, dan anda ingin menggunakannya sebagai toko virtual, itu ide yang bagus. Selain itu ada cara lain agar bisa memasarkan produk anda secara online.

  • Membuat page atau halaman di Facebook untuk menjual produk
  • Membuat foto menarik, mencari follower dan menjualnya di Instagram
  • Bergabung dengan merchan online seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopie dan lainnya. Di sini anda akan menjadi penjual yang bergabung dengan jutaan penjual lainnya.
Dengan kombinasi konvensional dan virtual atau online, toko anda akan semakin ramai pembeli. Jangan lupa untuk mengemas jualan anda semenarik mungkin, menawarkan diskon, pelayanan yang mumpuni baik dalam pengemasan maupun kecepatan dalam mengirim barang agar konsumen anda puas dan akan kembali datang mengunjungi serta berbelanja di toko virtual anda.

Keluar biaya untuk bergabung dengan merchan online? Saya rasa tidak, anda hanya perlu mendownload aplikasinya di store baik android maupun platform smartphone lainnya, mendaftarkan alamat email, foto-foto barang, memajangnya dan bersiap menunggu orderan datang untuk pertama kalinya.



5. Dropshipper & Reseller

Nah, anda sudah mengetahui cara membuat toko virtual atau memanfaatkan platform yang disediakan oleh merchan online. Muncul lagi masalah ketika anda tidak memiliki produk untuk dijual secara online. Tenang bray... anda hanya perlu memutar otak untuk mengendus peluang bisnis yang kalau ditekuni akan sangat menggiurkan ini. Jadilah dropshiper dan reseller, guys! Apa itu dropshipper dan apa pula reseller? Apa bedanya dropshipper dan reseller? Pertanyaan itu akan ada dibenak anda yang belum mengetahui seluk beluk bisnis online.

Pendapatan Tambahan Dari Dropshipper dan Reseller
Contoh Skema Bisnis Dropshipper

Oke, guys....Dropshipper sesuai namanya, anda hanya membantu menjualkan barang dari toko lain. Angap saja toko tersebut adalah supplier anda. Lalu, anda ikut memajangnya di toko online yang anda punya. Anda modifikasi gambar dan tentu saja mainkan harga agar anda mendapatkan komisi atau keuntungan dari hasil penjualan ini. Ketika ada customer yang membeli ke toko online anda, anda hanya perlu memberitahukan supplier anda untuk mengirimkan barang ke customer anda dan bisa request untuk pengirimnya adalah nama toko online dan alamat pengirim adalah alamat anda.

Anda perlu modal untuk membeli barang ke supplier, namun akan terganti jika barang yang dijual tersebut sudah di terima oleh customer anda. Dan, anda mendapatkan keuntungan dari selisih penjualan anda ke customer dengan harga pembelian anda ke supplier.

Lalu apa itu reseller? Berbeda sedikit dengan dropshipper, anda membeli produk dari supplier dan menjualnya kembal lewat toko online anda. Jadi, di sini barangnya ada di toko online anda. Anda punya kendali penuh dengan barang tersebut baik dari menentukan harga, kapan mengirimkannya, dan memilih kualitas yang terbaik buat konsumen anda. Inilah keunggulan dari reseller yang tidak dimiliki oleh dropshipper karena pada sistem dropshipper, anda tidak mengetahui kualitas barang yang sebenarnya yang dikirimkan supplier ke customer anda. Jika kualitasnya buruk atau bahkan rusak, tentu saja reputasi toko online anda akan jelek dan pada saat ada proses retur barang, agak sedikit ribet, ya guys..!


6. Bisnis Jasa Titip Beli

Peluang bisnis dan penghasilan tambahan selanjutnya selain yang sudah diuraikan di atas adalah menawarkan jasa titip beli. Simpelnya, anda mendatangi orang yang ingin membeli barang di suatu tempat, dan anda memiliki katalognya baik berupa brosur atau secara online. Anda menawarkan kepada orang tersebut untuk membelikan barang yang dia butuhkan. Lalu, anda membelinya baik secara online maupun offline dengan kesepakatan harga yang sudah disetujui oleh orang tersebut. Uangnya bisa anda terima terlebih dulu atau belakang setelah barang datang. Tergantung kesepakatan anda berdua. Tentu saja ada harga lebih yang pembeli tersebut harus bayarkan kepada anda sebagai komisi untuk anda.

Pendapatan Tambahan Dari Jasa Titip Beli Smartphone
Pendapatan Tambahan Dari Jasa Titip Beli Smartphone


Barang-barang yang sangat potensial untuk anda jual dengan sistem ini adalah smartphone atau gadget. Jika anda memiliki kartu kredit, akan lebih baik lagi karena pembeli anda juga bisa membayar bisa dengan sistem dicicil sesuai kesepakatan anda berdua. Banyak kok guys merchan online yang menyediakan pembayaran dicicil melalui kartu kredit sampai dengan satu tahun tanpa dikenakan bunga. Anda harus memanfaatkan kesempatan ini untuk mendapatkan penghasilan sampingan.

Nah, guys demikian ulasan tentang enam peluang bisnis dan usaha sampingan yang bisa anda lakukan tanpa perlu modal. Anda bisa memikirkan peluang mana yang bisa anda kerjakan dan lakukan disela-sela waktu dan rutinitas anda. Kelak, jika pendapatan sampingan tersebut membuat keuangan anda menjadi lebih baik, anda bisa mulai investasikan di tempat lain seperti reksadana, misalnya atau di tempat lainnya. Semoga bermanfaat.

Salam blogger,


~aliemsurya~


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ini Dia Enam Peluang Bisnis Dan Usaha Sampingan Tanpa Perlu Modal"

Posting Komentar

Spam dan Sejenisnya Adalah Penyakit Berbahaya, Jadi Jangan Ditularkan Di Blog Ini Ya Bray